Thursday, November 28, 2013

Sensor!

Aaah... gue mabok... mabok Olga...
Oh, bukan...bukan...
Gue bukannya mabok gara-gara keseringan ngunyah Olga... Tapi gue mabok gara-gara Olga dan kawan-kawannya udah mengontaminasi memori gue dengan kehadiran mereka di layar kaca. Ya, sekarang ini mereka emang lagi gencer ngongol di tipi. Gak pagi, gak sore, gak malem, gak tengah malem, agk dini hari;  gak di RCTI, gak di ANTV, gak di Trans TV; semua mereka : GENK OLGA. Ya itu mungkin rejeki mereka kali ya. Bete juga tapi tiap buka tipi, isinya langsung mereka. Orang buka tipi isinya mesin, lah gue malah muka Olga. Tapi yaudahlah, mereka bebas mau menghiasi layar kaca dengan candaan slapstick mereka, gue juga gak mau bahas lebih panjang mengenai gerombolan tersebut.

Nah, gak jauh-jauh dari pembahasan tentang kehadiran Olga dkk, kali ini gue akan membahas tentang acara tipi di Indonesia...eng ing eengggg...

Dengan semakin ketatnya peraturan mengenai penyiaran tipi di Indonesia, sekarang tipi-tipi mulai pasang badan dalam menayangkan acara-acaranya. Gue baru nyopot badan orang buat dipasang di kaca depan angkot aja langsung diamuk massa. Padahal gue pengen jadiin spion.

Balik lagi ke masalah penayangan acara tipi di Indonesia. Buah dari ketatnya pemberlakuan peraturan mengenai penyensoran acara tipi terkait konten-konten yang dianggap berada di luar kepantasan nilai dan norma yang berlaku di mari, membuat sekarang tidak semua acara bisa bebas berlalu lalang di layar kaca Indonesia. Adegan seperti orang merokok, ciuman, berhubungan badan, dan bertindak kekerasan tidak bisa disiarkan di televisi, radio, ataupun walkie talkie.

Kita bisa liat contohnya untuk adegan merokok. Penyensoran adegan orang merokok dilakukan dengan mem-blur bagian rokok yang dihisapnya. Untungnya gue gak pernah nongol di layar tipi. Kebayang kalo gue musti kena sensor gara-gara muka gue mirip tembakau.

Lain halnya untuk adegan ciuman, penyensoran dilakukan dengan sedikit menggeser scene atau memperlambatnya sehingga adegan-adegan tersebut tidak diperlihatkan. Sedangkan untuk adegan berhubungan badan, sensor dilakukan dengan men-skip scene tersebut hingga ke scene berikutnya. Untung bagi gue yang selama ini hanya pernah berhubungan kaki di mana muka gue kena sepak ama pemain bola. Ini terjadi ketika 17-an berlangsung. Orang-orang make daster buat maen bola, sementara gue make daster karena hobi. Pelaku yang nyepak muka gue mengaku gak sengaja menendang karena salah mengira muka gue dengan shuttelcock.

Balik lagi ke masalah sensor, cara sama dilakukan untuk adegan kekerasan. Ini dilakukan bisa dengan diperlambat, atau langsung di-skip. Jadi adegan kayak muka orang dilempar batu bata atau genteng biasanya ya kena sensor. Begitu halnya dengan ketika muka orang kena lempar muka orang. Siapa yang tau kalo muka yang dilempar dilapisin paku payung.

Hal lain yang terkena sensor adalah adegan di mana orang-orang berkata kotor. Penyensoran pada aspek ini dilakukan dengan me-mute suara saat adegan itu berlangsung. Dengan kenyataan ini, gue rada heran kenapa iklan sabun cuci masih beredar di masyarakat.

Bagian-bagian tubuh tertentu pun tidak luput dari sistem penyensoran. Sering kita liat DRTV yang menyajikan produk senam dengan model cewek make sport bra. Ngerasa ada yang aneh? Yap, bagian puser cewek tersebut kena sensor tipi. Ya ini mungkin karena puser merupakan bagian aurat dari orang. Cowok-cowok kan juga gitu, batas aurat dari lutut ampe puser. Makanya seumur idup gue gak akan pernah punya kesempatan buat nongol di tipi. Kata orang-orang muka gue kayak ada pusernya. Padahal itu bukan puser. Itu bopeng bekas kena senapan angin. Jadi muka gue ketembak senapan dan kegores kipas angin.

Dan yang selanjutnya adalah mungkin yang paling disukai kaum adam. 
Yaitu mengenai segala yang berkenaan dengan....

Belahan dada. 

Emang patut diacungi jempol sih lembaga sensor kita yang rajin memonitor penyiaran di Indonesia. Digawangi oleh KPI dan P3SPS, indsutri penyiaran kita mulai tertib mematuhi peraturan yang ada, ya kalo gak mau dicekal. Sedari itu, semua yang nyerempet-nyerempet belahan dada pasti kena sensor. Mau itu yang keliatan dikit atau mau semuanya, pokoknya semua disensor, semua di-blur. Ya inilah yang mungkin menjadi pemupus kebahagiaan para cowok.

Tapi menurut gue, gak cuman belahan dada, gue rasa kalo ada tayangan yang ada belahan-belahan lainnya pasti juga kena sensor, contohnya belahan pantat. Ya kan? Ini termasuk bagian yang vulgar. Gak pernah kita liat cewek make bikini di tipi dengan sempak setengah ampe belahan pantatnya keliatan, atau cowok make bikini di tipi dengan sempak setengah ampe belahan pantatnya keliatan. Ini pula yang mendasari tipi-tipi gak pernah nyiarin semua hal yang berbau adegan orang lagi boker.

Senada dengan belahan pantat, belahan muka pun begitu. Kita gak pernah disajikan muka-muka yang ngebelah gara-gara kesambit celurit bekas tawuran anak STM. Dan perlakuan khusus penyensoran  diberikan kepada gabungan antara belahan pantat dan belahan muka, yaitu orang-orang dengan muka yang ngebelah ampe pantat. Ini yang gue sebut pantat yang ngebelah muka. Kasian. Orang-orang yang seperti ini biasanya harus boker dengan sikap lilin. Meskipun gue yang normal juga hobi boker dengan sikap lilin sih.

Yang lucu adalah ketika bahkan tayangan Spongebob pun ikut kena sensor tipi-tipi di Indonesia. Sering gue liat saat belahan pantat Spongebob terpampang keluar, atau ketika doi gak berbalut baju dan celana sama sekali, maka scene tersebut akan di-zoom agar bagian tubuhnya tidak sepenuhnya keliatan. Atau juga saat Sandy si tupai laut sedang berada di rumahnya dengan hanya mengenakan bikini, maka sensor pun diberlakukan. Entahlah. Gue merasa lucu aja gitu. Gue gak tau dengan orang laen tapi gue bukan tipe yang suka napsuan ama sponge telanjang atau tupai berbikini. Libido gue gak bakal naek hanya karena gue ngeliat seekor makhluk laut telanjang di depan gue. Seriusan. Entah emang sekarang lagi berkembang fenomena disorientasi seksual terhadap makhluk laut, fantasi anak jaman sekarang yang udah terlalu vulgar, atau sistem penyiaran Indonesia yang udah terlalu ketat, yang pasti gue masih gagal paham gimana bisa seekor sponge laut yang bahkan dalam versi aslinya pun gak digambarkan alat kelaminnya masih kena sensor. Mungkin ini konspirasi. Mungkin kita sengaja disuguhi ama sensor-sensor gambar biar ujung-ujungnya kita cuman bisa nontonin acaranya Olga dkk. Itupun sebelum mereka kena sensor juga.

3 comments:

  1. hahaha... sensor oh sensor :D
    harusnya jimmy neutron juga disensor, karena menampilkan adegan belahan atom X)

    Nice post :D
    Salam Kenal, Iqbal Arubi
    http://iqbalarubi.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. yoo salam kenal jugaa he...nice blog btw (y)

    ReplyDelete
  3. 10 th lagi di tv tidak ada apa apa selain SPONSOR...hahaha

    ReplyDelete