Lagi pengen ranting, cuman lagi males nulis juga, jadi mungkin yang akan Anda liat adalah review asal-asalan (dan setengah-setengah dari gue).
Sebenernya kalo gue jadi si suami, gue gak akan ngerencanain pembunuhan terhadap para pelaku perselingkuhan sih yang secara spesifik adalah si istri. Yang gue lakuin adalah buka aib mereka ke publik, tempatin diri mereka di posisi yang salah, dan biarkan opini publik berkembang. Perilaku yang gak sesuai dengan norma sosial akan mengembangkan penilaian negatif, rantai omongan pun membentuk serangan verbal ke si istri dan selingkuhannya. Penciptaan patologi psikologis seperti ini pastinya lebih baik dari kematian, karena mati sekarang atau 50 tahun lagi, ujung-ujungnya kita akan menghadapi neraka juga. Jadi kenapa gak menciptakan neraka dunia aja bagi mereka yang udah gak setia sampe mereka mati beneran secara alami? itung-itung nambah charge dosa mereka juga. Plus kalo kita jadi ngerencanain pembunuhan, apalagi kalo ampe ketauan, pastinya kita akan mendapat label penjahat. Udah gitu label orang salah yang tersemat dari si istri karena udah selingkuh pun perlahan bergradasi menjadi label orang baik gegara menjadi korban dari percobaan pembunuhan. Kan bete, udah jadi korban perselingkuhan, sekarang dilabelin sebagai orang jahat.
Lagian si Hitchcock ini rada ngeselinn juga, dia demen banget nyisipin isu perselingkuhan itu di pelemnya, baik itu secara explisit, maupun implisit. Beberapa pelemnya membangun konflik dari isu tersebut. Ni die menyiratkan pada kehidupan pribadinya ape gimana sih, ya walaupun gak tertarik juga sih buat tau kehidupan personalnya.
"Dial M for Murder" karya Hitchcock pada tahun 50-an sebenernya punya plot misteri yang menarik, , cuman ada yang bikin gue gak suka sampe-sampe gue gak tahan untuk nonton abis pelemnya.
Gue gak akan ngomentarin film tersebut secara teknis, melainkan isi cerita. Jadi singkat cerita, ada sepasang suami-istri yang tengah mengalami masalah. Si suami sang pemain tennis profesional keliatan sibuk banget ama kegiatannya ampe-ampe dia gak meratiin istrinya. Komunikasi istrinya yang menyarankan agar dia berenti untuk menjadi pemain tennis agar lebih memperhatikan doi ternyata berbuah, si suami pun pensiun. Namun yang ngeselin adalah ternyata si istrinya gak lebih baik perilakunya dari si suami. Yap, dia selingkuh. Bahkan sampe si suami udah tobat dan pensiun dari profesinya pun dia masih ngejalananin hubungan gelap dengan pria lain. Padahal istrinya yang nyuruh berenti dari tennis. Hubungan tersebut ketauan, dan karena kesel si suami merencanakan "pembunuhan sempurna" terhadap istrinya. Dia nyewa orang lain yang dia suap untuk ngebunuh si istri. Tapi ternyata rencana pembunuhan tersebut gak cukup sempurna, karena dii tengah proses, ada suatu kegagalan, yaitu ketika si istri mau dibunuh, si istri berhasil ngelawan dan akhirnya malah si calon pembunuh yang mati. Si istri pun dituduh melakukan pembunuhan. Namun untungnya detektif dan pacar gelap si istri berhasil membela dia dan akhirnya yang kena batunya adalah si suami yang udah ketauan telah menjadi otak dari rencana pembunuhan sang istri. Begitulah kira-kira gambaran plot asal-asalan dari gue. (Yang pengen gambaran lengkap plotnya ya google aja, atau donlot torrentnya di yts)
Lantas bagaimana gue memposisikan diri gue dalam plot cerita ini? Gue berada di sisi sang suami. Mau gimanapun jalan ceritanya, gue kesel banget ama sang istri yang udah selingkuh, bahkan setelah suaminya pensiun dari tennis untuk mencurahkan waktunya kepada sang istri. Tu suami udah membuang karirnya demi sang istri, dia udah menuhin permintaan istri buat pensiun, eh, si istri masih aja asik buat selingkuh.
Gue sangat-sangat benci ama yang namanya selingkuh. Maksudnya kalo ada masalah ya obrolin, dan obrolinnya juga berkali-kali, jangan ini obrolinnya cuman sekali, terus gak ada perubahan, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai excuse buat selingkuh. Ya kalo konfliknya sulit mendapatkan titik cerah, ya mendingan cerai aja sekalian, jangan lari dengan punya hubungan gelap di bawah status pernikahan. Poligami diem-diem tanpa ijin istri juga itungannya selingkuh. Apapun alesan dan bentuknya, selingkuh ya tetep selingkuh. Suami-istri harus saling menjaga komitmen dan sumpahnya yang dulu pernah dibuat sebelum disahkannya sebuah pernikahan.
Gue sangat-sangat benci ama yang namanya selingkuh. Maksudnya kalo ada masalah ya obrolin, dan obrolinnya juga berkali-kali, jangan ini obrolinnya cuman sekali, terus gak ada perubahan, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai excuse buat selingkuh. Ya kalo konfliknya sulit mendapatkan titik cerah, ya mendingan cerai aja sekalian, jangan lari dengan punya hubungan gelap di bawah status pernikahan. Poligami diem-diem tanpa ijin istri juga itungannya selingkuh. Apapun alesan dan bentuknya, selingkuh ya tetep selingkuh. Suami-istri harus saling menjaga komitmen dan sumpahnya yang dulu pernah dibuat sebelum disahkannya sebuah pernikahan.
Yang bikin tambah kesel adalah yang meranin istrinya itu Grace Kelly yang cantiknya tuh sialan banget. Gue seneng ngeliat parasnya tapi benci ngeliat karakternya, kan jadinya kontradiktif. Maksudnya gue jadi tambah baper kalo punya istri secakep Grace Kelly yang udah ngekhianatin gue (ngemeng ape sih lo, Dham).
Yang ngeselin lagi adalah scriptnya sama sekali gak memposisikan si istri dan pacar gelapnya yang udah saling selingkuh sebagai orang yang bersalah. Maksudnya gue expect bahwa biarpun mereka diposisikan sebagai protagonis, tapi seenggaknya digambarkan juga kek mereka yang udah merasa bersalah karena selingkuh.
Yang bikin kesel tuh bahkan sampe akhir cerita, si istri dan selingkuhannya tetep aja diposisikan sebagai orang yang seolah paling benar, suci, dan gak berdosa. Kayak gak ada perasaan guilty. Maksudnya tuh apa kek, di akhir cerita menurut gue seharusnya dikasih semacem pesen moral bahwa si istri telah menyesal kalo perselingkuhannya telah merubah suaminya jadi orang yang kayak gitu (terus ngarepnya sih mereka putus demi kebaikan masing-masing). Si suami emang monster yang mau ngebunuh istrinnya, tapi merekalah yang menciptakan monster tersebut.
Yang ngeselin lagi adalah scriptnya sama sekali gak memposisikan si istri dan pacar gelapnya yang udah saling selingkuh sebagai orang yang bersalah. Maksudnya gue expect bahwa biarpun mereka diposisikan sebagai protagonis, tapi seenggaknya digambarkan juga kek mereka yang udah merasa bersalah karena selingkuh.
Yang bikin kesel tuh bahkan sampe akhir cerita, si istri dan selingkuhannya tetep aja diposisikan sebagai orang yang seolah paling benar, suci, dan gak berdosa. Kayak gak ada perasaan guilty. Maksudnya tuh apa kek, di akhir cerita menurut gue seharusnya dikasih semacem pesen moral bahwa si istri telah menyesal kalo perselingkuhannya telah merubah suaminya jadi orang yang kayak gitu (terus ngarepnya sih mereka putus demi kebaikan masing-masing). Si suami emang monster yang mau ngebunuh istrinnya, tapi merekalah yang menciptakan monster tersebut.
Sebenernya kalo gue jadi si suami, gue gak akan ngerencanain pembunuhan terhadap para pelaku perselingkuhan sih yang secara spesifik adalah si istri. Yang gue lakuin adalah buka aib mereka ke publik, tempatin diri mereka di posisi yang salah, dan biarkan opini publik berkembang. Perilaku yang gak sesuai dengan norma sosial akan mengembangkan penilaian negatif, rantai omongan pun membentuk serangan verbal ke si istri dan selingkuhannya. Penciptaan patologi psikologis seperti ini pastinya lebih baik dari kematian, karena mati sekarang atau 50 tahun lagi, ujung-ujungnya kita akan menghadapi neraka juga. Jadi kenapa gak menciptakan neraka dunia aja bagi mereka yang udah gak setia sampe mereka mati beneran secara alami? itung-itung nambah charge dosa mereka juga. Plus kalo kita jadi ngerencanain pembunuhan, apalagi kalo ampe ketauan, pastinya kita akan mendapat label penjahat. Udah gitu label orang salah yang tersemat dari si istri karena udah selingkuh pun perlahan bergradasi menjadi label orang baik gegara menjadi korban dari percobaan pembunuhan. Kan bete, udah jadi korban perselingkuhan, sekarang dilabelin sebagai orang jahat.
Lagian si Hitchcock ini rada ngeselinn juga, dia demen banget nyisipin isu perselingkuhan itu di pelemnya, baik itu secara explisit, maupun implisit. Beberapa pelemnya membangun konflik dari isu tersebut. Ni die menyiratkan pada kehidupan pribadinya ape gimana sih, ya walaupun gak tertarik juga sih buat tau kehidupan personalnya.
Yah jadi itu aje sih rant gue tentang pelem ini. Entah kenapa gue rada sensi aja ama isu perelingkuhan yang diangkat di sebuah pelem (dan rata-rata pelem yang gue tonton akhir-akhir ini punya muatan konflik tersebut, sebuat aja Heat (1995), Mulholland Dr. (2001), Psycho (1960), Shawshank Redemption (1994), Godfather (1972), Goodfellas (1990), Chinatown (1974), dll). Saking sebelnya, hal-hal fiktif kayak gitu ampe kebawa ke perasaan hahahah norak bet gue. Entah kenapa gara-gara pelem, gue jadi rada skeptis gitu ama cinta sejati. Maksudnya kedua insan menikah karena melihat hati masing-masing apa karena paras, materi, tahta, fame, atau lust?
Gue paling sebel sama orang yang mencari pembenaran buat selingkuh, menjadikan problem rumah tangganya sebagai alasan buat selingkuh. Ujung-ujungnya mereka playing victim, menjadikan diri mereka sebagai korban dari masalah rumah tangga. Dari situ selingkuh menjadi pelarian deh untuk mengobati masalahnya. Mending perkaranya berat kayak suami nelantarain ampe gak nafkahin istrinya bertahun-tahun atau suami tiap hari hobi nganiaya istri, tapi giliran diajakin cerai, selalu nolak. Lah ini suami sibuk dikit tanpa ada komunikasi buat mencari titik cerah dan solusi, selingkuh. Terbentang jarak sedikit, selingkuh. Hal yang sama juga berlaku buat si suami ya. Punya duit dikit, nyeleweng, punya kekuasaan dikit, nyeleweng, punya ketenaran dikit nyeleweng. Pokoknya gak ada yang bener dari kata selingkuh.
Sebenernya pengen gue bahas lebih panjang lagi, tapi bersamaan dengan itu gue juga lagi males.
Gue paling sebel sama orang yang mencari pembenaran buat selingkuh, menjadikan problem rumah tangganya sebagai alasan buat selingkuh. Ujung-ujungnya mereka playing victim, menjadikan diri mereka sebagai korban dari masalah rumah tangga. Dari situ selingkuh menjadi pelarian deh untuk mengobati masalahnya. Mending perkaranya berat kayak suami nelantarain ampe gak nafkahin istrinya bertahun-tahun atau suami tiap hari hobi nganiaya istri, tapi giliran diajakin cerai, selalu nolak. Lah ini suami sibuk dikit tanpa ada komunikasi buat mencari titik cerah dan solusi, selingkuh. Terbentang jarak sedikit, selingkuh. Hal yang sama juga berlaku buat si suami ya. Punya duit dikit, nyeleweng, punya kekuasaan dikit, nyeleweng, punya ketenaran dikit nyeleweng. Pokoknya gak ada yang bener dari kata selingkuh.
Sebenernya pengen gue bahas lebih panjang lagi, tapi bersamaan dengan itu gue juga lagi males.
Hey Idham, salam kenal. Nggak nyangka gue dapet tulisan yang udah lama gue juga mau komen yg sama tapi gue ngga punya blog. Ternyata ada orang lain yg rupanya sama ama persepsi gue ama film ini. Waktu nonton film ini pertama, kedua atau ketiga kali, gue belum kepikiran ke arah itu. Malah takjub ama jalan cerita dan akting sang aktor. Dan gue juga meng-amini kalo ada yang bilang bahwa film ini bagus atau masterpiece gitu. Setelah lebih dari tiga kali nonton barulah pikiran itu timbul, kenapa orang yang karakternya tidak baik (berselingkuh) malah ‘dibenarkan’ atau ‘dimenangkan’ di film ini. Terus gue coba memahami apa yg ada di benak Hitchcock atau para kritikus film dunia. Mungkin mereka lebih menyorot ke jalan cerita atau akting pemerannya, jadi perilaku selingkuh (yg sebenernya justru menjadi awal terjadinya niat pembuhuhan itu) "diabaikan" atau enggak di prioritaskan. Entahlah. Gue juga cari di-Google, apa ada orang sono (Amrik) yg sepemikiran ama gue. Gue nemu satu, gue copy paste di sini: "In In this film, as in that re-make (A Perfect Murder), I found myself rooting for the husband. In this case, it was Millland, although he was a bit cocky.
ReplyDeleteIt's a sad comment that Hitchcock, who didn't seem to have a lot of principles, made Robert Cummings - who was an adulterer in this film having an affair with Milland's wife Grace Kelly - into a "good guy." Nobody in the film challenged him on what he was doing. Apparently, adultery was okay with the filmmakers here. At least in the re-make, they made the adulterer into a scumbag (although they made the cheating wife into a sympathetic character! No matter who makes this film, they are still clueless when it comes to what's right and what's wrong!.)"