Wednesday, March 21, 2012

Tugas...Berkelompok...

Deadline, deadline, dan deadline. Menjelang hari Nyepi yang berarti tanggal merah yang berarti lagi adalah hari kemerdekaan gue sebagai mahasiswa, dosen pada semena-mena. Seperti yang gue posting sebelumnya kalo dosen banyak yang ngasih titipan bernama tugas saat mereka pergi audit, dan deadlinenya adalah di minggu ini. Plis deh, ni tugas tuh bobotnya untuk dua minggu (atau tiga bulan bagi gue), tapi deadlinenya pas minggu depan. Ok, mungkin gue rada lebay. Sebenernya yang bikin gue kesal adalah sifat pedang bermata dua yang melekat pada “tugas kelompok”. Tugas lelompok seharusnya bisa meringankan gue dalam mengerjakan tugas karena adanya pembagian tugas per anggota, tapi pada kenyataanya adalah pengerjaan tugas kelompok ini gak sesuai dengan esensi dari tugas kelompok. Dua minggu yang lalu gue udah ngebagi-bagi tugas ke temen gue. Temen gue ada yang bagian bikin pendahuluan, isi, penutup, dan gue bagian bikin cover. Well, yah...pembagian tugasnya gak gitu juga ,sih. Ini untuk mata kuliah manajemen SDM, intinya kita disuruh bikin makalah tentang perusahaan dengan beragam eksplanasi tentang job design, job analysis, dll. Ini menarik menurut gue di mana sistem rekrutmen pada perusahaan dewasa ini banyak dipengaruhi oleh dinamika SDM yang terus berfluktuasi, btw SDM itu apa? Setelah pembagian tugas dilakukan, gue langsung ngerjain tugas bagian gue, bukan bagian cover, tapi bagian daftar isi. Ngerjain, ngerjain, ngerjain, terus begitu ampe mimisan, gak lagi deh gue ngerjain tugas sambil jedotin idung ke tembok.  Setelah selesai, gue ngirim tugas gue ke temen gue pas hari Sabtu. Gue kira mereka udah ngerjain dan hari itu tugas tuh bener-bener tinggal digabungin, dibikin ppt, dan makalah. Ternyata eh ternyata, mereka baru mau mulai kerjain pas hari Minggu, padahal persentasinya Senen. Dan yang bikin geger lagi, pas gue nanya ppt ama makalahnya udah dibikin apa belom, mereka jawab belom...di satu jam sebelum deadline...deadline...deadline...dead...line...d...e...a...d...l...i...n...e (biar seru baca 50x kata dead line). Monyong.

Gue langsung buru-buru ngerjain,  tapi apa daya waktu satu jam enggak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan itu tepat waktu, mana ada masalah pada transfer data dari word ke ppt lagi. Sedikit mendapat napas dari Irsyad (maksudnya lega, bukan gue dicipok ama Irsyad terus dikasih napas buatan). Dia ngasih tau kalo hari ini gak wajib persentasi, tapi makalah wajib ngumpul. Ya, makalah tetep wajib ngumpul. Ditemenin Akbar, gue langsung ngeprint, masalah ppt kita lupain sejenak. Lamanya proses pencetakan membuat kita telat setengah jam. Apa yang lucu di sini adalah ketika gue nyampe kampus ngos-ngosan, anggota kelompok gue yang lain malah lagi asoy ketawa-ketiwi tanpa sedikit pun khawatir ama tugasnya, dan gue telat gara-gara mengcover ketidakpekaan dan tidak adanya inisiasi mereka terhadap tugas kelompok. Untungnya gue masih boleh masuk, ngumpulin tugas, ngeliatin orang persentasi, dan ngabsen. Alhamdulillah. Ya ruginya paling kita gak dapet nilai tambah gara-gara gak persentasi hari ini. Ya udahlah...f**k buat nilai... Sepulang kuliah gue langsung nuntasin tu tugas saking keselnya. Kita jadi persentasi minggu depan. Entah kenapa firasat gue gak enak untuk persentasi minnggu depan...entah kenapa...


0 comments:

Post a Comment