Sunday, December 4, 2011

Rambutku...

Waah...udah lama gak nulis...temen-temen gimana kabarnya? Sakit? Terakhir gue nulis pas bulan Agustus...hmmm...lama juga ya...tapi semua ini bukannya tanpa alasan. Gue jadi jarang nulis kayak gini gara-gara tiap harinya gue selalu diperkosa ama tugas. Gara-gara tugas, keperjakaan gue jadi ilang. Sekarang gue udah bukan perjaka. Sekarang gue menjadi janda. Oke...daripada mikirin janda, mending gue langsung aja memulai cerita gue. Jejengggggg...

Gue sering disangka cewek. Bukan....bukan karena gue kencing jongkok, tapi karena rambut gue. Gara-gara rambut gondrong gue, kejantanan gue jadi hilang (entah kenapa kalimat ini terasa seperti gue pernah digagahi oleh om-om laknat...ambigu...). Emang, sih...sejak dari ospek, gue belum pernah ke tukang cukur. Selain emang males ke tukang cukur, gue juga pengen mewujudkan mimpi gue: Manjangin Rambut Ampe Sepantat. Menurut gue keren banget kalo cowok rambutnya gondrong. Coba pikirin deh, rata-rata orang terkenal pasti rambutnya gondrong; Marie Curie, Stephanie Mayer, Oprah Winfrey (kenapa orang terkenal yang gue sebutin cewek semua??).

Pas masa sekolah dulu gue emang gak boleh gondrong. Peraturan dari SD ampe SMA gak ngebolehin muridnya gondrong. Gue heran. Padahal si Ani, Dewi, dan Marni boleh. Benar-benar tidak adil. Itulah kenapa gue pengen banget gondrongin rambut. Tadinya gue punya niat buat gondrongin rambut ampe semata kaki, cuman karena takut gak bisa cebok gara-gara rambut ngalingin pantat, akhirnya gue urungkan niat gue itu.

Punya rambut gondrong ada enaknya ada gak enaknya. Enaknya kita sering dibilang keren, minimal dipanggil anak band, sesuatu yang gak pernah dapet kalo rambut gue pendek, mentok-mentok gue cuman dipanggil anak setan. Sialan, mentang-mentang muka gue pucet kayak pocong muntaber. Dan gak enaknya? Banyak ternyata sodara-sodara. Gara-gara poni rambut yang bikin mata gue kelilipan, gue jadi dibenci orang. Masalahnya gara-gara kelilipan, gue jadi susah ngendaliin diri. Lagi kelilipan tiba-tiba nyenggol orang lah, nubruk orang lah, nabok orang lah. Terus hal lain yang gak enak adalah pas gue mau makan, sering banget pas makan, tu poni rambut jatoh ke makanan gue. Pas gue lagi asoy makan, dengan kagak sadar gue makan rambut gue sendiri, pantesan rambut gue kerasa ada yang ngejambak, mana pala gue ketarik-tarik ke depan lagi. Orang yang ngeliat mungkin mikir, “Ni orang lagi latian nyundul kayaknya”. Yang paling ribet kalo mau korek kuping. Gue musti ngangkat tinggi-tinggi jambang gue, biar congenya kagak kena rambut gitu. Males aja kalo ada yang lewat terus tiba-tiba negor, “Wah! Gaya rambutnya Mamik Prakoso ya!” padahal itu cuman conge yang mengkerak di rambut gue.

Dan gue juga gak nyangka kalo gue juga punya kesulitan pas gue lagi salat. Ceritanya waktu itu gue lagi salat Jumat. Gue berangkat salat Jumat seawal mungkin, gue takut kejadian gue pas sd terulang kembali. Pas sd, gue yang abis balik sekolah seneng banget, soalnya ulangan gue dapet nilai bagus. Kertas ujian gue pamer-pamerin ke emak. Emak udah nyuruh siap-siap buat salat, tapi gue ngeyel. Emak udah mulai ngasah golok. Gue berangkat. Gara-gara kelamaan melototin nilai, gue jadi telat. Gue dateng pas orang-orang udah selesai salat. Gue diketawain segerombolan anak muda. Mereka puas banget ketawanya ngeliat bocah kecil yang dateng ke masjid mau salat Jumat saat orang udah bubaran. Pulang-pulang gue mewek. Goblok sih lo, dham. Jadi inilah alasan kenapa gue selalu dateng awal, termasuk hari itu, saat rambut gue membawa masalah. Karena gue dateng sebelom adzan, gue sempet-sempetin buat salat sunah. Gak ada tanda-tanda aneh, gue salat anteng aja. Taunya pas sujud, gue ngerasa ada yang aneh. Kok gue gak bisa ngangkat kepala gue? eh, si sempak ternyata ada yang nginjek rambut gue. Bapak-bapak tambun berkumis dengan asoynya nginjek rambut gue. Dikata rambut gue keset kali. Gue juga gak tau, mungkin doi abis dari toilet. Gue gak bisa ngebayangin kakinya yang abis nginjek tokai terus dia peperin ke rambut gue. Sekitar semenit rambut gue diinjek, dan gue masih berada pada posisi sujud. Gue masih berdoa, melaknat tu cacing kremi. Selama semenit gue pasrah diinjek dan selama itu gue terus-terusan cipokan ama karpet masjid. Gak usah ngebayangin gimana muka gue. Idung gue rata kayak panci tukang asongan. Sedih.

Seperti yang gue bilang sebelumnya, gara-gara kegondrongan gue, gue sering disangka cewek, hal yang mungkin pernah temen-temen tau ketika ngebaca postingan gue yang “I’m Home”. Contohnya pas gue di Cicurug, rumah sodara gue. Gue lagi tidur pules di salah satu kamar di rumah tersebut. Gue tidur pules banget, hal ini dikarenakan oleh jam tidur gue yang kebalik. Holiday syndrom, pas liburan gue mendadak jadi makhluk nocturnal. Siangnya gue tidur, malemnya gue berburu, memangsa nyamuk. Sekarang temen-temen jadi tau, kenapa tingkah gue kayak cicak rumahan. Lagi tidur, tiba-tiba sodara gue dateng. Mereka masih di depan rumah, gak ada yang bukain pager. Mereka ngetok-ngetok pager, berharap ada ngedenger. Gue emang ngedenger. Gue bangun dari tidur gue, ngebuka gorden jendela, gue tutup lagi, cuek. Gue masih ngantuk banget dan gue juga mikir kalo orang rumah bakal keluar ngebukain pager, jadi maap ya...huehue. Akhirnya ada juga yang ngebukain pager. Nyawa gue belom kekumpul. Mata gue masih susah dipake buat ngeliat. Semuanya putih. Ternyata ni belek ngalingin mata. Gue sengaja keluar darti kamar buat ketemu ama sodara gue. Terus sodara gue yang baru dateng bilang, “Perasaan tadi di kamar ada ibu-ibu deh ngebuka gorden...tadi siapa ya?”. Gue masih gak ngeh ama apa yang dia bilang. Di kamar kan cuman ada gue. Gue gak tidur ama orang lain. Jadi yang dia sangka iu-ibu tuh siapa? Jangan-jangan...jangan-jangan...jangan-jangan GUE???!!!!!!!!!!!! *efeksinetron : zoom in zoom out

Hyahhhh...ini kejadian mencengangkan semenjak disangka copet pasar induk. Tapi ini bukan yang terakhir. Ada suatu hari gue iseng masang foto di facebook. Beneran iseng. Tiba-tiba banyak temen gue yang komentar, “Dham, kok pp lo kayak cewek bondol”. Ha? Lha...kenapa tiba-tiba jadi cewek dah. Kayaknya gak ada yang salah dari foto gue. Coba temen-temen liat fotonya.


Gue gak ngarti. Sumpah gak ngarti. Gue masang foto pantat, salah, gue masang foto istri tetangga, salah. Kayaknya idup gue serba salah, deh...

6 comments:

  1. emang kamu salah,,hahaha,,gila ngebayangin tuh rambut jadi keset...

    ReplyDelete
  2. asoii dah heheh makasih komennya untuk sodara Gugus Febriansyah dan sodari Info obat :)

    ReplyDelete
  3. bwahaha, kenyang deh bos... ketawanya.



    #potong jk rmbutny mas...

    ReplyDelete
  4. wakaka.. ngakak guling2 gua. ilang ngantuk gua...

    ReplyDelete
  5. Terima kasih semua yang udah baca :)

    Maaf sudah mengontaminasi pikiran Anda semua dengan bacaan yang tidak berguna ;D

    ReplyDelete