Wednesday, August 14, 2013

Cerita Puasa

Gue udah jarang nulis nih ya akhir-akhir ini... Sebenernya hal yang pengen ditumpahin sih banyaak...cuman gue diomelin muluu... Kemaren gue numpahin mie ayam di pala abang becak malah gue digamparin...make setrika listrik. Sok-sokannya sih gue sibuk... Biasaa... Bisniis... Jualan belalang di pasar... Terus kenapa dari tadi gue nulisnya selalu diakhiri dengan titik-titik-titik sih...? Heuhhh... Hahhh...
..................................................................................................................

Mungkin karena puasa kali ye? Jadinya tiap hari bawaannya auus mulu... Tapi kan sekarang udah gak puasa.

Ngomongin soal puasa, gue pengen cerita dikit mengenai pengalaman puasa di bulan penuh berkah ini. Jujur, sebenernya sih lebih berkesan puasa pas jaman gue kecil. Iya, gue pernah kecil. Kalo orang-orang lahirnya dikeluarin dari perut ibunya, kalo gue lahirnya menetas dari biji salak. Kalo waktu kecil aroma bulan puasa tuh bener-bener kerasa banget. Gimana gue pulang sekolah lebih awal, gimana gue sangat akrab dengan baju koko, gimana gue ngabuburit dan tarawehan bareng temen, gimana gue maen bola sambil nunggu buka puasa, gimana gue maen petasan di kali, petasannya gak meledak, pantat gue dimakan biawak. Gue kangen masa-masa itu. Kalo sekarang sih ya cenderung biasa aja. Sensasinya lebih dapet pas gue masih kecil aja gitu. Kalo sekarang lebih banyak ujiannya. Ya namanya juga orang dewasa ya, semakin tua, ya semakin berat dong ujian yang menghampiri.

Salah satu ujian yang gue soroti adalah makhluk-makhluk liar di jalan raya, itu bener-bener nguji kesabaran banget. Gak bisa dipungkiri lagi kalo pengguna jalan raya di Jakarta itu sangat-sangat brutal, khususnya pemotor. Lampu merah diterobos, trotoar dterobos, jalur busway diterobos, nenek-nenek diterobos. Mereka saling ngotot. Seakan-akan mereka lagi kebelet boker dan gak punya waktu lagi buat berlama-lama di jalan. Merujuk pada problem boker, gue setuju. Kita emang gak bisa kompromi kalo udah ngomongin masalah boker. Misalnya gue udah kebelet banget pengen boker, terus tiba-tiba gue harus kompromi mau maen golf dulu, kebayang tu lobang golf bakal gue jadiin jamban darurat.

Lanjut lagi ke masalah cobaan di bulan puasa, kondisi trafik kota Jakarta emang selalu menjadi tantangan bagi yang menjalankan ibadah shaum. Gue inget banget pas SMA gue pernah marah-marah ama sopir angkot gara-gara dia motong jalan sembarangan. Motong jalannya bukan pake mobil angkot, tapi make gunting kaen. Padahal kan namanya jalan raya mana bisa dipotong make gunting. Bego amat si, ada cutter malah pake gunting. Gue marah-marah, memaki supir angkot, dan gue tau itu lagi bulan puasa. Gue yang saat itu lagi bersama dengan temen gue menuju studio band langsung disabar-sabarin ama dia. Makanya gak tau dah itu ibadah gue gimana jadinya. Tapi gak jarang juga gue berhasil menahan emosi ketika ada stimulan eksternal di depan gue. Kejadiannya pas SD ama SMA. Kalo waktu SD, pernah gue abis beli makanan buat buka puasa, tiba-tiba lewat jemputan SD deket komplek yang berisi anak-anak sekolah yang baru pulang. Gue yang saat itu sedang naik sepeda melihat penampakan mereka yang sedang mengejek gue sambil mamer-mamerin jajanan yang disantapnya dengan lahap. Gue saat itu cuman bisa bengong, tau-tau kereta lewat depan gue. Gue koma 3 bulan.

Laen lagi pas SMA, ketika itu gue lagi ngeband ama temen gue, Jay dan Yerico. Kita maen sekadarnya aja, gak peduli mau bener-atau salah, kita cuman pengen seneng-seneng. Selesai ngeband, kita keluar, dan belom semenit kita di luar, kita udah disambut dengan ejekan orang yang pengen make studio.

"Maen lo bagus banget, sampe bikin gue pengen muntah", begitu kata salah seorang dengan dandanan metal maksa.

Setelah ngomong kayak gitu, mereka pun masuk sambil membawa cewek-ceweknya. Dengan anteng mereka minum minuman gelasan seharga seribuan, berbanding terbalik dengan gue yang saat itu lagi ngiris bibir make benang gelasan seharga 2 permen kopiko. Waktu itu gue cuman bisa nyengir. Mau bales juga gimana, daripada puasa gue batal ye kan.

Dari 2 kejadian itu, gue cukup puas dengan usaha gue dalam menahan amarah. Di situasi di mana gue sebenernya bisa marah, bahkan berkelahi, ternyata bisa juga gue manahan emosi di bulan puasa. Kalo yang soal "bisa aja gue berkelahi", mungkin kalo di benerannya, gue cuman kebagian nonjok sekali, sisanya gue digebok bangku.

Ngomongin soal menahan godaan, gue cukup kecewa dengan perilaku orang dewasa jaman sekarang. Gue pernah denger cerita abang gue yang salah satu karyawannya makan siang make KFC dengan santainya di bulan puasa. Alasannya sederhana : Karena gak sahur. Gue kasih tau satu hal, manusia gak akan mati kalo puasa tanpa sahur. Gue sendiri kalo pas di Bandung, setiap puasa Senen-Kamis, gue gak pernah sahur. Kalo gue mungkin alesannya karena waktu itu gue gak ada makanan dan gue juga males bangun pagi, ya itu kebijakan pribadi gue. Tapi karena emang udah diniatin, ya semua lancar-lancar aja. Bahkan gue pernah puasa lupa sahur, terus siangnya malah maen futsal. Tapi alhamdulillah semua dilancarkan sama Allah. Mungkin ini yang dinamakan kekuatan niat karena Allah kali ya. Gue cerita kayak gini bukan berarti sok kuat atau menyarankan  temen-temen buat puasa tanpa sahur. Yang namanya asupan nutrisi itu tetep penting. Gue juga walaupun paginya gak sahur, tapi pas bukanya gue gila-gilaan dengan makan dan minum yang banyak, akhirnya sia-sia deh niat gue buat ngemat. Intinya adalah puasa bukanlah ibadah yang dapat membuat umatnya menderita, bahkan sampai mati. Sebaliknya puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dari mulai detoksifikasi sampai diberikannya waktu 'istirahat' bagi organ pencernaan kita. Gak makan juga bukan berarti melemahkan kita secara fisik. Salah satu mukjizat Nabi Muhammad yaitu bahwa ia pernah menghancurkan batu besar hanya dengan 3 kali pukulan saat menjelang perang Khandaq, padahal beliau belom makan selama 3 hari. Hebat kan? Yauda gitu aja.

Selamat lebaran semua.

0 comments:

Post a Comment