Thursday, November 3, 2016

4 November

Sebelumnya gue pengen ngasih tau bahwa gue gak berada di pihak mana-mana alias netral.

Jadi... langsung aja,

menurut gue demo 4 November 2016 itu penuh dengan kontradiksi dan ironi.

Gimana ya, menurut gue si Ahok itu gak ada maksud untuk menghina ayat Al-Quran. Gue menafsirkan bahwa dia pengen ngomong kalo orang-orang kita itu udah dipengaruhi dengan menggunakan ayat Al-Quran.

Gue gak ngomong kalo dia bener, karena menurut gue dia emang salah. Kerja mah kerja aja, kampanye ya kampanye aja, gak usah bawa-bawa Al-Quran, udah tau tipikal orang-orang Indonesia kayak begitu.

Kata kuncinya adalah penggunaan kata 'pake' dan 'oleh'. Penggunaan kata 'oleh' mengindikasikan bahwa ayat Al-Quran udah digunakan sebagai instrumen atau alat untuk mempengaruhi orang lain. Sedangkan penggunaan kata 'oleh' menunjukan bahwa ayat Al-Quran udah ngebohongin umat Muslim.

Yang lucu adalah gini, doi dianggep menistakan ama Islam, terus apa kabarnya dengan orang-orang udah ngebakar tempat ibadah Gue pikir kalo mau menuntut hukum seseorang atas perilaku penistaan agama, kita semua harus konsisten, karena di luar sana banyak banget kasus-kasus serupa dengan praktik penistaan yang lebih parah. Gak susah nyari orang-orang yang menghina Islam atau agama-agama yang lain. Di medsos aja udah menjamur tuh ungkapan-ungkapan kebencian terhadap agama (bukan cuman Islam, tapi juga agama-agama lain). Si Dhani mo ikut demo 4 November, apa dia lupa kalo dulu dia pernah nari-nari di atas kaligrafi Allah? Tuntut juga tuh orang-orang yang kayak gitu biar adil.

Makanya gak heran kalo gue menganggap hal ini memiliki multitujuan dan kepentingan (if you know what i mean)... apa lagi kalo bukan politik.

Gue bukan pro Ahok, jangan salah sangka. Sekali lagi tekenin, gak berada pada pihak mana-mana. Ya gimana, soalnya kebanyakan orang Indonesia itu para penganut pendekatan silogisme, di mana kalo lo gak gini, berarti lo gitu, kalo bukan golongan kami, maka lo golongan mereka. Terlalu cepat mengambil kesimpulan tanpa memerhatikan variabel-variabel yang lain.

Gue orang Bekasi, dan kalo pun KTP gue Jakarta, gue juga belon tentu milih dia (dan mungkin emang gak akan milih dia juga). Dari situ gue cuman pengen ngomong bahwa yang jadi pusat perhatian atas masalah ini bukan si Ahok, dia bukan si tokoh utama, melainkan sikap SARA umat Muslim yang bikin gue sedih.

Gue rada gak seneng aja ngeliat aksi-aksi diskriminatif orang-orang yang memarjinalkan kaum minoritas. Gue sangat gak berkenan ketika ada Muslim yang teriak kafir seolah-olah keberadaan para non Muslim ini adalah aib. Bagi gue sebutan kafir itu setara dengan gaijin atau nigger yang interpretasinya bisa dikatakan sebagai orang non golongan.

Bayangin kalo lo berada di negara minoritas muslim, kemudian lo ditolak oleh masyarakat, seakan-akan sikap lo memilih kayakinan adalah hal yang salah. Lo marah ketika di Barat ada orang ngedemo komunitas Muslim? Ngedemo Masjid? Ya kurang lebih perasaan non-Muslim di negara kita sama ketika di lampu merah mereka ngeliat sekumpulan orang ngebentangin spanduk bertuliskan "Jangan pilih pemimpin kafir, blablabla kafir". Asas Bhinneka Tunggal Ika udah mati.

Gue pikir kalo mau menasihati sesama saudara muslim, harusnya anjuran seperti itu dilakukan di komunitasnya, jangan di tempat publik di mana orang-orang umum berseliweran di situ. Tersinggung gak sih orang-orang non muslim yang ngeliat orang ngebentangin spanduk seperti itu sambil teriak-teriak kafir?

Bertabayyun, bukannya mereka suka make istilah itu? Kenapa sekarang jadi gampang banget diprovokasi. Katanya nuntut minta maaf, karena kalo gak minta maaf nanti doi harus diproses hukum. Lah ini orangnya udah minta maaf, tapi masih aje. Emangnya Nabi ngajarin untuk bales dendam? Nabi aja masih mau maafin orang kafir yang ngelemparin Beliau dengan kotoran.

Sebelon gue akhirin, jangan bilang kalo gue udah gak peka sama agama gue sendiri. Gue marah banget ketika ada pilem yang menghujat Islam, gue marah banget sama para karikatur Paris yang ngegambar dan ngelecehin Nabi Muhammad SAW. Gue berenti maen 9Gag karena dulu sempet rame ama postingan-postingan provokatif yang ngejatohin nama Islam saat jamannya terorisme Paris (dan gak menutup kejadian yang serupa di masa depan karena sistem filterisasi postingannya yang terlalu lemah, ya makanya gue gak maen lagi). Di IG gue banyak banget ngereport dan ngeblokir akun-akun yang ngelecehin Islam, begitu juga dengan Yutup saat ngeliat komen-komen kurang ajar yang ngatain Islam. Dan masih banyak lagi contoh lainnya dari perasaan gue yang marah ketika ada penistaan (yang bener-bener penistaan) agama Islam. Kadang suka terbesit dalam pikiran bahwa gue pengen nyantet orang-orang yang (emang bener-bener) ngehina Islam hehe.

Intinya gue masih memiliki sensitifitas terhadap agama, tapi bedanya masih berusaha mikir kritis dan menyeleksi hal-hal tersebut dalam penempatan posisi gue.

Jadi ya... gitu.

0 comments:

Post a Comment