Tuesday, June 26, 2012

2 Mei


Ehm...ni postingan sebenernya udah gue tunda cukup lama... Harusnya tulisan ini jadi lanjutan dari “Road to Laruku”, cuman yah karena berbagai halangan, jadi gue baru bisa nerusin sekarang... Kalo rada kurang nyambung, bisa cek postingan sebelumnya di mari.

Sooo...mari kita lanjutkan...ok.

...

...

...

Layaknya hibernasi, atau koma, atau apapun istilahnya, gue tewas selama hampir 15 jam. Bangun-bangun pala puyeng, berasa hangover, padahal semalem gue cuman minum aer keran, oke bukan cuman aer keran, ncu-ncunya juga keminum. Rencananya gue bakal ketemuan ama abang (kakak perempuan) gue di Matraman, soalnya dia musti nugas dulu di tempat kerjanya. Kita janjian ketemuan rada siangan, sekitar jam 2an. Pagi-pagi pun gue masih nyantai dulu, nonton tv acara kebun binatang, monyetnya lucu, kakinya empat. Gue nyantai-nyantai, padahal gue gak tau transport ke Matraman gimana. Dengan insting membaca arah yang tumpul serta didukung dengan penyakit lupa-ingatan tiba-tiba-saat-mencari-jalan, sudah dipastikan gue divonis “bakal nyasar”. Gila men, gue 12 tahun sekolah di Jakarta tapi gak tau transport ke Matraman gimana caranya. Gue rasa monyet yang pantatnya belah tiga masih lebih pinter dari gue. Melihat pengalaman gue yang pernah nyasar ke Taman Mini, BSM, dan Manggarai, gue tau kalo gue bakalan f**k up. Akhirnya gue minta tolong ke si abang buat ngarahin perjalanan pergi gue. Gue pun melangkah ke dunia luar dengan berbekal secercah harapan untuk menghadapi rintangan yang siap menghadang kapan pun dan di mana pun gue berada (perasaan kayak lirik lagu Kamen Rider). Gue pun menjejakan kaki kanan gue ke luar teras...dengan kaki kiri gue mendarat di got...anjir baru-baru udah sial... Gue menjadikan bbm gue sebagai GPS. Tiap gue ngelangkah, gue pasti selalu ngebbm abang gue buat nanya, “Teh, di depan ada perempatan, Idham musti ngambil langkah apa? Lurus belok kiri ke depan apa diagonal keserempet mobil di belakang?”. Gue berusaha untuk hati-hati dalam menapaki setiap jalan yang ada, karena kalo gue salah, bakal FATAL. Terakhir gue salah menapaki jalan, gue nyebur di kali ampe dagu gue berdarah-darah. Ya, itu pas gue lagi maen kejar-kejaran dengan mata tertutup. Waktu itu gue lagi maen ama tetangga gue, bareng abang gue juga. Temen-temen gue saking pengen menangnya ampe kagak ngasih tau gue kalo di depan gue ada kali, ya jatoh lah gue. Dengan indah gue meluncur ke jurang. Balik lagi ke perjalanan gue, pokoknya hampir tiap langkah, bbm ke abang gue gak pernah putus deh. Dikit-dikit nanya, “Teh, Idham naek angkot apa?”, dikit-dikit nanya, “Teh, buswaynya yang jurusan apa?”, dikit-dikit nanya, “Teh, ini kok buswaynya gak jalan-jalan?”, iya, gue naek di atas busway, TransJakartanya udah melengos di depan. Gue juga heran, kenapa orang-orang selalu kebiasaan nganggep kalo busway itu alat transportasi ya? Padahal kan alat transportasinya Transjakarta. Gue suka bingung kalo ada orang bilang, “Iya , gue ke sana naek busway”. Yang gue tangkep tu orang lagi berusaha manasin pantatnya di aspal jalanan busway. Tapi ya namanya udah kebiasaan, orang-orang juga jadi ngalir aja. Mungkin nanti gue bakal bikin sebutan baru dengan bilang  bajaj sebagai toilet umum.

Setelah melewati jalanan terjal nan curam (asik gue lebay), akhirnya gue nyampe juga di Matraman, tempat janjian ketemuan gue ama abang gue. Dengan sumringah gue menghampiri dia, padahal dari luar gue cuman keliatan kayak orang sekarat yang abis diperkosa banteng. Dari Matraman, kita bersiap ke Senayan wohooo. Sumpah gue seneng banget sekaligus terharu tiap ngeliat spanduk atau billboard iklan Laruku. Tiap gue ngeliat matanya Hyde, gue seakan pengen nahan deru tangis haru yang membahama (gue gak ngarti ni kalimat artinya apaan). Begitu juga saat gue ngeliat iklan promo konser Laruku di TV. Walaupun cuman sebentar, tapi sepenggal lagu “Ready Steady Go”nya Laruku udah cukup ngebuat gue bersemangat untuk menghadiri konsernya.

Nyampe Senayan, kita langsung disuguhi ama pemandangan antrean yang panjang dari tempat tuker tiket. Busettt, kalo bukan buat Laruku mah gue gak mau kali ke tempat kayak beginian. Gue orangnya rada gak demen ama keramaian sih. Mau itu di kampus, tempat nikah, tempat kawin, gue paling males ama yang namanya keramaian. Bawaannya tu orang-orang pengen gue serang aja pake cubitan banci. Keramaian kayak gini bener-bener bikin gue rada gondok, mana pengap banget lagi. Yah, tapi namanya konser band keren ya emang kudu banyak penontonnya hehe.

Ada beberapa hal yang gue wanti-wanti saat konser, salah satunya adalah perut. Oke mungkin lebih detail, yang sangat gue wanti-wanti saat konser adalah masalah BABM, atau Buang-Air-Besar-Mendadak. Maksudnya Buang-Air-Besar-Mendadak itu bukannya gue kagi nonton konser terus  tiba-tiba tai gue meluncur deras. Gue ngeri mules tiba-tiba pas konser, abisan kan nyari toiletnya susah. Masa gue musti keluar dulu cuman buat boker. Tapi kalo gue relain sempak gue buat jadi tampungan boker ya gak enak juga. Kenapa gue ngewanti-wanti masalah ini? Soalnya sebelom konser kemaren, gue makan besar dulu (emang buang aer doang  yang besar?), dan sambelnya itu loooh kebanyakaaan. Takutnya ni sambel bakal menyerang bagian sensitif dari tangki boker gue yang mengakibatkan pintu tangkinya kebuka dan...(deskripsi proses boker-memboker saya akan sangat menjijikan, jadi saya memutuskan untuk tidak menjelaskannya lebih lanjut sebelum Anda juga jadi mules dan...(deskripsi proses boker-memboker Anda akan sangat menjijikan, jadi saya memutuskan untuk...ah, sudahlah......)). Kekhawatiran akan kebelet boker mendadak juga sama mengerikannya dengan kebelet pipis mendadak. Alasan gue ngwanti-wanti ini pun sama, gue juga tadi kebanyakan minum. Buset gue minum udah kayak kura-kura gagal ginjal, dua gelas gede abis. Tapi tanpa disangka-sangka kepengapan yang gue keluhkan ternyata menolong kekhawatiran gue ini. Gara-gara kepanasan, seluruh cairan di tubuh gue jadi keluar semua lewat keringet, dan itu membuat gue ‘kagak jadi’ kebelet pipis. Sedangkan hal lain yang gue wanti-wanti selain boker adalah gue ngeri ntar penontonnya pada rusuh. Ya, kerusuhan saat konser emang sering terjadi, bahkan gak jarang ampe ada korban jiwa. Misalnya aja ada penonton yang moshing pas lagi nonton konser marawis, terus saking ributnya, tu penonton ampe maen tendang-tendangan, gampar-gamparan, tonjok-tonjokan, ampe akhirnya ada yang meninggal gara-gara keracunan makanan, ngeri banget sumpah. Walaupun begitu, kekhawatiran tersebut gue simpen dulu dalem ati, karena yang pengen gue lakuin cuman nikmatin konser, bukan cemas berlebihan.

Gue nunggu di bagian reguler festival dari jam 6. Tadinya nunggunya sih enak sambil duduk-duduk, tapi setengah jam kemudian entah kenapa penonton yang lain pada berdiri, mungkin udah gak sabaran kali ya. Hanjrit, gara-gara mereka pada berdiri, terpaksa gue ama abang gue juga ikut berdiri. Gak enak aja kalo gue tetep duduk terus muka gue face to face ama pantat orang. Sambil berdiri gue terus-terusan ngedumel, ngeluhin kenape orang-orang pada berdiri, kenapa konsernya lama banget mulai, kenapa napas gue sebau makanan anjing, apa emang waktu itu gue makan makanan anjing? Pantesan mangkoknya berbulu. Sekitar satu setengah jam gue diri, dan jangan tanya gimana pegelnya kaki gue. Mana di kerumunan kayak gitu masih ada aja orang egois yang ngerokok. Kampret gue benci banget orang-orang kayak begini. Gue ngomel-ngomel sendiri gara-gara kebauan asep rokok, terus orang sebelah gue juga ngomel-ngomel sendiri gara-gara kebauan napas gue. Iya, gue ngomel-ngomel sesenti di depan idung orang tersebut. Gue ngomel-ngomel sendiri ampe kagak nyadar muka orang kemakan. Udah pegel, kebauan asep rokok, panas pula, eh beberapa saat kemudian gerimis...great... Ni pawang ujan gimana sih yak... Gara-gara ujan, LED-nya ditutup ama plastik gede. Kayaknya ni konser penuh perjuangan bener. Gue sempet bertanya-tanya, kenape konser Laruku outdoor begini sih... Kenape kagak indoor gitu, kamar gue kayaknya cukup luas buat nampung Hyde, Tetsu, Ken, Yuki manggung.  Ternyata usut punya usut, si Hydenya sendiri yang request tempat outdoor, soalnya di kota-kota laen udah indoor semua.

Setelah nunggu beberapa lama, akhirnya intro Laruku muncul jugaaaa... Terpampang dari 3 LED gede, sebuah animasi visual Hyde. Setelah itu tiba-tiba gelap sejenak, dan guess what...petikan lagu Ibara No Namida terdengar sayup-sayup. Gue jinjit berharap bisa ngeliat Hyde yang asli dengan jelas. Akhirnya gue bisa juga ngeliat muka Hydeee, tapi sesaat setelah itu pantat gue ditusuk linggis ama orang gara-gara gue jinjit di pala dia. Gue mengalami pendarahan yang hebat, tapi itu gak menyurutkan semangat gue buat nonton konser Laruku. Gilaaaaa keren bangettttt... Sambil joget-joget khas Chase, Hyde ngelantunin lagu tersebut dengan dahsyat. Kemudian secara berturut-turut, lagu dilanjutkan dengan Chase ama Good Luck My Way. Gilaaaa...gue sebenernya udah ngewanti-wanti tingkah penonton yang bikin rusuh pas konser, tapi pada kenyataannya malah gue yang bikin rusuh sendiri. Di tengah-tengah konser gue tereak-tereak, jingkrak-jingkrakan, ampe nyikut pala orang 2 kali (serius), eh orangnya bales nabok selangkangan gue ampe telor gue pecah (enggak, ini bercanda). Ya, malam itu gue menjadi orang paling rusuh se-Senayan, bahkan jika dibandingkan dengan beruang lepas, mungkin masih rusuh gorila Jawa (lho?). Seumur idup gue, mungkin tereakan paling kenceng gue ya pas konser Laruku. Gue gak pernah tereak sekenceng dan sehisteris pas nonton Laruku, kecuali pas pantat gue kemasukan semut rangrang. Suasana heboh menggelegar saat Laruku ngebawain lagu-lagu up beat macem Revelation, Honey, ama Ready Steady Go. Terus tempo menuruh pas Hyde nyanyiin lagu My Heart Draws A Dream, Forbidden Lover, dan Anata. Gila coy, pas lagu Forbidden Lover, Hyde nyanyinya ampe keluar aer mata. Mungkin saking mengkhayatinya kali ya. Gue juga jadi terharu ngeliatnya. Yang kasian abang gue, doi kagak keliatan sama sekali panggungmnya, bahkan LED-nya aja kagak keliatan. Kita nontonnya emang rada nanggung. Kalo mau jelas keliatan LED-nya, ya nonton di bagian paling belakang, tapi Larukunya kagak keliatan langsung. Sedangkan kita di tengah-tengah, mau ngeliat langsung ke LED kagak bisa, ngeliat panggungnya langsung juga kagak bisa...nasip... Gue rada kasian juga, soalnya kita kan kemari juga kagak gampang (dan gak murah), masa pas nyampe sini abang gue cuman ngeliat punggung orang. Gue sempet nawarin ide cerdas, yaitu gue nyuruh abang gue naek ke pugnggung gue, tapi bagi dia itu ide gila yang hanya bisa terpikirkan oleh para fans Trio Macan. Ngerasa ikut gak enak, akhirnya gue kipas-kipasin aja abang gue dari belakang, biar dia kagak kerasa empet banget. Seenggaknya walaupun gak bisa liat Hyde dkk secara langsung, abang gue masih bisa ngedenger audionya dan ngerasa adem di tengah lautan manusia ini. Emang sih keramaian kayak gini selalu bikin gue pengen tebas-tebasin tuh pala orang make gunting rumput, tapi apa daya gue cuman bawa gunting kuku.

Ada yang kocak dari aksi panggung mereka, yaitu pas para personel Laruku ngomong  make bahasa Indonesia. Si Hyde sebelum bawain lagu Honey sempet nge-mc make bahasa Indonesia. Dengan bahasa kite dia bilang, “Suramati kumati”, yang mungkin maksudnya adalah selamat menikmati. Gue sempet kaget karena gue pikir dia ngomong, “Sudah waktunya kita mati”. Well, emang selain bahasa Indonesianya Hyde yang kurang jelas, pendengaran gue juga kayak ayam (emang ayam kagak punya kuping...). Gue pernah nyangka orang bilang gue ganteng, padahal sebenernya tu orang bilang muka gue kayak rantang. Yang kocak lagi adalah pas Ken nge-mc, awal-awal dia bilang “Mantap! Mamamamamamamammamamaman....tatatatattatatatap....Mantap!!!!!!”. Masih lebih baik, dari pas gue baca pidato sambil ngunyah kerikil. Selanjutnya Ken cerita pengalaman dia jalan-jalan di Pasaraya, beli oleh-oleh buat Hyde, ampeberenang ama para kru. Pas dia nanya, “Di sini ada yang pake bikini gak?”, gue nyaris pengen buka celana. Dia juga bilang kalo makanan kita, Nasi Goreng, itu gokil banget. Rata-rata emang orang luar tuh pada suka nasi goreng ya, padahal masih banyak loh makanan yang dimasak goreng khas kita yang gak kalah enak, kayak pisang goreng, bakso goreng, sayur asem goreng. Si Hyde pun nerima bingkisan dari Ken dan bilang, “Terima kasih!”. Lucu banget ngeliat Hyde maenin wayang, gamelan, ama suling. Gue ngakak ngeliatnya. Gue ngeliat diri gue ngakak kayak bayi polos yang lagi ketawa imut, sedangkan orang ngeliat gue kayak orang gila kena stroke. Dan menurut gue yang paling bikin penonton pada riweuh karena kekonyolannya adalah Tetsu. Dengan asoy dia bilang, “Gue...Suju dari Korea..”, terus dia sambil nepok jidat lanjut ngomong, “Aduhh...!!!!”. Sontak reaksi penonton langsung heboh. Mereka pada ketawa gara-gara Tetsu ngaku-ngaku personel Suju. Mungkin karena momen konser Suju ama Laruku di Jakarta berdekatan kali ye, jadi dia ngomong kayak begitu gyahahahah. Celotehan dia yang gak kalah kocak adalah saat dia nawarin pisang. Dengan pede dia bilang, “Siapa mau pisang gue???”. Rada ambigu emang, maksutnye pisang yang mane, bang??? Tak pelak ambiguitas tersebut menyulut gelak tawa penonton. Pelemparan pisang menjadi satu ritual Tetsu sebelum masuk ke intro Stay Away, lagu pertama yang gue maenin pas SMP...hmm...jadi kangen...

Gak cuman kocak, konser Laruku juga membawa suasana haru, tepatnya pas sebelum encore. Jadi pas konser memasuki jeda istirahat, tiba-tiba gerimis lagi. Jeda istirahatnya lumayan lama, ngebuat kita berbasah ria karenanya. Lalu beberapa menit kemudian, dari LED gede muncul lirik lagu Anata bagian reff. Kita pun dengan kompak langsung nyanyi bersama-sama. Kita nyanyi...nyanyi...ngulang-ngulang bagian reff-nya sampe akhirnya Hyde balik lagi diiringi iringan instrumen lagu tersebut. Ini adlah momen paling romantis pada malam tersebut. Gimana enggak? Hyde nyanyi bareng-bareng penonton termasuk gue, dan setelah lagunya berakhir, ujannya juga berenti...mejik... Kayaknya awan pun enggan menurunkan hujannya saat lantunan lagu Anata dimainkan, dan magis lagu tersebut benar-benar membuat hujan berenti total saat lagunya selesai. Serius, gue bukan lebay, tapi itulah yang terjadi pada malam tersebut. Lagu ini lebih hebat dari pawang hujan konser ini. Di penghujung konser, Hyde mengatakan kata-kata yang paling enggak pengen gue denger, yaitu ucapan perpisahaan...ya...PERPISAHAN...hiks... Janji Hyde yang ingin balik lagi ke Indonesia sedikit melegakan hati gue, dan lagu Niji pun dimulai... Asli, ni lagu bikin gue merinding. Lagu terakhir yang mengartikan nama Laruku sendiri, yaitu “Pelangi”, seakan menjelma menjadi “Pelangi” yang sesungguhnya. Pelangi tersebut menutup hujan tangis haru penonton dengan indah (ciye gue lebay lagi).

Malam itu gue bener-bener pengen nangis. Walaupun aer matanya kagak keluar, tapi gue bener-bener nangis di dalem hati (tsahhhh). Gue belum bener-bener bisa menerima kepulangan Laruku. Yah, seenggaknya Hyde udah janji ke kita semua kalo mereka akan balik lagi ke sini, dan gue juga janji bakal nonton lagi ama abang gue di baris paling depan alias baris vip, gue bakal nabung buat itu. Dengan gundah gulana gue berjalan ke arah pintu keluar, sampai gue enggak sengaja ngeliat Daniel Mananta diwawancarain ama reporter salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Terlintas ide brilian di otak gue, gue langsung berjalan di belakang si Daniel dengan masang muka ngeden. Ya, malam itu gue nge-troll Daniel beserta stasiun televisi swasta yang meliput konser ini. Muka haru bercampur muka ngeden berkombinasi, mengiringi langkah gue yang masih belum percaya bahwa gue udah ngeliat Laruku secara langsung. Terima kasih Laruku.

Berikut adalah beberapa foto dan video yang megggambarkan suasana pada “2 Mei”...

 
Rame antrean

Laruku!!

Suasana di dalem
 
Rame

Gue, stay-cool face

Gue, tukang-pukul face
  
Nunggu sambil jongkok
 
Gue, duck face


Gue, dedak face


Panggungnya


Setelah konser : Terharu


Terharu baget


 Setlistnya :
  1. Ibara no Namida
  2. CHASE (English version)
  3. Good Luck My Way
  4. Honey
  5. Drink It Down
  6. Revelation
  7. Hitomi no Jyunin
  8. XXX  (English version)
  9. Fate
  10. Forbidden Lover
  11. My Heart Draws a Dream
  12. Seventh Heaven
  13. Driver's High
  14. Stay Away
  15. Ready Steady Go!
  16. Anata
  17. The Fourth Avenue Cafe
  18. Link
  19. Niji

0 comments:

Post a Comment