Ketika kita baru memasuki suatu perusahaan, pasti ada suatu beban yang kita pikul. Sebenernya mungkin bahasa tepatnya bukan beban kali ya, tapi tuntutan berupa kesadaran diri bahwa kita harus bisa merealisasikan segala omongan manis yang disuguhkan saat interview kerja yang membuat kita diterima di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, kita harus bisa membuktikan janji saat interview dengan sebuah etos kerja yang baik.
Ya, layaknya iklan komersil yang ada di tipi-tipi, segala kata-kata yang 'menjual' diri kita kepada HRD memang harus dibuktikan. Kita adalah si produk yang memberikan janji manis kepada audien(s), yaitu perusahaan. Setelah mereka mau membeli produk kita atau dengan analogi aslinya memperkerjakan kita, kita harus bisa menjawab ekspektasi mereka yang ditumbuhkan oleh janji manis kita melalui kualitas kerja yang baik. Ini adalah tanggung jawab kita yang harus diemban dalam kesadaran diri sebagai karyawan.
Kesadaran itu ada pada diri gue saat pertama kali kerja sebagai Account Executive atau AE di sebuah marcomm agency. Gue begitu fokus untuk memberikan yang terbaik dari diri ini kepada perusahaan. Kalo perlu, gue akan double job di perusahaan tersebut, yaitu sebagai AE dan sebagai CEO. Tapi naas setelah gue menawarkan diri menjadi CEO ke bos gue, gue malah dilempar dari lantai 2.
Awal-awal masuk kerja, gue begitu rajin, sampe-sampe gue dateng 1 jam sebelum jam masuk kerja pada jam setengah 9 pagi. Dateng ke klien pun begitu, gue selalu sampe 1 jam lebih awal di tepat ketemuan. Bukannya sok jadi karyawan rajin, tapi saat itu gue serasa dihantui oleh tuntutan pribadi bahwa gue gak boleh terjun ke jurang kesalahan dan mempermalukan diri gue sendiri, karena gue benci kecemplung dalam sebuah masalah.
Untuk sebagian karyawan baru, ada masa-masa ketika deskripsi dan tanggung jawab pekerjaan yang dikasih perusahaan masih agak abstrak. Jadi setelah dijelasin di awal mengenai tugas dan tanggung jawab kita, kebanyakan perusahaan langsung ngelepas gitu aja pas proses kerja berlangsung. Maksudnya kebanyakan ketika kita baru direkrut, kita dituntut untuk 'membawa' diri kita sendiri alias mandiri dalam masuk ritme kerja tim yang udah ada. Dan di satu sisi, kita sebagai karyawan baru mengalami fase 'kebutaan informasi' alias gak tau apa-apa ketika masuk ke lingkungan baru.
Namun karena rasa segan diri yang udah terlalu tinggi, gue memutuskan agar gak tinggal diam di situasi seperti itu. Gue aktif nanya, minta kerjaan, dan bahkan inisiatif mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sebenernya gak disuruh. Selain ngejerjain pekerjaan AE, gue juga ngurus administrasi lah, bikin time schedule lah, nulis artikel website yang notabenenya udah setahun gak diupdate lah, aktualisasiin akun-akun medsos perusahaan lah, bikin creative brief lah, bikin video script lah, bikin konten tulisan buat klien lah, bikin konten company profile perusahaan internal & klien lah, bahkan gue juga ngedesain konten visual buat klien. Kadang gue juga sengaja 'jualan' perusaaan dengan ngontak beberapa kenalan untuk diajak kerja sama. Padahal fokus tanggung jawab kerja gue sebenernya bukan di marketing, melainkan di client services.
Untuk pekerjaan AE sendiri BAP dan client brief selalu gue buat rapi, detil, dan tepat waktu. Bahkan di dalam client brief, gue gak hanya menyantumkan galian informasi umum tentang klien kayak profil perusahaan, ragam produk, objectives, dll, tapi juga udah nyerempet ke ranah analisis strategi dan usulan ide yang semata-mata sengaja gue tambahin konten briefnya untuk memudahkan pekerjaan Strategic Planner. Kebetulan gue punya field of knowledge & experience di bidang itu untuk menopang kontribusi analisis dan ide stratetgi pemasaran jika melihat pada latar belakang pendidikan gue sebagai lulusan marcomm dan pengalaman kerja sebagai Stratplan. Alhamdulillah salah satu usulan gue diterima gak hanya oleh internal team, tapi juga klien, dan itu dijadikan strategi yang diimplementasikan secara berkelanjutan di program-program klien tersebut.
Kadang untuk beberapa kesempatan, si bos juga sempat memercayakan gue untuk nanganin beberapa pekerjaan Stratplan. Mungkin dari hal-hal tersebut,si bos ngeliat potensi yang lain dari diri gue, so, beberapa bulan kemudian, gue dipindah ke posisi Stratplan.
Jadi, baru masuk kerja, gue udah 'sengaja' menyibukan diri dengan megang 6 pekerjaan, yaitu AE, Marketing, Stratplan, Copywriter, Creative dan Digital Marketing Executive. Tentunya 5 pekerjaan terakhir gue lakukan atas dasar inisiatif sendiri aka gak ada yang nyuruh (btw beberapa bulan setelahnya, gue emang dipercaya nanganin proyek digital marketing klien, jadi gue gak hanya ngurus copywriting, creative, dan digital marketing internal doang, tapi juga si klien ini). Yah intinya gue udah berusaha ngasih sesuatu yang lebih deh ke perusahaan. Makanya gue rada 'kesentil' ketika ada anak baru yang keberatan megang 2 job sekaligus, yaitu client services dan marketing (padahal dua-duanya itu ya masih ranah AE juga). Like, seriously... lenje amat ente :)))
Gue bukan bermaksud jadi gila kerja sih. Jujur gue bukan tipe orang workaholic yang punya kecintaan sama yang namanya pekerjaan, karena itu gak sesuai dengan sifat alami gue hehe. Tapi ya namanya karayawan baru yang sekali lagi, rasa segannya terlalu tinggi, jadinya gue kayak gak bisa ngebiarin diri gue ngelalui waktu kosong semenit pun, bahkan ketika pekerjaan gue udah selesai. Jadi kalo kerjaan udah selese, ya gue nyari pekerjaan lain agar bisa selalu produktif. Bahkan ketika gue sakit pun, di rumah gue tetep kerja, karena ya itu, gue gak enak sama perusahaan.
Di kantor pun gue juga jadi terkesan kaku. Maksudnya kaku, gue jadi seolah membuat formal diri gue sendiri di lingkungan kantor yang dalam bayangan gue hanya ada 3 kata, yaitu kerja, kerja, dan kerja. Temen kantor ampe bilang, "Mas, kalo mau dengerin lagu make headset, dengerin aja..." Semenjak saat itulah gue jadi mengendur, karena ya, emang kerja model kayak begini berisiko menciptakan tingkat stres yang tinggi. Biar gak terlalu terkuras energinya secara signifikan, kita emang butuh selingan.
Ya, rasa segan yang terbangun sendiri di dalam diri emang udah membuat gue jadi kayak robot. Masuk sejam lebih awal, ishoma waktu dzuhur gue isi dengan solat dan makan, abis itu balik lagi ke kantor buat lanjutin kerja. Pas ashar, gue cuman keluar ruangan buat solat, abis itu kerja lagi. Tiap hari kayak gitu. Padahal sebenernya rekan kerja gue yang laen gak 'die hard' kayak begitu. Mereka nyantai aja dalam bekerja. Makanya setelah dikasih tau ama temen buat agak nyantai dikit dan ngeliat lingkungan kerja gue yang emang sebenernya nyantai juga, maka gue pun mencoba untuk mengendurkan diri, tanpa tentunya, melepaskan prinsip kerja yang gue miliki.
Dan emang, kerja berjam-jam seharian dengan posisi duduk terus di depan monitor berdampak gak baek bagi kesehatan tubuh, ntar tau-tau sakit panas aja. Coba aja duduk terus di depan monitor laptop pas kantor lagi kebakaran, pasti ntar sakit panas. Maka dari itulah tiap beberapa menit, gue bangkit dari tempat duduk buat stretching. Tangan gue gue regangin ke samping, kaki gue rentangin ke depan, leher gue puter ke belakang, gue koma 3 hari.
Pas jam istirahat pun gue sengaja jalan kaki buat nyari makan. Pokoknya gue usahain agar ni badan semua bisa gerak di sela-sela waktu yang ada. Makanya kadang gue sengaja nyari makan sambil koprol. Yap itu semua gue lakuin untuk meluweskan diri.
Beberapa bulan selanjutnya ketika gue udah megang jabatan baru sebagai Strategic Planner, perusahaan ngerekrut orang baru untuk menempatai posisi Account Executive, dan itu membuat gue sedikit kaget... karena ada petasan nyempil di sempak gue.
Enggak.
Gue sedikit kaget karena ni orang bener-bener kebalikannya dari gue. Gak, maksudnya kebalikannya dari gue bukan berarti dia make sempak di pala dan bh di selangkangan. Tunggu, gue gak pernah make bh di pala. Ah udahlah...
Maksudnya adalah ketika dulu saat masih berstatus karyawan baru gue begitu segan hingga terlalu fokus kerja, orang baru ini justru sebaliknya. Gue begitu kaget ketika pas awal-awal kerja dia dengan antengnya seolah gak berdosa dateng kantor jam setengah 10. Besokannya juga gitu, besokannya juga gitu. Bahkan pernah dia dateng ke kantor bada dzhur dengan pembawaan yang polos kayak gak ada apa-apa. Padahal jarak dari tempat tinggal dia ke kantor itu cuman 15 menit waktu perjalanan. Bandingin dengan gue yang rumahnya di Bekasi, tapi masih sempetin buat dateng sejam lebih awal. Yah, gue sebagai senior langsung berusaha negor tentang kedisiplinan dia yang gak ada tempatnya. Dia pun kena tegor juga oleh si bos.
Setelah itu pun sikap kerjanya bener-bener membuat gue terpaku takjub. Kebetulan saat itu emang ada paku tiga biji nancep di pala gue. Gue musti berenti salto di tempat matrial.
Gimana ya, gue takjub karena ni bocah dengan entengnya maen, buka yutup, dan ngerjain hal-hal di luar pekerjaan di jam kantor. Bahkan pas jam kantor doi anteng banget tidur siang dengan gelar kasur di ruangan kerja. Beberapa kali pun dia malah keluyuran gak jelas pas jam kerja.
Yang paling ngeselin adalah ketika lagi briefing dengan klien. Sebelon melanjut, gue kasih gambaran singkat tentang pekerjaan AE. Jadi secara garis besar itu AE berfungsi untuk menghubungkan klien dengan tim internal, termasuk itu menampung segala bentuk informasi yang disampaikan klien untuk kenudian dialirkan kembali ke tim. Makanya fungsi notulensi di sini menjadi penting bagi mereka, karena dari situ, mereka bisa buat BAP dan client brief.
Nah, lanjut dari situ, gue yang lagi nyatet poin-poin pada proses dikusi dengan klien tetiba mendapati satu buah kalimat sederhana tapi ngena. Jadi, di tengah proses nyatet, dia bilang ke gue sambil nunjuk make telunjuk,
"Tuh, tuh, catet."
Kesalahan dia ada 2:
1. Dia adalah AE, yang seharusnya menotulensi jalanannya proses briefing adalah dia, dan dia gak melakukan hal tersebut.
2. Dia dengan kurang ajar udah nyuruh seniornya untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh dia, padahal waktu itu gue juga lagi nyatet.
Strategic Planner atau Stratplan harus bersinergi dengan AE dalam urusan pekerjaan. Salah satu contoh ketika kita sedang meeting dengan klien, Stratplan musti nyatet poin-poin diskusi yang berkenaan dengan informasi yang dibutuhkan untuk perancangan strategi marcomm klien.
Kenapa musti Stratplan musti nyatet? Karena proses nyatet membantunya dalam menstimulus otak agar lebih mudah dalam menangkap, menyimpan, dan memahami insight klien. Gampangnya efektivitas proses belajar akan lebih tinggi jika dilakukan tidak hanya dengan mendengar atau membaca aja, tapi juga mencatat. Jaman kuliah dulu,selain 3 hal tersebut, gue juga lakukan simulasi presentasi biar materi bisa lebih nempel di otak. Jadi gue belajar gak cuman membaca, mendengar, atau menghapal doang, tapi juga mencatat, mengucapkan, dan mengartikulasikan materi dalam bentuk bahasa nonverbal. Ya intinya, semakin kita perluas indera yang dimanfaatkan untuk kegiatan belajar, semakin nempel pula tu materi yang kita pelajari. Ibarat benda, cara-cara belajar tersebut udah kayak tali yang menambah ikatan terhadap ilmu agar tidak mudah lepas dari otak. Makanya gue nyatet, biar catatan tersebut bisa jadi referensi dalam bekerja.
Idealnya, proses briefing dilalui tidak hanya dengan mendengar, berbicara (aktif nanya/merespon klien), atau mencatat dalam bentuk tulisan doang, tapi juga merekam jalannya proses diskusi agar dapat menjadi bukti otentik suatu pertemuan. Jadi tu rekaman audio yang nantinya diterjemahkan ke dalam bentuk transkrip bisa menjadi referensi objektif dari suatu pertemuan rapat. Jaman gue jadi AE, gue malah ampe ngerekam video. Jadi dari acara briefing, gue punya 3 bukti rapat, yaitu draft catatan, foto, dan video.
Pertanyaannya emangnya gak cukup dengan BAP? BAP itu adalah tahap selanjutnya setelah proses pencatatan kasar. Dengan kata lain BAP dibuat dari proses ricek, pengolahan, dan seleksi informasi dari referensi-referensi tersebut. Dari BAP, AE bisa bikin client brief, dan BAP-nya sendiri pun bisa disampaikan langsung ke internal sebagai sumber informasi meeting bagi tim.
Ya pasti beda lah antara BAP yang dibuat spontan dengan BAP yang dibuat berdasarkan sumber-sumber otentik itu. Apalagi interpretasi kita dalam menerjemahkan proses diskusi ke bentuk BAP sangat berpotensi menciptakan informasi yang subjektif, karena kita nulis dengan pemahaman kita sendiri. Maka dari itu back up data berupa catatan kasar dan transkrip audio menjadi sangat penting dalam mendukung validitas informasi yang kita tulis. Kan data-data tersebut bisa dijadikan pegangan juga untuk proses konfirmasi informasi dengan klien.
Waktu gue jadi AE, Stratplan gue juga ikutan nyatet poin-poin rapat berdasarkan pemahaman dia. Setelah proses rapat dilakukan, barulah kita berdua mencocokan poin-poin diskusi agar ada sinkronisasi data. Dan sebagai tambahan, idealnya informasi yang dicatat oleh si AE ini harus lebih lengkap dari sekedar catatan kasar si Stratplan, karena bisa dibilang dia ini sumber informasi kedua setelah klien, jadi tim internal sangat bergantung ama doi.
Nah disitulah poinnya dari kegiatan mencatat. Jangan ketika gue sebagai Stratplan lagi nyatet informasi dari proses diskusi, si AE malah leha-leha ngegabut aja. Dan kurang ajarnya, dia malah nyuruh gue untuk ngerjain pekerjaan yang seharusnya dia lakukan dari tadi. Etika dia di mana? Ya setelah itu langsung gue tegor aja.
Gue bukan orang yang menganut paham senioritas. In fact, gue gak suka banget sama hal tersebut. Tapi kita sebagai junior juga jangan mengenyampingkan yang namanya etika. Masih jadi karyawan baru aja udah sok bossy, padahal kerjaan yang dia suruh adalah tanggung jawab dia.
Tapi yaudahlah, setelah itu gue masih berusaha sabar dan menyesuaikan diri dalam menuntun dia. Gue negor dia dalam konteks profesionalitas kerja, bukan personal, yah walaupun kadang sikapnya suka bikin gregetan sih hehe.
Yah intinya, etos kerja yang baik itu perlu dipelihara. Gue melihara etos kerja gue bukan untuk pencitraan, karena bahkan dari jaman sekolah dan kuliah pun gue paling males caper-caperan dengan guru atau dosen. Orang-orang mungkin bisa bilang kalo gue cuman berusaha mengalir berjalan di trek yang seharusnya gue jalanin. Dengan kata lain ya emang esensi dari seorang pekerja ya kayak gitu, yaitu bekerja dengan baik.
Sekali lagi, gue bukannya kayak yang sok pengen jadi karyawan teladan, karena persetan lah dengan itu, gue juga bisa bete kalo dikasih pekerjaan yang gak manusiawi, contohnya kayak netein bayi gorila. Maksud gue di atas saat ngegambarin budaya kerja gue tuh bukan kayak yang terkesan sok pamer, tapi lebih pengen memperlihatkan kontradiksi dengan subjek yang gue bahas di sini.
Yang gue lakukan itu sama sekali gak istimewa, karena pastinya kalian akan ngelakukan hal yang sama di perusahaannya masing-masing. Gue yakin saat kalian berposisi sebagai karyawan baru, kalian pasti juga punya rasa segan yang menuntut diri masing-masing untuk kerja serius. Maksudnya kan gak enak juga kalo kita baru masuk tau-tau udah udah bikin kesalahan, udah kena tegor, udah kena peringatan. Ya kita sebagai orang baru yang masih fresh harusnya bisa lebih semangat dong dalam bekerja.
Inti curhatan di tulisan ini adalah gue gondok aja ngeliat orang baru yang bukannya antusias dalam ngebuktiin alesan kenapa dia pantes diterima di perusahaan ini, tapi malah memperlihatkan attitude dan work ethic yang di bawah standar. Sekarang gini, misal pas jaman kuliah/sekolah dalam suatu perihal tugas kelompok, ada salah satu anggota yang songong dan nyantai maksimal, kita sebagai rekan kesel gak? Ya apalagi dalam dunia profesional kan? Kebayang kalo misalnya sikap gue sebagai karyawan baru kayak gitu, masuk ke perusahaan baru, belon ada sebulan, terus di kantor gue udah semena-mena. Bayangin kalo gue baru-baru udah ngomong kalimat "Heh, tuh, tuh, kerjain" ke senior. Mending kalo gue cuman ditegor, mungkin gue bakalan didamprat atau diteken abis-abisan kali.
Ya jadi gitu ajalah curhatan kali ini. Sebenernya yang namanya unek-unek itu banyak baaangeet, cuman ya... untuk kali ini, cukup sampai di sini hehe.
Eh, btw mampir doong ke blog gue yang baru, yaitu "Dear Diare". Ni blog isinya komedi satir bergaya personal literature. Ni linknya di mari. Yang punya blog, boleh loh difollow hehe, tar gue follow balik deeh haha.
Ya, layaknya iklan komersil yang ada di tipi-tipi, segala kata-kata yang 'menjual' diri kita kepada HRD memang harus dibuktikan. Kita adalah si produk yang memberikan janji manis kepada audien(s), yaitu perusahaan. Setelah mereka mau membeli produk kita atau dengan analogi aslinya memperkerjakan kita, kita harus bisa menjawab ekspektasi mereka yang ditumbuhkan oleh janji manis kita melalui kualitas kerja yang baik. Ini adalah tanggung jawab kita yang harus diemban dalam kesadaran diri sebagai karyawan.
Kesadaran itu ada pada diri gue saat pertama kali kerja sebagai Account Executive atau AE di sebuah marcomm agency. Gue begitu fokus untuk memberikan yang terbaik dari diri ini kepada perusahaan. Kalo perlu, gue akan double job di perusahaan tersebut, yaitu sebagai AE dan sebagai CEO. Tapi naas setelah gue menawarkan diri menjadi CEO ke bos gue, gue malah dilempar dari lantai 2.
Awal-awal masuk kerja, gue begitu rajin, sampe-sampe gue dateng 1 jam sebelum jam masuk kerja pada jam setengah 9 pagi. Dateng ke klien pun begitu, gue selalu sampe 1 jam lebih awal di tepat ketemuan. Bukannya sok jadi karyawan rajin, tapi saat itu gue serasa dihantui oleh tuntutan pribadi bahwa gue gak boleh terjun ke jurang kesalahan dan mempermalukan diri gue sendiri, karena gue benci kecemplung dalam sebuah masalah.
Untuk sebagian karyawan baru, ada masa-masa ketika deskripsi dan tanggung jawab pekerjaan yang dikasih perusahaan masih agak abstrak. Jadi setelah dijelasin di awal mengenai tugas dan tanggung jawab kita, kebanyakan perusahaan langsung ngelepas gitu aja pas proses kerja berlangsung. Maksudnya kebanyakan ketika kita baru direkrut, kita dituntut untuk 'membawa' diri kita sendiri alias mandiri dalam masuk ritme kerja tim yang udah ada. Dan di satu sisi, kita sebagai karyawan baru mengalami fase 'kebutaan informasi' alias gak tau apa-apa ketika masuk ke lingkungan baru.
Namun karena rasa segan diri yang udah terlalu tinggi, gue memutuskan agar gak tinggal diam di situasi seperti itu. Gue aktif nanya, minta kerjaan, dan bahkan inisiatif mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sebenernya gak disuruh. Selain ngejerjain pekerjaan AE, gue juga ngurus administrasi lah, bikin time schedule lah, nulis artikel website yang notabenenya udah setahun gak diupdate lah, aktualisasiin akun-akun medsos perusahaan lah, bikin creative brief lah, bikin video script lah, bikin konten tulisan buat klien lah, bikin konten company profile perusahaan internal & klien lah, bahkan gue juga ngedesain konten visual buat klien. Kadang gue juga sengaja 'jualan' perusaaan dengan ngontak beberapa kenalan untuk diajak kerja sama. Padahal fokus tanggung jawab kerja gue sebenernya bukan di marketing, melainkan di client services.
Untuk pekerjaan AE sendiri BAP dan client brief selalu gue buat rapi, detil, dan tepat waktu. Bahkan di dalam client brief, gue gak hanya menyantumkan galian informasi umum tentang klien kayak profil perusahaan, ragam produk, objectives, dll, tapi juga udah nyerempet ke ranah analisis strategi dan usulan ide yang semata-mata sengaja gue tambahin konten briefnya untuk memudahkan pekerjaan Strategic Planner. Kebetulan gue punya field of knowledge & experience di bidang itu untuk menopang kontribusi analisis dan ide stratetgi pemasaran jika melihat pada latar belakang pendidikan gue sebagai lulusan marcomm dan pengalaman kerja sebagai Stratplan. Alhamdulillah salah satu usulan gue diterima gak hanya oleh internal team, tapi juga klien, dan itu dijadikan strategi yang diimplementasikan secara berkelanjutan di program-program klien tersebut.
Kadang untuk beberapa kesempatan, si bos juga sempat memercayakan gue untuk nanganin beberapa pekerjaan Stratplan. Mungkin dari hal-hal tersebut,si bos ngeliat potensi yang lain dari diri gue, so, beberapa bulan kemudian, gue dipindah ke posisi Stratplan.
Jadi, baru masuk kerja, gue udah 'sengaja' menyibukan diri dengan megang 6 pekerjaan, yaitu AE, Marketing, Stratplan, Copywriter, Creative dan Digital Marketing Executive. Tentunya 5 pekerjaan terakhir gue lakukan atas dasar inisiatif sendiri aka gak ada yang nyuruh (btw beberapa bulan setelahnya, gue emang dipercaya nanganin proyek digital marketing klien, jadi gue gak hanya ngurus copywriting, creative, dan digital marketing internal doang, tapi juga si klien ini). Yah intinya gue udah berusaha ngasih sesuatu yang lebih deh ke perusahaan. Makanya gue rada 'kesentil' ketika ada anak baru yang keberatan megang 2 job sekaligus, yaitu client services dan marketing (padahal dua-duanya itu ya masih ranah AE juga). Like, seriously... lenje amat ente :)))
Gue bukan bermaksud jadi gila kerja sih. Jujur gue bukan tipe orang workaholic yang punya kecintaan sama yang namanya pekerjaan, karena itu gak sesuai dengan sifat alami gue hehe. Tapi ya namanya karayawan baru yang sekali lagi, rasa segannya terlalu tinggi, jadinya gue kayak gak bisa ngebiarin diri gue ngelalui waktu kosong semenit pun, bahkan ketika pekerjaan gue udah selesai. Jadi kalo kerjaan udah selese, ya gue nyari pekerjaan lain agar bisa selalu produktif. Bahkan ketika gue sakit pun, di rumah gue tetep kerja, karena ya itu, gue gak enak sama perusahaan.
Di kantor pun gue juga jadi terkesan kaku. Maksudnya kaku, gue jadi seolah membuat formal diri gue sendiri di lingkungan kantor yang dalam bayangan gue hanya ada 3 kata, yaitu kerja, kerja, dan kerja. Temen kantor ampe bilang, "Mas, kalo mau dengerin lagu make headset, dengerin aja..." Semenjak saat itulah gue jadi mengendur, karena ya, emang kerja model kayak begini berisiko menciptakan tingkat stres yang tinggi. Biar gak terlalu terkuras energinya secara signifikan, kita emang butuh selingan.
Ya, rasa segan yang terbangun sendiri di dalam diri emang udah membuat gue jadi kayak robot. Masuk sejam lebih awal, ishoma waktu dzuhur gue isi dengan solat dan makan, abis itu balik lagi ke kantor buat lanjutin kerja. Pas ashar, gue cuman keluar ruangan buat solat, abis itu kerja lagi. Tiap hari kayak gitu. Padahal sebenernya rekan kerja gue yang laen gak 'die hard' kayak begitu. Mereka nyantai aja dalam bekerja. Makanya setelah dikasih tau ama temen buat agak nyantai dikit dan ngeliat lingkungan kerja gue yang emang sebenernya nyantai juga, maka gue pun mencoba untuk mengendurkan diri, tanpa tentunya, melepaskan prinsip kerja yang gue miliki.
Dan emang, kerja berjam-jam seharian dengan posisi duduk terus di depan monitor berdampak gak baek bagi kesehatan tubuh, ntar tau-tau sakit panas aja. Coba aja duduk terus di depan monitor laptop pas kantor lagi kebakaran, pasti ntar sakit panas. Maka dari itulah tiap beberapa menit, gue bangkit dari tempat duduk buat stretching. Tangan gue gue regangin ke samping, kaki gue rentangin ke depan, leher gue puter ke belakang, gue koma 3 hari.
Pas jam istirahat pun gue sengaja jalan kaki buat nyari makan. Pokoknya gue usahain agar ni badan semua bisa gerak di sela-sela waktu yang ada. Makanya kadang gue sengaja nyari makan sambil koprol. Yap itu semua gue lakuin untuk meluweskan diri.
Beberapa bulan selanjutnya ketika gue udah megang jabatan baru sebagai Strategic Planner, perusahaan ngerekrut orang baru untuk menempatai posisi Account Executive, dan itu membuat gue sedikit kaget... karena ada petasan nyempil di sempak gue.
Enggak.
Gue sedikit kaget karena ni orang bener-bener kebalikannya dari gue. Gak, maksudnya kebalikannya dari gue bukan berarti dia make sempak di pala dan bh di selangkangan. Tunggu, gue gak pernah make bh di pala. Ah udahlah...
Maksudnya adalah ketika dulu saat masih berstatus karyawan baru gue begitu segan hingga terlalu fokus kerja, orang baru ini justru sebaliknya. Gue begitu kaget ketika pas awal-awal kerja dia dengan antengnya seolah gak berdosa dateng kantor jam setengah 10. Besokannya juga gitu, besokannya juga gitu. Bahkan pernah dia dateng ke kantor bada dzhur dengan pembawaan yang polos kayak gak ada apa-apa. Padahal jarak dari tempat tinggal dia ke kantor itu cuman 15 menit waktu perjalanan. Bandingin dengan gue yang rumahnya di Bekasi, tapi masih sempetin buat dateng sejam lebih awal. Yah, gue sebagai senior langsung berusaha negor tentang kedisiplinan dia yang gak ada tempatnya. Dia pun kena tegor juga oleh si bos.
Setelah itu pun sikap kerjanya bener-bener membuat gue terpaku takjub. Kebetulan saat itu emang ada paku tiga biji nancep di pala gue. Gue musti berenti salto di tempat matrial.
Gimana ya, gue takjub karena ni bocah dengan entengnya maen, buka yutup, dan ngerjain hal-hal di luar pekerjaan di jam kantor. Bahkan pas jam kantor doi anteng banget tidur siang dengan gelar kasur di ruangan kerja. Beberapa kali pun dia malah keluyuran gak jelas pas jam kerja.
Yang paling ngeselin adalah ketika lagi briefing dengan klien. Sebelon melanjut, gue kasih gambaran singkat tentang pekerjaan AE. Jadi secara garis besar itu AE berfungsi untuk menghubungkan klien dengan tim internal, termasuk itu menampung segala bentuk informasi yang disampaikan klien untuk kenudian dialirkan kembali ke tim. Makanya fungsi notulensi di sini menjadi penting bagi mereka, karena dari situ, mereka bisa buat BAP dan client brief.
Nah, lanjut dari situ, gue yang lagi nyatet poin-poin pada proses dikusi dengan klien tetiba mendapati satu buah kalimat sederhana tapi ngena. Jadi, di tengah proses nyatet, dia bilang ke gue sambil nunjuk make telunjuk,
"Tuh, tuh, catet."
Kesalahan dia ada 2:
1. Dia adalah AE, yang seharusnya menotulensi jalanannya proses briefing adalah dia, dan dia gak melakukan hal tersebut.
2. Dia dengan kurang ajar udah nyuruh seniornya untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh dia, padahal waktu itu gue juga lagi nyatet.
Strategic Planner atau Stratplan harus bersinergi dengan AE dalam urusan pekerjaan. Salah satu contoh ketika kita sedang meeting dengan klien, Stratplan musti nyatet poin-poin diskusi yang berkenaan dengan informasi yang dibutuhkan untuk perancangan strategi marcomm klien.
Kenapa musti Stratplan musti nyatet? Karena proses nyatet membantunya dalam menstimulus otak agar lebih mudah dalam menangkap, menyimpan, dan memahami insight klien. Gampangnya efektivitas proses belajar akan lebih tinggi jika dilakukan tidak hanya dengan mendengar atau membaca aja, tapi juga mencatat. Jaman kuliah dulu,selain 3 hal tersebut, gue juga lakukan simulasi presentasi biar materi bisa lebih nempel di otak. Jadi gue belajar gak cuman membaca, mendengar, atau menghapal doang, tapi juga mencatat, mengucapkan, dan mengartikulasikan materi dalam bentuk bahasa nonverbal. Ya intinya, semakin kita perluas indera yang dimanfaatkan untuk kegiatan belajar, semakin nempel pula tu materi yang kita pelajari. Ibarat benda, cara-cara belajar tersebut udah kayak tali yang menambah ikatan terhadap ilmu agar tidak mudah lepas dari otak. Makanya gue nyatet, biar catatan tersebut bisa jadi referensi dalam bekerja.
Idealnya, proses briefing dilalui tidak hanya dengan mendengar, berbicara (aktif nanya/merespon klien), atau mencatat dalam bentuk tulisan doang, tapi juga merekam jalannya proses diskusi agar dapat menjadi bukti otentik suatu pertemuan. Jadi tu rekaman audio yang nantinya diterjemahkan ke dalam bentuk transkrip bisa menjadi referensi objektif dari suatu pertemuan rapat. Jaman gue jadi AE, gue malah ampe ngerekam video. Jadi dari acara briefing, gue punya 3 bukti rapat, yaitu draft catatan, foto, dan video.
Pertanyaannya emangnya gak cukup dengan BAP? BAP itu adalah tahap selanjutnya setelah proses pencatatan kasar. Dengan kata lain BAP dibuat dari proses ricek, pengolahan, dan seleksi informasi dari referensi-referensi tersebut. Dari BAP, AE bisa bikin client brief, dan BAP-nya sendiri pun bisa disampaikan langsung ke internal sebagai sumber informasi meeting bagi tim.
Ya pasti beda lah antara BAP yang dibuat spontan dengan BAP yang dibuat berdasarkan sumber-sumber otentik itu. Apalagi interpretasi kita dalam menerjemahkan proses diskusi ke bentuk BAP sangat berpotensi menciptakan informasi yang subjektif, karena kita nulis dengan pemahaman kita sendiri. Maka dari itu back up data berupa catatan kasar dan transkrip audio menjadi sangat penting dalam mendukung validitas informasi yang kita tulis. Kan data-data tersebut bisa dijadikan pegangan juga untuk proses konfirmasi informasi dengan klien.
Waktu gue jadi AE, Stratplan gue juga ikutan nyatet poin-poin rapat berdasarkan pemahaman dia. Setelah proses rapat dilakukan, barulah kita berdua mencocokan poin-poin diskusi agar ada sinkronisasi data. Dan sebagai tambahan, idealnya informasi yang dicatat oleh si AE ini harus lebih lengkap dari sekedar catatan kasar si Stratplan, karena bisa dibilang dia ini sumber informasi kedua setelah klien, jadi tim internal sangat bergantung ama doi.
Nah disitulah poinnya dari kegiatan mencatat. Jangan ketika gue sebagai Stratplan lagi nyatet informasi dari proses diskusi, si AE malah leha-leha ngegabut aja. Dan kurang ajarnya, dia malah nyuruh gue untuk ngerjain pekerjaan yang seharusnya dia lakukan dari tadi. Etika dia di mana? Ya setelah itu langsung gue tegor aja.
Gue bukan orang yang menganut paham senioritas. In fact, gue gak suka banget sama hal tersebut. Tapi kita sebagai junior juga jangan mengenyampingkan yang namanya etika. Masih jadi karyawan baru aja udah sok bossy, padahal kerjaan yang dia suruh adalah tanggung jawab dia.
Tapi yaudahlah, setelah itu gue masih berusaha sabar dan menyesuaikan diri dalam menuntun dia. Gue negor dia dalam konteks profesionalitas kerja, bukan personal, yah walaupun kadang sikapnya suka bikin gregetan sih hehe.
Yah intinya, etos kerja yang baik itu perlu dipelihara. Gue melihara etos kerja gue bukan untuk pencitraan, karena bahkan dari jaman sekolah dan kuliah pun gue paling males caper-caperan dengan guru atau dosen. Orang-orang mungkin bisa bilang kalo gue cuman berusaha mengalir berjalan di trek yang seharusnya gue jalanin. Dengan kata lain ya emang esensi dari seorang pekerja ya kayak gitu, yaitu bekerja dengan baik.
Sekali lagi, gue bukannya kayak yang sok pengen jadi karyawan teladan, karena persetan lah dengan itu, gue juga bisa bete kalo dikasih pekerjaan yang gak manusiawi, contohnya kayak netein bayi gorila. Maksud gue di atas saat ngegambarin budaya kerja gue tuh bukan kayak yang terkesan sok pamer, tapi lebih pengen memperlihatkan kontradiksi dengan subjek yang gue bahas di sini.
Yang gue lakukan itu sama sekali gak istimewa, karena pastinya kalian akan ngelakukan hal yang sama di perusahaannya masing-masing. Gue yakin saat kalian berposisi sebagai karyawan baru, kalian pasti juga punya rasa segan yang menuntut diri masing-masing untuk kerja serius. Maksudnya kan gak enak juga kalo kita baru masuk tau-tau udah udah bikin kesalahan, udah kena tegor, udah kena peringatan. Ya kita sebagai orang baru yang masih fresh harusnya bisa lebih semangat dong dalam bekerja.
Inti curhatan di tulisan ini adalah gue gondok aja ngeliat orang baru yang bukannya antusias dalam ngebuktiin alesan kenapa dia pantes diterima di perusahaan ini, tapi malah memperlihatkan attitude dan work ethic yang di bawah standar. Sekarang gini, misal pas jaman kuliah/sekolah dalam suatu perihal tugas kelompok, ada salah satu anggota yang songong dan nyantai maksimal, kita sebagai rekan kesel gak? Ya apalagi dalam dunia profesional kan? Kebayang kalo misalnya sikap gue sebagai karyawan baru kayak gitu, masuk ke perusahaan baru, belon ada sebulan, terus di kantor gue udah semena-mena. Bayangin kalo gue baru-baru udah ngomong kalimat "Heh, tuh, tuh, kerjain" ke senior. Mending kalo gue cuman ditegor, mungkin gue bakalan didamprat atau diteken abis-abisan kali.
Ya jadi gitu ajalah curhatan kali ini. Sebenernya yang namanya unek-unek itu banyak baaangeet, cuman ya... untuk kali ini, cukup sampai di sini hehe.
Eh, btw mampir doong ke blog gue yang baru, yaitu "Dear Diare". Ni blog isinya komedi satir bergaya personal literature. Ni linknya di mari. Yang punya blog, boleh loh difollow hehe, tar gue follow balik deeh haha.
Halo, Bang Idham. Ya ampun udah lama banget aku nggak mampir ke sini, eh sekalinya mampir langsung dibikin ngakak. Btw, selamat ya untuk pekerjaan barunya, turut bahagia.��
ReplyDelete