Thursday, June 28, 2012

Menjadi Aktor


Semester 4 ini ada yang beda. Ada yang gak biasa, di luar kebiasaan. Orang-orang memandang gue berbeda. Oh, ternyata noda mencret gue nembus ampe celana. Enggak deng, bukan itu yang beda, itu mah emang udah sehari-hari gue kayak begitu. Hal yang berbeda di sini berkaitan dengan kehidupan kuliah gue. Dulu yang biasanya gue kuliah-pulang-kuliah-pulang, sekarang lebih ada kegiatan. Mungkin temen-temen yang baca postingan sebelumnya udah tau kalo gue pernah ikut syuting. Iya, syuting. Syuting, sodara-sodara. S-Y-U-T-I-N-G. Gue ikut syuting, jadi pemeran utama. Nah, silakan muntah, sodara-sodara. Gimana bisa? Iyah...gimana bisa ya...mahasiswa kayak gue yang kemampuan aktingnya hanya setingkat batu kerikil yang mentok-mentok cuman bisa akting tenggelem di kubangan bisa terlibat dalam proses syuting.

Cerita berawal saat sepulang kuliah. Di saat gue yang sedang berada di atas langkah menuju kost, Chandra  memanggil gue. Sesaat gue langsung mau kabur karena menyangka dia udah tau kalo gue yang make kolor dia buat maen ketapel. Niat buat kabur tertahan oleh tangannya yang sudah menjamah bahu gue (gue bahasanya apa banget, sih). Dia ngomong cas-ces-cos, sejenak gue pikir dia keselek simbal. Ternyata dia cuman mau minta tolong ke gue. Gue lega. Gue sangka dia mau ngomongin masalah kolor. Taunya gue diminta tolong buat bantuin film dia dengan gue yang menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Gue masih biasa, stay cool... Gue masih nganggep dia bercanda, sama seperti lelucon gue yang bilang ke temen gue kalo cilok yang di depan kampus terbuat dari bisul kadal. Tapi ini ternyata berbeda ama lelucon gue yang goblok tadi. Dia bener-bener serius. Jadi dia ada project film gitu yang katanya pengen dilombain ke festival film kampus gitu. Cerita filmnya tentang kehidupan mahasiswa anti sosial yang gak punya temen dan kerjaannya cuman kuliah-pulang-kuliah-pulang. Kata dia gue cocok banget meranin tokoh utamanya, soalnya cerita ini emang diambil langsung dari cerita kehidupan gue. Hee...jadi di mata orang gue keliatan kayak an-sos...weleh... Bahkan judul filmnya aja “Kupu-Kupu” atau “Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang”. Walaupun ngerasa lucu karena ternyata kehidupan gue sendiri ‘bahkan’ bisa dijadiin sebagai bahan cerita, gue maen ngeiyain begitu aja, padahal gue gak punya pengalaman apa-apa soal akting. Sebenernya sih dulu gue pernah bikin project film juga buat tugas sekolah. Di situ gue ambil peran juga, dan jangan ditanya gimana akting gue saat itu. Tiap 5 detik gue ketawa. Serius. Entah kenapa, gue juga bingung. Tiap gue meranin tokoh dan akting gue disorot kamera, gue pasti selalu pengen ketawa. Tiba-tiba saat gue lagi berusaha fokus ama skenario, ada aja yang ngeganggu konsentrasi gue. Misalnya pas lagi akting, tiba-tiba pikiran gue keisi ama bayangan guru gue yang lagi nari tor-tor sambil make bh di pala. Gue gak pernah bisa serius. Gue udah menjelaskan panjang lebar mengenai ketidakmampuan gue dalam berak...ting, tapi dia malah meyakinkan gue kalo nanti krunya bakal ngarahin akting gue. Lagian katanya gue ntar malah kayak kagak akting, soalnya gue cuman meranin ‘diri’ gue sendiri. Dia meyakinkan gue dengan sorot mata tajam yang menatap langsung ke mata gue sambil kedua tangannya memegang erat tangan gue. Saat itu gue berasa lagi dilamar.

Keputusan pun udah diambil, gue bersedia ngebantuin dia. Selain karena alesan ngebantuin temen sendiri, gue juga berpikir untuk nyari-nyari pengalaman di luar kegiatan kuliah. Beberapa hari setelah itu, secara gak sengaja gue ketemu si Chandra beserta sebagian kru filmnya di ATM center. Gue dikenalin ama mereka atu-atu. Si Chandra juga kebetulan mau ngasih script film ke gue. Gue disuruh pelajarin bagian gue, nanti jadwal syutingnya dikabarin lagi. Saat gue nerima scriptnya, gue langsung ngomong dalem ati, “Jadi dia serius...”. Monolog dalem hati tersebut untungnya gak tergambar oleh ekspresi muka gue, karena emang mau apa pun keadaan gue, muka gue gambarannya cuman kayak begini-begini aja. Mau itu gue lagi kesel, sedih, atau boker, muka gue mentoknya emang kayak begini. Dengan muka pede gue berusaha meyakinkan sutradara gue kalo gue siap, padahal dalem ati gue udah kayak banci yang ogah-ogahan disunat.

Sehari sebelum mulai syuting, gue dijemput ama Chandra buat ngumpul-ngumpul bareng kru film. Ceritanya sih gue pendalaman karakter dulu. Kita berdua pergi ke sebuah apartemen deket kampus. Baru masuk gue udah deg-degan. Di situ ada Faisal, Athifah, Hagia, Rony, Akbar, ama Wisnu. Gue mulai mengkhayal yang enggak-enggak. Gue ngebayangin kalo gue bakal dirantai dan dicambuk buat ngapalin script. Si Chandra langsung nyuruh gue kenalan ama mereka, bersamaan dengan itu gue langsung ngebuang jauh-jauh khayalan gue yang rada mirip adegan film bokep. Sebenernya sih sebagian dari mereka gue udah kenal, salah satunya si Akbar yang merupakan temen gue sekelas gue dulu pas tingkat pertama. Menurut cerita, gue bakalan beradu akting dengan Hagia ama Akbar. Gue ceritanya jadi an-sos yang punya adek, yaitu Hagia yang berusaha nyariin temen buat gue. Sedangkan si Akbar akan memerankan tokoh yang merupakan temen kampus gue. Di cerita tersebut, Akbar dimintain tolong ama Hagia buat jadi temen gue yang an-sos ini. Eee...mang segitu ngenes ya kehidupan asli gue...ampe temen aja musti dicariin... Di situ gue latian peran sambil diarahin ama scriptwriter dan astradanya, Athifah ama Faisal. Gue latian akting dari mulai scene gue ketemu Akbar, marah-marah ama Hagia, ampe gue dipecut ama majikan gue (enggak deng, ni kagak ada di script...). Dan bener aja, tiap gue latian, gue selalu kaku. Rasanya tuh jantung gue berdegup kencang, napas gue jadi cepat, dan dada gue terasa panas (ni gue lagi latian akting apa lagi bergairah?). Apalagi yang pas latian dialog ama Hagia, entah kenapa dia tiap ngeliat muka gue jadi ketawa. Gue orang yang gampang terpengaruh dengan orang yang lagi ketawa. Jadi pas dia ketawa, gue juga ikut ketawa. Terus orang-orang gara-gara ngeliat kita ketawa, mereka jadi ikutan ketawa. Saat itu kita menggila massal.

Pertemuan pada malam itu diakhiri dengan rembetan gelak tawa orang-orang. Besok paginya kita langsung syuting scene gue di kost Akbar. Ini merupakan hari pertama syuting. Di hari pertama ini gue ngerasa canggung. Rada kagak biasa aja. Kita syuting adegan gue bangun tidur, beres-beres, ampe berangkat kuliah. Gue disuruh tiduran, ngulet-ngulet, bangun, terus beranjak ke kamar mandi. Untuk adegan kayak begitu aja gue ngerasa kaku. Kayaknya untuk adegan bangun tidur terus pergi ke kamar mandi, aktingnya tuh bener-bener harus pas banget, ampe harus diarahin ama sutradara. Padahal di keseharian gue, dari bangun tidur terus pergi ke kamar mandi gue cuman ngegelinding dari kasur. Untuk scene yang ‘hanya’ bolak-balik dari kasur ampe kamar mandi, gue membutuhkan waktu yang lama. Ini membuktikan betapa bodohnya gue dalam mendalami peran.

Ada beberapa scene yang merepotkan dalam film ini, salah satunya adalah ketika gue musti akting di kampus. Gila men, akting dengan diliatin orang banyak kayak begitu bener-bener bikin gue grogi. Mane temen-temen gue pada ngeceng-cengin lagi. Kayaknya rada aneh aja gitu buat akting di depan keramaian. Gue orangnya rada kagak pede-an sih, rada pemalu-pemalu unyu gituu. Scene lain yang rada ngerepotin adalah adegan pas gue ngomong ama Hagia. Ni juga sama ngegrogiinnya ama yang akting di depan orang banyak. Gue rada kagak biasa aja ngomong ama cewek. Melihat gue yang kayak gitu, pantesan aja kehidupan gue kagak ada variasinya, cowok mulu isinya. Gue paling kagak bisa kalo disuruh akting ngomong sambil eye contact gitu ama cewek, bawaannya pengen ketawa mulu (dan dia juga selalu pengen ketawa kalo ngeliat muka gue, emang rada kayak badut sulap si muka gue). Di realitanya gue juga kayak gitu, susah bener ngomong sambil eye contact ama cewek. Waktu itu gue pernah nyoba eye contact ama cewek. Selama 10 menit gue pelototin terus tu mata cewek, eh gue ditabok suaminya. Scene yang gue ngobrol ama Akbar di toilet kampus juga rada-rada susah bagi gue. Masalahnya sama : ketawa.  Tiap ngambil gambar, gue selalu geli pengen ketawa. Temen-temen gue aja pada bingung ngeliatin gue ketawa sendiri. Giliran di kampus, gue selalu dianggap jutek, karena setiap ada lelucon di kelas, gue selalu diem kagak ngikut ketawa bareng temen, tapi giliran kayak begini, gue malah kayak orang gila yang keabisan obat. Gue juga bingung, sumpah. Rasanya tuh tiap nyoba akting, kayak ada yang masukin kadal ke sempak gue, geli gitu gak tahan pengen ketawa. Scene yang di toilet kampus itu emang rada lucu, pasalnya kru film yang cewek kayak Adista ama Lukluk ampe harus ikut masuk ke toilet cowok. Mereka parno gitu pas ada orang laen pengen masuk toilet, apalagi pas satpam mergokin aktivitas syuting kita. Abis gimana, kalo tempatnya di toilet cewek, gue adegan ngobrol sambil pipisnya di mana, pan kagak ada pispot. Gue sih sebenernya ayo aja kalo lokasinya mau diganti jadi toilet cewek, palingan ntar gue pipisnya di wasftafel. Gue jadi inget pas ujian mandiri UNPAD dulu, waktu gue salah masuk toilet. Iya, waktu itu gue gak nyadar kalo toilet yang gue masukin itu toilet cewek sampe ada cewek yang berpapasan dengan gue terus bilang, “Ini kan toilet cewek...”. Saat itu untuk mencairkan suasana, gue masang muka ilang ingatan sambil ngejawab, “Ini di mana...saya siapa...salat Jumat hari apa...”. Balik lagi ke syuting, iya jadi scene yang di toilet gitu rada sulit bagi gue. Tapi meskipun begitu, gue masih berusaha mengkhayati akting gue, apalagi yang pas gue ngobrol ama Akbar sambil pipis. Dengan badan gemeter dan lidah melet-melet, ekspresi gue bener-bener mirip orang yang lagi pipis...atau lagi klimaks? Satu lagi yang paling bikin ribet gue adalah scene di mana gue harus ngamuk. Di sini diceritain bahwa gue akan menjadi ‘psycho’. Gue dituntut untuk bisa ngamuk sendiri, terus marah-marah di depan Hagia, terus abis itu ketawa, abis itu marah lagi, abis itu jatoh. Untuk mendalami karakter, gue musti latian dulu di kost. Gue latian marah, terus ketawa, terus marah lagi, terus ketawa lagi. Si Irsyad yang ngedenger dari kamar sebelah mungkin nyangka gue lagi kalap. Gue tiap hari latian kayak gitu terus ampe rahang gue kram.

Ya namanya proses syuting enggak selalu berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kita. Bagi gue pribadi sih masalah ada di gue sendiri. Selain masalah akting, karena prosesnya memakan waktu cukup lama, bentuk gue secara fisik jadi gak kontinu kesamaannya. Maksudnya bentuk fisik gue kagak sama, bukannya pas awal syuting idung gue normal terus pas akhir idung gue jadi berlobang tiga. Jadi seiring dengan berjalannya waktu, rambut dan kumis gue tumbuh gak terkendali dan itu membuat gambarnya jadi kagak kontinu. Gak hanya itu, kan kita jadwal syuting per-scenenya kagak ngurut, dan ternyata scene yang kagak ngurut itu gambarnya ada yang ganjil. Entah itu karena outfitnya yang kagak sama atau karena perubahan fisik gue. Jadi mau gak mau, kita musti syuting ulang buat dapet kontinuitasnya. Ya untungnya sih bisa diselesein sebelum tenggat waktu. Cuman satu sebenernya yang masih jadi masalah, yaitu masalah editingnya. Gue udah minta ke si Dista masalah editing tersebut, tapi dia gak bisa menyanggupinya. Ternyata idung gue tetep gak bisa diedit biar jadi rada kecilan dikit.

Kita syuting terus, terus, dan terus...pokoknya intensif deh, tapi tetep meratiin jadwal pribadi kita juga, dan alhamdulillah, sekarang syutingnya udah kelar setelah hampir 2 bulan gue mempermalukan diri di depan kamera. Iya malu, di film, gue macem pembokat maksa akting gitu. Yang lebih bikin malu lagi, trailernya diputer di kampus dengan idung gue yang menjadi highlight. Gak cuman temen-temen gue yang ngetawain, tapi keluarga gue juga ikut geli ngeliatnya. Ni padahal pelem drama tapi kenapa orang-orang malah kayak ngeliat pelem komedi? Bahkan ada yang ngira ini pelem horror. Mungkin gara-gara ngeliat adegan gue yang jadi psycho kali ya...atau mungkin emang karena muka gue kayak setan... Selain malunya, ada juga positifnya sih kayak gue jadi dapet pengalaman baru ama temen baru. Gue sempet kepikiran buat ikutan terlibat dalam film lagi. Mungkin laen kali gue bisa jadi stuntman buat adegan mahasiswa diperkosa jerapah.

2 comments:

  1. wkwkwk... eh mau link filmnya dong dong :D

    ReplyDelete
  2. seriusan mau nonton filmnya? aktornya laknat gitu hehee

    btw filmnya masih dalam tahap editing si hehe

    ReplyDelete