Tuesday, June 19, 2012

Tugas Laknat...Nat...Nat.................


Di semester ini gue dapet mata kuliah komunikasi grafis. Jadi di kuliah ini kita belajar menyampaikan pesan melalui media grafis kayak poster, majalah, dll. Gue lega. Gue pikir di kelas kita bakal saling berkomunikasi make spanduk. Gue belajar banyak, dari mulai memahami efektivitas logo dalam mengidentifikasi suatu produk, tata letak poster, ampe bikin majalah. Di sini gue belajar kalo Corel Draw itu dipake buat bikin logo dan Winamp gak bisa dipake buat ngedit poto. Gue juga belajar kalo kita gak bisa nempelin poster dilarang buang aer di toilet, dan kurang tepat kalo kita nempatin tanda dilarang buang pembalut di toilet cowok. Well, kejadian kayak gini emang nyata, liat aja kelakuan kampus gue.

Gue nemu kayak beginian di toilet cowok


Banyak ilmu yang gue dapet, walaupun ujung-ujungnya gue cuman bisa bikin kartu nama buat sapi kurban. Ya kan, dari pada ditatoin kasian, mending dikasih kartu nama, terus tempelin pake peniti di jidatnya. Ngomongin kartu nama, untuk semester ini gue dapet tugas akhir dari dosen pengganti. Kenapa dosen pengganti? Jadi ceritanya dosen beneran gue ijin gak ngajar karena ada acara di Jerman. Beberapa hari sempat terasa damai, sampe akhirnya si dosen pengganti masuk ke kelas gue di pertemuan terakhir, fuk. Yang lebih ngeselin lagi, dia dateng telat, jadi kita harus nunggu di luar kelas sekitar setengah jam. Yang laen sih enak ada timbrungan, lah gue kan gak punya temen, jadi gue cuman bisa jongkok mojok di pojokan sendirian sambil ngisengin semut. Semut lagi jalan gue tiup-tiupin make idung, eh taunya semutnya mati gara-gara ketimpa upil gue. Gue sempet bete, setelah memakamkan semut yang mati gara-gara upil gue, gue beranjak ke ATM, sepik ngambil duit,  jadi orang yang di ATM duitnya gue ambilin. Baru bentaran di sana, gue bbm si Faisal, nanya ada dosen apa kagak. Beberapa menit nunggu balesan, dia ngebales, ngasih tau kalo si dosen malah masuk, sialan. Pas baru nyampe kelas, si dosen taunya langsung bikin ulah, dia ngasih tugas individu yang diitung sebagai  tugas akhir yang musti dikumpulin pas UAS. Kita disuruh bikin logo, desain kartu nama, amplop, letter head, dan map yang disertakan dengan alternatif-alternatifnya. Kelas laen yang diajar dia juga dapet tugas kayak beginian, tapi estimasi waktunya sekitar hampir dua bulanan, sedangkan gue hanya dua minggu karena dikasihnya juga pas pertemuan terakhir... Padahal kelas laen yang dapet dosen pengganti dia juga kagak dapet tugas kayak gini. Dosennya malah bilang ke salah satu temen gue kalo dia gak punya wewenang buat ngasih tugas ke kelas yang bukan diajar ama dia...lha kelas gue? Sempaks... Yaudah gue bawa enjoy aja. Gue kerjain dengan penuh kesabaran dan sebenernya gue cukup menikmati juga. Jadi walaupun si dosen udah merenggut kebahagiaan minggu tenang gue, gue masih berusaha untuk sabar, ikhlas, senyum sambil gedor-gedor tembok.

Untuk tugas (laknat), gue berencana bikin logo restoran cepat saji gitu. Konsepnya sih sederhana, gue pengen bikin pala iblis berwarna merah yang ngegambarin cita rasa pedas dari restoran khayalan gue. Alhasil gue bikin logonya sambil ngacain muka gue biar lebih dapet ngegambarin muka iblisnya. Logonya gue bikin simpel, biar mudah diingat dan dikenali orang banyak. Niat pengen bikin muka iblis yang sangar, eh jatohnya malah kayak hasil kawin silang pacman ama bakpao. Bodo lah, yang penting simpel, karena gue emang ngejar kesimpelannya itu biar sesuai denga tuntunan dalam membuat logo, lebih simpel, lebih baik. Setelah logo, secara bertubi-tubi gue kerjain desain kartu nama, amplop, letter head, ama map dengan alternatif-alternatifnya. Nah yang rada ribet adalah nyetaknya, gue kagak tau ukuran ama bahan cetaknya. Untung temen gue mau bantuin, jadi gue bisa nitip print gitu hehe. Tapi dia nawarin bantuan kagak gratis, gue diminta bantuin tugasnya. Yowis, toh dia juga udah bantu gue kan. Gue pikir dia udah nyampe mana tugasnya, eh taunya belom sama sekali...dan dia ngerjain pas sehari sebelum deadline...oh sit men... Karena gue aja kagak ngarti apa yang gue kerjain buat tugas gue, jadi gue bantu seadanya juga. Semaleman gue nemenin dia bikinin tugas di kamar gue. Agak ngeri emang kalo cowok berduaan di atas kasur malem-malem dalem kamar...aiiisssh. Untuk menghindari ketengangan (ke'tegang'an...ambigu banget...), gue bantuinnya sambil jalan-jalan di luar kamar. Jadi dia ngerjain tugas di dalem kamar gue, terus gue ngarahin dia dari warteg. Akhirnya beberapa jam kemudian, tugas dia selese juga dan gue tinggal ngasih tugas gue ke dia biar ntar dia print-in.

Abis dia pulang, gue iseng ngedit-ngedit tugas gue dengan nambahin beberapa alternatif lagi. Tapi ternyata keisengan gue malah menambah perkara buat gue. Gue udeh ngerjain banyak alternatif, eh taunya kagak ke-save...asuuuuu.... Masalah belom berenti sampe di situ, pas tugasnya pengen gue ubah formatnya ke pdf, taunya Corelnya not responding, terus akhirnya datanya kagak kesimpen lagi. Gue coba ulang ampe gue restart laptop gue biar kagak lemot, tapi tetep aja kagak bisa...ffffuuuuuuuuuuuu... Sumpah gue kesel banget ampe nendang-nendang tembok kamar. Gara-gara nendang tembok, gue malah tambah gak bisa mikir gara-gara gue nendangnya make dengkul (berarti otak gue di dengkul?). Setelah sempet gegar otak, akhirnya tu tugas bisa juga gue ubah formatnya ke pdf dengan meminimalisasi kapasitas file gue.Ternyata ukuran file gue rada kegedean gara-gara gue make font donlotan...heu... Dan akhirnya (lagi-lagi) gue menutup hari dengan tidur larut malem...setengah 3... padahal besoknya ada UAS...sit men...............

Besoknya tu tugas gue kumpulin, gue ngerasa lega banget, akhirnya selese juga perjuangan gue.... Terus dalam perjalanan pulang ke kost, gue mikir...kayak ada yang ganjil...apaan ya? Gue mikir...merenungkan tugas gue... Nyampe kost gue masih mikir...ampe gue kaget setelah ngeliat soft copynya...ah......sial.........jadi gue ngirim tugas ke dosen kayak begini......................................................................................................................


....
....
....
diliat lagi...






3 comments:

  1. ahaha,, keren kok,, gue doain lu beneran jadi kayak yang lu tulis :D

    ReplyDelete
  2. jadi manajer office boy maksudnya? hahah

    haduh...jangan sampe deh...nilai sisir...huhu

    ReplyDelete