Wednesday, March 16, 2011

SENTIMENTAL TEACHER

Setiap murid pasti menginginkan sosok guru yang baik, pengertian, dan tidak berlubang pada punggungnya. Tapi gak sesuai dengan harapan, mimpi, dan cita-cita bangsa Indonesia yang tersurat di pembukaan UUD 1945; gue malah dapet guru yang super stresss.

Gue jadi inget kata-kata ibu gue...
”Dham! jangan gantungin kolor di atas kipas angin!”

Enggak, ding...bukan nyang itu, yang bener tuh, ”Orang yang baik tuh pasti akan dapet jodoh yang baik pula.”

Mirip dengan gue yang orang gila dapet guru kesenian yang gila pula.
Jadi waktu smp, gue pernah dapet guru kesenian yang kata kakak kelas gue tuh rada-rada, ehm...gila. Gue sih dengernya masih biasa aja. Entah kenapa kata "gila" terdengar sangat biasa bagi gue. Orang ngatain gue gila, biasa. Orang ngatain gue sarap, biasa. Orang ngatain gue ganteng, emak gue emosi. Namanya Ibu Hartini. Biar dibilang nyimak, gue mencoba untuk kaget seolah-olah gue mendengar berita ibu-ibu melahirkan kadal. Katanya sih doi bisa jadi kayak gitu gara-gara salah satu anaknya pernah ada yang meninggal. Gue gatau persisnya kayak apa, pokoknya anaknya meninggal. Kasian. Beban psikologis kali ya. Gue juga gitu, waktu kucing gue mati, gue jadi ogah-ogahan gitu jalanin idup. Dari yang biasanya gue makan tiga kali sehari, jadi makan sehari tiga kali. Gue sangat merasa bersalah. Gak lagi deh gue minumin baygon ke kucing gue.

Rasa iba gue berubah 180°c (yang bener tuh 180°, Dham) menjadi rasa kesal. Jadi gini, doi punya kebiasaan ngasih soal ulangan di kelas. Judulnya sih kisi-kisi, padahal kita emang dikasih soal yang bakal keluar pas ulangan. Enak ya? Emang enak. Waktu dia lagi ngasih soal yang didikte buat ulangan, gue melakukan suatu kebodohan.

”Soal berikutnya...tarian apa yang berasal dari Aceh?”, kata dia sambil megang kertas soalnya.
Enggak tau gue lagi kesambet atau kesambit, gue langsung nyeletuk, ”GAM...”(Gerakan Aceh Merdeka)

Temen sebelah gue yang namanya Rizal langsung ngakak dengan mulut kebuka lebar ngedenger gue nyeletuk. Lebar banget sampe kepala gue kesedot. Sambil nunjuk2 gue, dia bilang, ”GAM!? wakakakakakak…hakhakhakhak…hoekhoekhoek…”

Si guru itu nyadar kalo salah satu muridnya ada yang lagi bercandain dia.
”Siapa yang bilang GAM!! Siapaaa!!!”, bentak dia dengan mata melotot udah kayak ikan mau mati gara-gara ngeliat gw telanjang.

Rizal yang emang gak punya rasa setia kawin, eh, setia kawan pun langsung bilang, ”Idham Bu! Idham!”
”Ooh...jadi kamu ya!! Kamu itu! berani melecehkan Ibu!”, bentak dia.

Dia ngomel sambil marah-marah (apa bedanya coba). Abis itu gue dihukum suruh jawab beberapa pertanyaan dari dia. Gue kira gue udah aman pas abis ngejawab betul semua pertanyaan dia. Tapi ternyata langit berkata tidak dan tukul berkata kembali ke laptop. Setelah gue menjawab betul semua pertanyaan dari dia, dia pun ngasih pertanyaan ke temen gue yang laen dan temen gue juga bisa ngejawab pertanyaan tersebut.

Terus kata dia, ”Ternyata! barisan belakang tuh ada juga yang pinter ya! nggak kayak dia (gue) tuh! yang duduk paling belakang!”

Ini dalem banget. Gue berasa jatoh ke jurang dengan efek suara jatoh, "Duaaaaakkk!!!!". Sayangnya gue hanya pernah jatoh di jamban dan suara jatohnya, "cemplung". Si Rizal cuman bisa mengais minta maaf ke gue. Satu-satunya komentar yang keluar dari mulut gue adalah...kampret. Emang sih gue yang salah, hehe...

Tapi bukan itu sisi gila mau gue ceritain. Jadi gue punya temen, namanya Kemal(uan). Kejadiannya waktu kelas 3, saat itu dia lagi dihajar, eh, diajar ama Bu Hartini. Sebuah pemandangan yang biasa terlihat di waktu kita lagi ngerasa jenuh ama tu guru yang lagi ngajar, biasanya kita iseng-iseng nyari kerjaan untuk sekedar ngalihin perhatian. Kayak gue misalnya, waktu guru lagi ngajar, gue iseng-iseng maen petasan. Gue dihukum disuruh makan rumput. Hal yang sama dilakukan ama si Kemal(uan)dengan temen-temennya pas si guru lagi ngajar. Lagi bercandaan gitu, terus tiba-tiba dengan segenap kemampuan sambil nahan kentut, si Kemal(uan) ngatain gila ke temennya yang lagi ngecengin dia. Eh, tu guru malah merasa dikatain gila ama si Kemal(uan). Si Ibu pun marah besar sebesar idung gw. What the...

Si Kemal(uan) diomelin, dibentak! ditelanjangin! dimandiin! (tunggu-tunggu...kayaknya gue ketuker antara cerita temen gue diomelin ama cerita orang gila deket rumah gue). Beda ama gue yang dihukum suruh jawab pertanyaan dari dia, si Kemal(uan) cuman disuruh nyanyi. Pikir gue enak banget kalo tiap gw ngatain gila ke guru, gw cuman disuruh karaokean. Nggak ada angin nggak ada kentut, Bu Hartini langsung nangis di pintu kelas sambil meluk-meluk tu pintu. Gue gak tau ni guru emang lagi nangis beneran apa cuman lagi masturbasi. Terus dia bilang, ”Kenapa!? kenapa!? padahal kamu tuh suaranya bagus! tapi kenapa kamu ngatain Ibu gila!! hu..hu..”, teriak dia sambil nangis.

Hening.

Sekelas diem gak bisa berkata apa-apa lagi. Layaknya tikus makan sabun, tangisan Bu Hartini ternyata bisa membisukan murid-murid sekelas (ngerti gak? gue juga gak ngarti apa hubungannya tikus makan sabun ama guru mewek).

Tu guru emang tempramen kayaknya. Masa dia marah pas kepalanya gw gebok pake bata merah...tempramen kan?

0 comments:

Post a Comment