Tuesday, January 3, 2012

Resolusi 2012

2012! Tahun ini memberikan bayak arti buat gue. Kedatangan 2012 menjawab kekhawatiran kita terkait isu kiamat. Mereka yang percaya mungkin dari jauh-jauh hari udah berkemas, mengepak barang, bersiap pergi ke sistem galaksi lain. Gue sendiri gak percaya. Gue cuman percaya kalo hari akhir itu emang beneran dateng. Soal kapan datengnya bukan urusan gue. Yang menjadi urusan gue adalah bagaimana gue menyiapkan diri gue hari demi harinya untuk menghadapi hari tersebut.

2012 memberikan rasa haru buat gue. 31 Desember 2011 pukul 23.59 kayak menjadi pintu penghubung antara masa lalu dan masa depan. Rasanya cepet banget. Kayaknya baru kemaren gue sikat gigi make clean and clear (ini bener). Saat memasuki 2012, gue ngerasa kayak masuk ke dunia lain, dunia yang berbeda dari 2011. Gue jadi teringat masa lalu gue. Banyak banget kesalahan yang udah gue perbuat. Mungkin kata-kata gue nyinggung perasaan orang lah, mungkin kaki gue nyenggol pala orang lah. Untuk itu gue pengen ngebuat suatu resolusi buat 2012. Ini daftarnya :

1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Gue punya kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Gue bukannya pengidap asperger syndrom, gue cuman bukan orang yang asik diajak ngobrol. Tiap diajak ngobrol selalu gak nyambung. Temen gue curhat panjang lebar tentang pacarnya yang mau miara anjing, gue malah nanggepin, “jadi udah berapa lama lo pacaran ama anjing?”.

Kemampuan komunikasi gue emang kurang, padahal gue kuliah komunikasi. Semua hal yang gue pelajarin di kampus gak pernah bisa gue aplikasiin di masyarakat. Ama temen aja gue suka susah buat ngebuka topik obrolan. Misalnya waktu gue lagi berdua ama temen cewek gue. 5 menit, masih diem. 10 menit, gue mencoba berpikir topik apa yang pas untuk diobrolin. Bola? Biasanya cewek kurang suka bola. Wayang? Yang gue tau, cewek lebih suka nonton Baim Wong daripada Cepot. Gue mikir tentang sesuatu yang khas dengan cewek. Hobi...kesukaan...busana...fashion! Cewek suka fashion! Gue mulai membuka pembicaraan, “ih masa kemaren gue liat celana dalem keren banget lho, gak ada sudutnya gitu”. Dia speechless, mulutnya nganga, matanya belo, bisulnya pindah. Gak ada cewek yang suka diajakin diskusi masalah sempak, apalagi yang gak ada sudutnya, gimana makenya? Dengan tingkat komunikasi yang kayak gini, gak heran temen gue cuman dikit. Itulah sebabnya gue masih menyimpan boneka barbie gue. Kasian.

2. Menjadi orang yang lebih terbuka
Banyak komentar kalo gue itu orangnya gak terbuka. Gue emang gak terbuka. Gue gak mau ngumbar-ngumbar rahasia kalo sampe sekarang gue masih suka baca komik sailor moon. Tapi maksudnya gak terbuka di sini adalah gue kurang fleksibel di dalam pergaulan. Gue kaku. Gue akuin itu. Mungkin karena gue pendiem. Temen gue pernah bilang, “diem emang emas, tapi senyum itu berlian lho”. Ini aneh. Padahal di kost gue suka ketawa sendiri. Temen kost gue, Irsyad, ampe takut. Dikirain ada yang kesurupan (ini bener, dia bener-bener nyangka ada yang kesurupan).

Gue diem bukannya apa-apa. Gue beranggapan kalo gue banyak omong takutnya malah ngebawa masalah. Gue takut gue gak bisa ngendaliin kata-kata yang keluar dari mulut gue. Ntar ada yang tersinggung lah apa gimane gitu. Tapi pada kenyataannya gue diem aja udah buat orang tersinggung. Pernah waktu itu gue diomelin bapak-bapak gara-gara gue diem melototoin dia lagi boker.

3. Menjadi ganteng
Sebenernya gue udah ngerasa ganteng, tapi emang ganteng gue gak pada tempatnya. Muka gue emang sembarangan. Padahal dari segi proporsi, komposisi, imunisasi, gue udah bisa dibilang ganteng. Mata 2, kuping 2, idung 1, dapet bonus lagi jerawat ama komedo. Beryukur dong, apalagi kalo diliat dari segi utilitasnya. Idung gue gede, napasnya serauk. Sangat bermanfaat. Tapi gara-gara napas gue boros, orang-orang yang di sebelah gue selalu bengek, malah pernah waktu itu kakek-kakek meninggal gara-gara kelindes angkot (lho?). Untung di Indonesia gak ada undang-undang pernapasan, kalo enggak gue udah dipenjara gara-gara masalah idung.

Gak semua bagian muka gue merugikan orang lain,jidat gue misalnya. Gara-gara jidat, temen-temen jadi suka maen ama gue. Kata mereka jidat gue itu multifungsi. Misalnya pas kamar kost temen gue kekunci dari dalem. Temen gue ngebentrokin jidat gue ke pintu buat ngedobrak. Atau misalnya pas mereka lagi bosen, jidat gue sering dijadiin papan catur. Jidat gue emang luas kayak pelataran kabupaten, tapi sangat bermanfaat, makin bersyukur gue. Gue seneng kalo temen gue seneng. Gue emang baik (atau bego?).



kurang murah senyum apalagi coba gue

0 comments:

Post a Comment