Friday, March 9, 2012

Sepenggal Perjuangan Untuk Secarik Tiket

“De, Laruku mau ke Indonesia!”
“Oh, ya?”, dengan biasa gue tanggapi kabar dari si Abang.

Rumor Laruku atau L’Arc~en~Ciel mau ke Indonesia emang udah berhembus kencang sejak dulu. Ekspansi pasar mereka memang luar biasa, khususnya di Indonesia. Banyak orang yang mengharapkan Laruku untuk menggelar konser di Indonesia. Maklum fan base Laruku di sini memang sangat besar.

Kedatangan Laruku masih gue anggep sebagai gosip belaka yang muncul sebagai akibat dari hebatnya ekspektasi Cielers Indonesia. Gue masih cuek sebelum beberapa hari kemudian, detik.com memberikan gue pencerahan atas keraguan gue. Ternyata bener. Laruku bakal dateng ke Indonesia tanggal 2 Mei 2011. Gue kaget. Mata gue berbinar-binar, hati berbunga-bunga, dan hidung kembang kempis; gue mirip babi keabisan napas.

Gue bakal nonton, bagaimana pun caranya gue musti nonton. Bener-bener acara wajib 2012. Gak lama setelah pemberitahuan resmi konser Laruku, hari penjualan tiketnya udah diumumin aja. Penjualan tiket akan dibuka tanggal 28 Januari 2012, yang berarti pengumuman tersebut beredar hanya beberapa hari setelah kebeneran konser Laruku sudah dikonfirmasi oleh official-nya Laruku. Untung gue udah siap tabungan. Lumayan, recehan yang gue kumpulin dari semester satu seenggaknya udah cukup untuk membayar satu tiket reguler (makasih juga buat emak yang udah bantuin nabung...hehe).

Malemnya gue langsung di-sms ama Adhi buat beli tiket bareng. Tanpa basa-basi gue langsung mengiyakan ajakannya. Gue ama Adhi emang udah jadi fans Laruku dari SMP. Waktu itu kita pernah bikin band yang tiap latian bawain lagu Laruku mulu.  Kebiasaan gue ngulik bassline-nya Tetsu membuat gue jadi suka ama Laruku. Gue dulu (dan sekarang pun) bego banget maen bass-nya. Gue suka ketinggalan mulu. Temen-temen gue udah nyampe outro, gue baru nyampe depan studio.

Balik ke masalah tiket, si Adhi nyamper ke rumah gue sekitar jam setengah sebelas. Untuk efisiensi dan berusaha menekan sebesar mungkin kemacetan di Jakarta, gue nebeng di motornya si Adhi. Cerdas. Enggak ada masalah sama transportasi, satu-satunya masalah adalah kita berdua sama sekali enggak tau tempat yang akan kita tuju. Cerdas... Sekali... Banget... Menurut informasi yang kita dapet, tiket akan dijual di Raja Karcis, tepatnya di Manggarai dan kerennya lagi kita gak tau Manggarai itu sebelah mana. Percuma kalo masalah jalan ngandelin gue yang ke Taman Mini aja nyasar. Ini bener-bener masalah. Kayaknya hanya gue yang berpikiran pesimis, karena Adhi sangat yakin kita akan berhasil mencapai tempat tujuan dengan GPS-nya. Cuman berhubung yang bawa motor Adhi, jadi gue yang disuruh ngasih tau arahnya lewat GPS dia yang gue pegang. Sayangnya tangan gue terlalu kampung untuk megang GPS. Kayaknya evolusi otak gue berjalan ke arah yang berlawanan dengan perkembangan teknologi jaman sekarang. Di saat orang sedang sibuk mikir bagaimana manusia bisa hidup di planet Mars, gue malah sibuk mikir bagaimana manusia bisa hidup di matahari. Menyadari kebegoan gue dalam membaca GPS, Adhi langsung minta tukeran nyopir. Nyatanya kita masih tetep nyasar. Gak sabar pengen nyampe, si Adhi langsung nelpon orang Raja Karcisnya. Kita emang was-was banget takut telat nyampenya, soalnya tiket premiumnya aja udah abis sejak jam dua pagi. Weew...

Seseorang di seberang telepon sana ngejelasin lokasinya ke Adhi. Ternyata tempatnya udah kita lewatin, yaitu di depan Pasaraya. Kita serasa dapet pencerahan layaknya pengembara yang barada di persimpangan jalan, terus tiba-tiba muncul malaikat yang ngasih petunjuk jalan dan bilang, “Untuk sampai ke seberang, kamu harus menyebrang dengan memutar arah”. Setelah dapet petunjuk, kita langsung muter arah. Sesampainya di sana, kita ngerasa lucu, pasalnya tu tempat udah dipasangin spanduk gede-gede dan kita gak ngeliat. Kita sama sekali gak nyangka kalo tempatnya berada di rumah kecil gitu. Fokus kita di perjalanan tadi cuman tertuju pada gedung gede. Kita kira Raja Karcis itu adanya di dalem gedung gitu... Ternyata eh ternyata...

Segala penat tentang perjalanan laknat kita lupain, yang penting kita udah nyampe, begitu pikir gue, tapi bagi Adhi enggak. Masalah kembali muncul ketika ada gangguan pada transfer duit temennya kakaknya Adhi. Si Adhi masih panik karena duitnya belom ditransfer dan di saat pengen nelpon, pulsanya malah abis. Kasian si Adhi.

Untungnya counter pulsa di Jakarta udah kayak nyamuk, ada di mana-mana. Kita gak kesulitan nyari. Si adhi baru jalan lima langkah dan gue baru gelinding delapan puteran aja udah bisa ngeliat tu counter pulsa. Urusan pulsa beres, Adhi kembali nelpon abangnya (abang beneran, bukan abang yang make jilbab yang harusnya gue panggil teteh). Kalo di kartun, mungkin suara orang nelpon tuh kayak jangkrik nelen sabun, gak jauh beda dengan suara gue pas nahan boker, kayak kuda lagi kawin.

Adhi nelpon... balik ke ATM... nelpon lagi... balik lagi... nelpon... balik... (anggaplah ini sebuah penyelesaian yang kompleks yang tidak perlu dijabarkan detil peristiwanya)
Satu urusan selesai menyelesaikan urusan yang lain, masalah ATM beres.

Tadi waktu kita ngambil nomor urut di raja karcisnya sih disuruh nunggu sekitar dua jam buat ntar dipanggil lagi. Untuk menghabiskan dua jam tersebut, kita mencoba untuk ngisi perut dengan makanan dan dzuhur-an. Dan guess what... pas kita balik ke sono, gak nyampe dua menit, kita udah dipanggil. Alhamdulillah... Gue ama Adhi sama-sama gak kebayang Laruku bisa ke Indonesia, band yang kita suka sejak SMP. Bukan gak kebayang lagi Laruku bisa ke Indonesia, gue gak kebayang bisa nonton konsernya Laruku. Mudah-mudahan jadi... Jadi terharu pas awal-awal gue dengerin 4th Avenue Cafe, ngulik Stay Away, liat PV Kaze Ni Kienaide, dan beli album Smile... ampe ngutang 15 ribu lagi ama si Kemal...

Mudah-mudahan...

Jadi...

Amin...





                                                                                                  

0 comments:

Post a Comment