Monday, December 10, 2012

Tanda

Kita gak tau apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Saat sekelebat warna putih menyelimuti mata, tiba-tiba langsung dipadamkan dengan hitam pekat yang menutup mata tersebut untuk selama-lamanya. Ironis, minggu kemarin gue balik untuk merayakan ulang tahun ibu gue sebagai pengingat atas tanda hari lahirnya, dan di keesokan harinya gue kembali diingatkan oleh 'tanda' yang lain yang berseberangan makna namun selalu digandengkan dengan kelahiran oleh kodrat hidup ini, yaitu kematian. Guru matematika SMP gue, Ibu Suhartini, telah berpulang ke Rahmatullah. Mendengar kabar tersebut, gue langasung terbesit janji gue yang belum sempat tersampaikan kepadanya. Jadi waktu SMP, pas gue lagi bimbingan belajar ama dia, gue sempet dipesen ama dia bahwa gue HARUS ngasih tau dia kalo gue udah kuliah dan dapet universitas. Saat itu dia bilang kalo gue orangnya ‘niat’ dan mau berusaha. Saat dibilangin kayak gitu, hati gue tergugah. Masalahnya di antara temen-temen gue yang dateng ke tempat bimbingan belajarnya, cuman gue yang dibilangin kayak begitu. Gue ngerasa terhormat dan terhargai udah diberi kepercayaan itu. Beliau adalah salah satu guru yang gue sangat ‘anggap’ dalam kehidupan ini. Gue sebenernya gak pinter-pinter amat masalah matematika, malah gue emang enggak punya sense di bidang itu. Tapi lewat tangan dingin dia, waktu kelas 3 SMP, gue berhasil dapet nilai 95 di raport gue, sekali-kalinya seumur hidup. Mengingat hal-hal yang lalu membuat gue semakin menyesal atas kegagalan gue menebus janji kepadanya. Sebenernya dari dulu-dulu gue emang udah ada niatan pengen silaturahmi ke tempat dia, cuman saat itu niat gue seperti dihalang-halangi oleh keadaan gue saat itu yang bisa dibilang masih dinaungi oleh pola pikir yang sempit. Saat itu gue ngarasa kalo kampus swasta bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan. Gue ngerasa kalo posisi gue saat itu belum cukup bisa menjawab harapan yang dia berikan ketika gue SMP. Padahal, swasta juga memiliki nilai yang sama dengan kampus negeri, bahkan lebih. Pemikiran gue terlalu dibatasi oleh pemikiran-pemikiran konvensional yang telah membudaya dalam setiap pola pikir masyarakat Indonesia, seperti IPA itu lebih bagus dari IPS, sekolah negeri itu lebih bagus dari swasta, atau SMA lebih bagus dari SMK. Sejujurnya, gue malu untuk mengingat bahwa dulu pernah ada pikiran-pikiran seperti itu yang menghampiri otak gue. Harusnya gue langsung meluruskan niat gue aja untuk silaturahmi ke sana. Bilang kalo gue gagal ujian SIMAK UI gara-gara kode soal gak keisi, tapi gue berhasil tembus PMDK dan lulus SNMPTN. Bilang aja kalo gue sekarang kuliah di Institut Manajemen Telkom, salah satu kampus yang menjadi preferensi calon mahasiswa di Bandung, bahkan di seluruh Indonesia. Atau mungkin gue gak usah bilang itu semua asal niat gue untuk menemuinya bisa gue jalankan. Gue hanya harus bersilaturahmi dan tidak ada batasan apapun untuk meyambung pertalian yang diwajibkan ini. Marah pun percuma...menyesal pun sia-sia...satu hal yang pasti adalah ia telah tiada... Bu Suhartini, semoga amal ibadahmu bisa diterima di sisi-Nya dan ibu bisa istirahat dengan tenang di sana...amin.

*Ini tulisan seharusnya masuk ke postingan yang sebelumnya. Cuman gue ngerasa kayak kurang enak aja gitu tulisan rada serius kayak begini dicampur ama tulisan yang ngaco kayak postingan sebelumnya. Jadinya tulisan ini gue pindahin ke mari jadi postingan baru.

0 comments:

Post a Comment