Saturday, May 7, 2011

Status

Facebook telah menyihir jutaan umat manusia yang ada di seluruh dunia. Bukan cuman jutaan, bahkan sampe puluhan (lho??). Dalam kurun waktu yang tidak lama, facebook mampu bersaing dengan website ternama seperti youtube dan google. Jumlah usernya pun sangat fantastis. Terbukti jumlah user facebook sampai bisa menyaingi jumlah user yahoo dan kaskuser di Indonesia. Begitu ngedenger pencapaian ini, gue langsung kaget, abang gue kaget, emak gue juga kaget pas gue naro petasan di bawah kasur. Emangnya orang ngapain sih kalo maen facebook? Macem-macem...biasanya orang suka nge-wall temennya, nge-tag photo, , maen game, update status, dll (udah mulai males nyebutin semuanya). Dan sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa facebook telah membuat orang menjadi tidak sadar waktu. Yang seharusnya orang salat di waktu maghrib, dia malah asik update status...yang seharusnya gue makan tiga kali sehari, gue jadi makan sehari tiga kali...magic kan?

Salah satu magic dari facebook adalah aktivitas meng-update status yang tidak terbatas ruang dan waktu. Mau di sekolah, mau di jalan, mau di jamban, orang pasti update status. Waktu juga bukan merupakan penghalang dalam meng-update status, gak peduli mau itu pagi atau subuh (apa bedanya coba). Statusnya pun macem-macem, ada yang sekedar curhat kayak, “ih masa, yach...si Anto mau ngajakin gue makan syomay getoooo...plis, dech...gak banget...padahal kan gue lebih suka batagor...” atau ada yang cuman pengen share kalo dia lagi ada di suatu tempat, contohnya kayak, “@Menteng nonton kebakaran” dan yang paling ngeselin kalo ada yang statusnya udah kayak flat no mobil, “3h, tW 94k 51Ch l03...m45@ d1 53k0l4h, Ad4 kaK4k K3L45 nt3MB4k Gw M@k3 p3LuRu” (terjemahan = Eh, tau gak sich loe...masa di sekolah, ada kakak kelas nembak gue make peluru).

Facebook juga acap kali dijadikan sebagai media pelampiasan emosi. Serangan-serangan verbal terhadap orang lain sering sekali dilancarkan seseorang terkait dengan dinamika kehidupan mereka, walaupun terkadang mereka bisa juga hanya menggalau pasif. Kayaknya sebagai remaja yang hobi nonton FTV, hidup rasanya gak lengkap kalo update status facebook lempeng-lempeng aja. Mereka butuh merica untuk membumbui hidup ini (kenapa gue make kata 'merica' sebagai kiasan?).

Kalo yang baru berkenalan dengan facebook dan belum tau mengenai fenomena ini, berikut akan gue kasih contoh-contohnya.

Contoh-Contoh Status Faceboook...*suara doraemon*
- "Eh, lo tuh gak ada kerjaan banget sih deket-deketin cowok orang! mending lo ngaca dulu deh!! cowok gue mana mau ama cowok macem lo!!!"
- "Sumpah lo tuh kepo banget sih jadi orang! suka-suka gue dong mau ngapain, idup-idup gue bukan idup lo!! masalah ya kalo gue suka ngemil whiskas!!!"
- "ternyata...semua cowok tuh sama aja!!! kalo gak homo ya lesbi!!!!!!"
-"kenapa sih lo gak pernah ngerti gue!!! gue kan mintanya teh tawar, kenapa lo ngasihnya teh pait!!!!!!


Beragam status hampir udah pernah gue lihat di facebook. Mereka mempunyai motivasi yang berbeda dalam menulis status. Ada yang sekedar untuk eksistensi diri, ada yang bener-bener pingin mencurahkan hatinya, dan ada juga yang cuman iseng pengen nulis status. Kalo gue termasuk orang yang cuman iseng doang nulis status. Tiba-tiba tangan gue kepleset aja nulis status. Gak ada alesan khusus selain untuk menghibur diri. Gue kan gak punya temen, band gue ancur, dan boneka barbie gue rusak. Gue nulis status dengan anteng, kalem, diem...kesunyian ini membuat gue gak sadar kalo gue baru mencret di celana. Hanya saja status cerdas gue sering bikin orang jengkel. Gue heran. Beneran heran. Kok orang-orang pada gak suka ama status gue? Apa yang salah dengan status gue? apa yang salah dengan muka gue? (banyak, dham). Gue penasaran kenapa orang-orang pada kayak gitu dan kenapa Iis Dahlia tidak mencukur kumisnya. Kenapa...Kenapaaa!!!

Mungkin temen-temen bisa menganalisis salah satu contoh status yang gue pernah posting.

Idham Hanafiah
kenapa temen-temen cowok gw suka marah setiap gw panggil sayang?
July 22, 2010 at 4.40am

Layaknya video telanjang gue yang beredar, status ini langsung mendapat tanggapan keras dari temen-temen cowok gue. Temen SMA gue, Ipeng, komen, “Dam, kok status lo pagi-pagi udah kayak tai, sih” terus temen SMA gue yang laen, si Lepis, komen kayak gini, “Dam, gue eneg ngeliat status lo”. Gue bingung ngeliat komen temen gue dan gue marah pas digebok bangku. Hati gue bertanya, “Bagaimana muka Luna Maya saat boker?” Padahal kan gue cuman penasaran kenapa temen cowok gue pada marah setiap gue panggil sayang. Gue peratiin, perasaan sesama cewek saling manggil sayang gak kenapa-kenapa, dah. Gak ada kesan lesbong ato gimana. Pemandangan cewek yang ketemu temennya terus mereka saling pelukan sambil, bilang, “hay, bebbhh...kok kamu kurusan, sih??” terlihat sangat biasa, tidak peduli kalo dua orang itu berjenis kelamin sama. Tapi kenapa pemandangan di mana dua cowok yang ketemu langsung cipika-cipiki sambil pegangan tangan terus bilang, “hay, boo...kok kumis kamu tebelan, sih??” terasa sangat berbeda? Maksudnya orang yang ngeliat itu pasti langsung beranggapan kalo dua orang tersebut hombreng. Ini tidak adil! Kenapa kesan homoseksual hanya melekat pada cowok aja? Itulah yang gue rasakan saat melihat status temen gue. Kenapa mereka gak terima kalo gue panggil sayang? Padahal kan itu bentuk kasih sayang gue. Bener-bener misterius.

Oke mari kita tinggalkan segala bahasan tentang homo. Salah satu keunggulan facebook yang lain adalah adanya aplikasi untuk chatting dengan temen, jadi kita gak usah masuk ke situs khusus buat chatting. Temen- temen udah pada tau kan chatting? Itu loh...yang buat ngobrol di internet...(canggih ya? atau gue yang kampung). Gue ini termasuk orang yang jarang chatting. Kenapa? Karena temen gue pada gak mau diajak chatting ama gue. Alesannya simpel, “gue homophobia, dham” ato gak, “Dham, plis... gue lagi nggak pengen muntah...tolong jangan ganggu gue...”. Apa-apaan...kenapa gue selalu dikait-kaitin ama kata “homo” dan “muntah”...emang sih muka gue kayak muntahan kucing apa...tapi kan gue suka juga ama cewek...sebagai lelaki, gue sangat mengidolakan Manohara. Menurut gue, dia adalah salah satu pelawak terbaik di Indonesia (eh, itu Manohara atau Mak Nori ya?). Sekarang gini aja, coba temen-temen peratiin, bagian mana di obrolan gue yang terkesan homo.

Chatting Idham dengan temennya mahasiswa Unibraw, Wildan :

Me : lu lagi di malang? 12:29am
Wildan : iyaa dam,coba lo kuliah disini 12:29am
Me : iyaa..kita kan bisa tidur barengg 12:30am
Wildan : iya bisa mandi bareng..bisa tuker2an kolor 12:35am
Me : kolor lu warnanya apa? 12:35am
Wildan : warna item polkadot pink..lo? 12:36am
Me : gw warna pink ada gambar sandra dewi 12:37am
Wildan : wah boleh tuh tukeran, kalo gua ada gambar ariel 12:41am
Me : gw off dulu ya, say..take care, baby 12:42am

Menurut gue, ini adalah sebuah obrolan tingkat tinggi yang memerlukan otak yang keras dan dengkul yang kuat (ini wajar, karena otak gue ada di dengkul). Temen-temen pasti bisa menilai dong seberapa cerdasnya obrolan gue dengan temen gue. Gak semua orang mampu mendiskusikan jenis kolor dengan temannya. Super banget pokoknya.

0 comments:

Post a Comment