Friday, April 20, 2012

Emak Super Keren


Emak gue sangat keren. Bisa dibilang emak gue adalah emak yang langka di dunia. Mau dicari ke ujung dunia juga gue gak bakalan nemu emak yang pernah menghiasi setiap detik masa kanak-kanak gue. Gue inget masa-masa di mana gue masih dimandiin ama emak gue. Gue gak tau apa yang ada di dalam pikiran gue ketika gue berusaha mangap lebar-lebar saat emak hendak melepas kaos kutang gue. Dengan mulut mangap merekah liar dan gue gak tau ni kalimat maksudnya apaan, gigi gue nyangkut di kaos kutang dan ‘plek’, gigi gue copot untuk yang pertama kalinya. 

Gue bener-bener bergantung ama emak gue. Kalo pengen mandi, emak selalu mandiin gue, kalo pengen makan, emak selalu suapin gue. Sebelum menyuap, emak salalu memastikan dengan benar apakah makanan tersebut masih panas atau tidak. Kalu masih panas, biasanya tu makanan dimasukin dulu ke mulut emak gue, dilamotin, dilepeh, baru dimasukin ke mulut gue, panasnya ilang, rasanya  juga ilang. 

Emak bisa gue anggep sebagai siapa aja. Emak adalah guru yang mengajarkan hal-hal baru kepada gue. Karena ajaran emak, gue jadi tau kalo ngasih sesuatu ke orang harus pake tangan kanan untuk kesopanan, karena ajaran emak, gue jadi tau kalo mau berangkat sekolah harus cium tangan orang tua dulu, karena ajaran emak, gue jadi tau kalo pot bunga bukan tempat untuk pipis.

 Emak adalah temen yang selalu ada di saat gue membutuhkan. Bisa dibilang kalo dari kecil gue emang gak punya temen. Di saat gue ngerasa kesepian karena gak ada yang mau nemenin gue, emak selalu ada di sisi gue. Gue masih inget kala emak ngeladenin gue maen smack down. Gue piting leher emak gue, emak bales miting, gue tiban perut emak gue, emak bales niban, isi perut gue keluar semua. Gak hanya itu, emak juga suka nemenin gue maen gundu di depan rumah. Emak bener-bener mengkhayati permainan tersebut. Gue jongkok, emak ikutan jongkok, gue boker, emak langsung nimpukin batu, emak salah ngebedain gue dengan kucing yang lagi boker di pasir. Plis deh, gue disamain ama kucing, gue kan gak demen ikan teri, sepat lebih enak.

Dan terakhir yang lebih pasti, emak itu udah gue anggap sebagai ibu gue sendiri yang pernah ngelahirin gue langsung dari perut dia (yaiyalah...gembel). Andai emak punya jenggot, pasti dia udah gue anggap sebagai bapak gue juga.

Dari gue kecil yang belum bisa cebok sendiri ampe sekarang yang udah bisa minta tolong tetangga buat cebokin, emak masih melakukan hal-hal yang absurd. Di siang hari yang damai di Bandung, gue nerima bbm dari abang gue. Abang gue cerita kalo di siang hari yang sama di Bekasi, lewatlah seorang tukang bakso yang sedang berkeliling aduhai. Denger suara ketokan khas tukang bakso, emak gue langsung nawarin bakso ke abang gue. Karena timingnya yang kurang tepat, tukang baksonya udah keburu jauh pas emak gue mau manggil. Nyadar udah jauh, dari kamar, emak gue langsung lari keluar ngibrit. Emak gue lari mengejar, tapi tukang baksonya malah pergi menjauh. Ada apa dengan tukang baksonya? Apakah dia udah bosen ama rejeki? Apa dia emang udah terlalu tuli untuk mendengar sebuah teriakan super maut emak gue yang mencoba memanggil tukang bakso tersebut. Gue penasaran sampai sebuah foto kiriman abang gue langsung menjawab tanda tanya gue.

Ternyata emak ngejar tukang bakso dengan muka yang seperti ini


 Good job, mom...really...good job...

0 comments:

Post a Comment