Monday, March 4, 2013

Penyesalan

Penyesalan selalu datang terlambat. Ya kalo datengnya duluan itu namanya bukan penyesalan, tapi kegelisahan, bukan menyesali yang udah terjadi, tapi mengkhawatirkan yang belom terjadi. Untuk gue yang selalu over thinking, penyesalan dan kegelisahan selalu menjadi musuh bagi pikiran dan hati gue. Tiap pengen tidur, penyesalan atas hal-hal yang salah gue lakuin selalu menghantui pikiran gue, "kenapa tadi gue ngomong kayak begitu?", "kenapa tadi gue gak bisa jawab soal ujian itu?", "kenapa tadi gue nyodok pantat ayam make tusuk gigi?". Selalu aja pertanyaan-pertanyaan semacam itu muncul di batas alam sadar gue, kecuali yang bagian gue nyodok pantat ayam, masa pantat ayam gue sodok make tusuk gigi... kan make tusuk konde.


Gara-gara terus mikirin hal tersebut, gue ampe gak bisa tidur. Begitu sadar, tau-tau udah pagi aja. Idealnya kalo mau tidur kita emang harus mengosongkan pikiran kita. Ketika tidur, kita bener-bener harus mengistirahatkan tubuh, termasuk juga otak kita. Gue nyoba kosongin otak gue, besoknya gue lupa nama gue siapa. Setiap malem gue kayak begitu mulu, terus-terusan ngosongin otak, pas hari ketujuh gue lupa jenis kelamin gue apa.

Banyaknya penyesalan membuat gue selalu berharap agar gue punya mesin waktu untuk bisa memperbaiki kesalahan gue di masa lalu. Gue selalu merenung dan berandai, coba aja saat gue lagi terbengong-bengong di depan meja belajar, tiba-tiba lacinya kedorong keluar dan dari situ muncul robot botak setinggi gas elpiji yang mengenalkan mesin waktu ke gue. Pastinya gue akan sangat bahagia bila hal itu terjadi. Bayangin coba apa aja yang bisa gue lakuin dengan mesin tersebut, gue gak bakalan nyodok pantat ayam make tusuk gigi. Ayamnya pasti bakal gue piara, terus gue goreng esok hari kemudian.

Salah satu penyesalan yang lagi ngetren dalam hidup gue karena terus gue pikirin adalah penyesalan karena salah ngatur jadwal. Jadi, semester ini gue harus ngambil 15 sks, 3 mata kuliah wajib dan 2 mata kuliah pilihan, ya kalo sama magang palingan jadi 19 sks. Dan jika dibandingin dengan semester-semester sebelumnya yang mana gue selalu ngambil 23 sks, itu merupakan perbedaan besar yang amat jelas terasa. Gue bakalan rada nyantai kuliahnya dibanding semester-semester yang lalu.

Tanggal 4 Februari adalah hari pembayaran kuliah, bersamaan dengan itu, bagi mahasiswa yang udah bayar uang kuliah, maka mereka berhak input mata kuliah lebih dulu. Tanpa pikir panjang, gue langsung bayar kuliah di hari itu juga (secara teknis, si babeh yang 'mengalirkan' duit ke kampus). Langsung pagi-pagi gue (babeh) bayar lewat internet banking. Awal mula gue rada panik, soalnya sistemnya rada macet ngehe gitu, kayak gak bisa ngebaca perintah kita. Elah ni komputer belom gue suruh belanja ke pasar aja males. Gue bingung, babeh bingung, dan emak tereak nemuin kolor gue kesangkut di sikat giginya. Gue nyoba untuk tenang. Gue beranjak dari ruang komputer, jalan menuju kamar, rebahan di tempat tidur, menenangkan pikiran, terus tidur lagi. Terlalu tenang, gue tidur ampe 7 setengah jam, bangun-bangun gue panik lagi. Ngeliat hp, ada temen nge-sms nyuruh input mata kuliah sekarang takut keburu penuh, gue langsung buru-buru menuju ruang komputer lagi. Lagu-laguannya gitu gue sendiri yang ribet, padahal mah babeh gue yang ngurusin, orang yang punya duit doi, kebayang kalo gue yang megang token, bakal gue belanjain tu duit buat beli patung marmut. Si babeh coba lagi. Semua data babeh tanyain ke gue kayak NPM gue berapa, kode institusi gue apa, gue kuliah di mana, nama gue siapa. Setelah berngehe ria di sistem pembayaran internet banking, akhirnya tu duit kekirim juga, lega gue. Gue pun langsung ngacir ke situs akademik IMT, milah-milah mata kuliah. Secara random gue pilih mata kuliah-mata kuliah yang akan gue ambil, gak tau mana yang mata kuliah wajib, mana yang pilihan, goblok ye. Dengan konsentrasi yang penuh serta pertimbangan yang matang, akhirnya gue dapet juga jadwal kuliah impian semua mahasiswa, yaitu Selasa, Rabu, dan Kamis; 3 hari doang! Gue ngerasa cerdas. Minggu depannya pas gue baru tau kalo ternyata 1 mata kuliah wajib gak gue ambil kemaren, gue ngerasa goblok. Menurut aturan, kita wajib ngambil 3 mata kuliah wajib dan 2 mata kuliah pilihan, ini kemaren gue malah ngambil 2 mata kuliah wajib dan 3 mata kuliah pilihan, goblok pangkal idiot. Panik, gue cek sistem akademik gue lagi, berharap masih bisa ngambil mata kuliah wajib tersebut sambil tetap mempertahankan jadwal impian gue, namun kenyataan berkata lain dan gue berkata fak yu. Dapet sih dapet mata kuliahnya, cuman gue kebagian yang hari Jumat, wasuu. Gegara kuota kelas yang hari Kamis penuh, gue jadi harus ikhlas kuliah keesokan harinya. Mana gue dapet kelasnya juga kelas sisa lagi yang isinya mayoritas angkatan bawah. Temen sengkatan aja yang kenal dikit, apalagi yang beda angkatan... nama dosen aja kadang-kadang lupa... gue malah kagak tau nama presiden ke-6 Uganda...

Dengan lemas gue turun dari meja komputer (ya, gue emang nginput mata kuliah sambil nangkring di atas meja komputer).  Dengan berat langkah gue jalan ke kamar, saking beratnya kaki buat digerakin, gue ampe ngelangkah pake idung, begitu nyampe kamar idung gue kebeset-beset kayak abis diamplas.

Entah gue yang lebay atau emang gue lebay, berhari-hari sejak hari itu gue galau abis. Kuliah hari Jumat berasa mau kiamat bagi gue. Ke mana-mana bawaanya jadi gak napsu. Ke kamar gak napsu, ke ruang makan gak napsu, ke toilet gak napsu. Karena gue yang lagi gak napsuan ama toilet, gue boker di kali. Padahal, padahal, padahal kalo Jumat gue gak kuliah, gue bisa dapet long long long long long long long long long long long long long long weekend. Gue bisa tiap 2 minggu balik ke Bekasi, Kamisnya balik, terus ke Bandungnya lagi hari Rabu pagi (Rabu gue kuliah jam 1 siang). Kan kalo di Bekasi gue bisa bebas makan apa aja tanpa harus musingin duit. Gue juga bebas nyetel musik kenceng-kenceng jam 3 pagi tanpa harus takut diomelin bapak kost, karena yang bakal ngamuk adalah emak gue. Dan lagi internet di sana tuh merdeka banget, gak kayak di Bandung yang mau ngakses goal.com aja musti nunggu dari sahur ampe buka puasa dulu.

Ampe sekarang sebenernya gue masih mikirin, betapa begonya gue kemaren nyusun jadwal. Gue nyesel beneran nyesel. Kenapa gue gak bisa teliti dikit pas milih mata kuliah? Kenapa gue gak bisa lebih pinteran dikit?? Kenapa gue gak bisa ngelurusin dikit pipis gue??? Kenapa ya Allah???? Kenapaaaaaa...????? Tapi yaudahlah ya... yang penting syukurin dan jalanin aja semua ini... Nasi udah jadi bubur, Briptu Norman udah jadi artis... hufffffftt... *muncrat 3 meter*



0 comments:

Post a Comment