Saturday, February 7, 2015

Suatu Tempat di Luar Angkasa

Beberapa waktu yang lalu Indosat sempet dituntut warga Bekasi akibat iklannya yang dianggap mengandung unsur penghinaan.

Gue pikir seharusnya Indosat dijatuhi hukuman yang paling maksimal. Bayangin aja, beritanya ampe ke luar negeri gitu. Media luar (The Wall Street Journal, edisi 8 Februari 2015) bahkan menyebut Indosat kekanakan dan gak kreatif dalam laporannya yang berjudul Bekasi Ad Backfire Tees Up A Few Lessons. Maka dari itu gue sangat bersyukur bahwa setelah kasus tersebut, saham Indosat menurun drastis sampe level terendah (-0,74%), meski itu tetep bukan hukuman yang maksimal menurut gue (selain tentunya juga ditambah dengan opini publik yang negatif).

Semua berawal dari jokes tentang Bekasi yang menurut gue sangat-sangat 'lucu'. Iya, 'lucu', jokes yang irelevan dan gak berlandaskan pada kenyataan yang ada sangatlah lucu bagi gue (sarkas). Bekasi panas? Terus apa bedanya ama Jakarta? Bekasi macet? Again, adakah perbedaannya dengan Jakarta? Bekasi jauh dari Jakarta? Gue yang tinggal di Bekasi untuk masuk ke Jakarta aja cuman butuh waktu sekitaran 5 menit. Dari Jakarta kalo mau ke daerah barat, timur, utara, ato selatannya Bekasi juga gak sampe sejam. Maksudnya jauh tuh dari mana-ke mana? Jangan bilang kalo bandinginnya antara masing-masing ujung perbatasan Bekasi-Jakarta. Emangnya dari Jakarta ke Tangerang itu deket ya? Jakarta-Bogor? Atau sekalian Jakarta Bandung. Ya kebiasaan orang yang terjebak dalam sentralisasi kota. Yang bilang Jakarta-Bekasi itu jauh ya antara orang delusional bodoh gak punya otak yang gak pernah buka peta ato orang lenje yang gak pernah jalan dikit ke luar. Jakarta-Bekasi aja dibilang jauh, gimana Jakarta-Bandung? Padahal dari Jakarta mau ke Bandung aja musti lewat Bekasi dulu. Sangat subjektif. Gue bingung, dari sekian banyaknya kota di Indonesia, kenapa Bekasi yang dibilang paling jauh. Bahkan saking hiperbolanya mereka dalam menggambarkan jarak yang 'jauh' dari Jakarta ke Bekasi, orang-orang ampe bikin meme (bacanya mim) bahwa sebenernya Bekasi itu terletak di luar angkasa. Kebayang kalo posisi Bekasi diganti ama Aceh atau Papua,

"Papua itu bukan di Indonesia, Papua itu adanya di luar angkasa."

Indonesia siap-siap kalang kabut. Orang Indonesia yang menggembor-gemborkan asas persatuan malah bikin jokes yang mengundang separatisme.

Jujur, dulu gue ama temen gue si Chandra merupakan salah satu yang suka bikin lelucon tentang Bekasi. Lelucon di sini konteksnya adalah tentang kulturnya yang dekat dengan budaya Betawi (which is budaya yang sama dengan Jakarta). Yang ngebuat lucu saat itu adalah bahasa slang yang banyak lahir di sana sebagai modifikasi dari bahasa Betawi yang membentuk suatu subkultur baru. Gimana bahasa prokem yang sering diasosiasiin sebagai bahasa Bekasi itu dulu sehari-harinya sering gue denger dari sopir angkot ato temen sekolah (yang ironisnya sebenernya hal itu semua gue denger kebanyakan dari Jakarta). Kata-kata kayak 'bagen', 'betak', 'gaprak', dll-nya suka mampir ke terowongan telinga gue. Gue yang lahir di Jakarta dan sekolah 12 tahun di Jakarta pula paham bener asal-muasal kebudayaan baru tersebut. Jakarta ama Bekasi emang punya suatu kekerabatan budaya dalam hal ini. Itu yang menjadi bahan jokes gue ama Chandra, bukan hal lain.

Antara Bodoh dan Gak Punya Cermin

"Kalo lu lagi di jalan tiba-tiba jalanan rusak, berarti lu udah masuk Bekasi"

Ooh iyaa... soalnya Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia udah punya tata ruang yang modern kayak Tokyo, Seoul, atau New York, di mana jalanannya mulus semua. *Tepuk tangan...* Gue sangat bangga sebagai WNI... Tapi bener lho... coba deh cek jalan 'mulus' ibu kota kita di SINI, temen-temen pasti bakal takjub melihatnya.

Warga Jakarta bisa berbangga terhadap pembangunan kotanya. Mereka bisa kayak gitu ya emang karena status dari Jakarta sendiri yang merupakan daerah khusus istimewa alias ibu kota yang notabenenya dapet perhatian lebih dari pemerintah. Cuman itu doang, terlepas dari itu semua sama. Ya namanya ibu kota, masa pembangunannya gak merata, tar apa kata tamu-tamu dari luar negeri? Even walaupun udah dapet perhatian lebih kayak gitu juga Jakarta masih belom bersih dari tempat kumuh nan melarat di mana jalanan rusak cuman salah satu aspek dari daerah terbelakang tersebut... oh wait...

Jadi, warga Jakarta gak usah sombong dan sok menghina Bekasi. Jakarta kalo gak ada Bekasi sebagai kota satelit ya bakalan ancur juga, wong tiap hari kita yang nyokong kota Jakarta. Sama halnya dengan Tangerang, Bogor, atau kota-kota satelit lainnya. Kalo misalnya Bogor pedalaman itu pembangunan daerahnya semaju Bogor yang di pusat kotanya, maka gue akan menarik kata-kata gue dan bakal menghapus post ini. Kejelekan-kejelekan kota Bekasi yang suka jadi bahan cengan itu merupakan kejelekan-kejelekan kota mereka sendiri. Jadi... yah kalo bisa buru-buru ke pasar deh, cari tukang cermin. Ibaratnya mereka itu kayak maling teriak maling.

Mirisnya dari ironi yang ada, orang daerah yang tempat tinggalnya lebih antah berantah dari Bekasi malah ikut ngecengin Bekasi. Orang dari daerah yang kalo mau nyari tempat perbelanjaan aja musti ke pusat kota dulu di mana angkutan umum juga masih jarang malah ngejek Bekasi. Gue ampe inget celotehan temen gue yang dari DAERAH ketika kita lagi makan di suatu kedai deket kampus, Bandung Selatan, tempat yang sebenernya juga... yah gimana ya...

"Ni, Dham... makanan kayak begini ada gak di Bekasi? Hahah..."

Tentunya gue ketawa, karena dia ngomong kayak gitu di tempat yang jauh dari pusat kota yang serbamodern. Ya bayangin aja, kita lagi makan makanan murah di kedai kecil yang sangat terpelosok, dia malah ngumbar masalah gengsi makanan. Gue penasaran, emang aspek apa sih yang ngebuat Bekasi terkesan jadi kota kampung?

Hal-hal kayak gini adalah buah kejelekan dari media sosial, khususnya situs meme (bacanya mim). Jaman sekarang postingan-postingan yang membodohi kayak gitu adalah contoh rill dari efek jarum hipodermik. Satu post yang bodoh bisa menggeneralisasi dan mendoktrin mindset orang awam tentang suatu hal yang sama sekali gak bener. Sekarang kalo misalnya kata Bekasi terucap, atau diketik dalam search engine, pasti yang keluar malah citra-citra buruk Bekasi. Salah-salah di ke depannya bisa ada diskriminasi di mana orang Bekasi dianggap kampung dan outsiders sehingga individu-individunya sendiri selalu menjadi sasaran ejekan. Tar jangan-jangan kita malah dipanggil alien lagi kayak perlakuan yang didapet orang amerika-meksiko yang beraksen spanish di USA. Well, sekarang aja Bekasi dibilangnya terletak di luar angkasa. Seolah-olah Bekasi itu adalah aib yang keberadaannya cuman malu-maluin Indonesia yang harus dibuang jauh-jauh ke luar angkasa. Di saat orang-orang Indonesia dengan bangganya berlomba untuk mengkampanyekan masing-masing kota mereka sebagai destinasi paling bagus, ni malah ada sekumpulan orang yang ngejelek-jelekin satu kota. Pantes gak sih yang kayak gitu disebut sebagai aplikasi Bhinneka Tunggal Ika?

Untuk para original posters, kalo mau bikin jokes, mendingan telaah dulu deh subjeknya, cek relevansinya, buka google, buka peta. Orang mau membuat suatu kota terlihat bodoh, tapi malah mereka sendiri yang keliatan bodoh. Gak ada excuse macem, "Yaelah, Dham... namanya juga bercanda..." Ini bukan pencemaran nama baik individu lagi, ini pencemaran nama baik kota, ada banyak kepala di dalamnya. Berita ini udah sampe ke luar lho. Kelakuan macem gini udah mempermalukan nama Indonesia di mata internasional. Jadi tolong untuk lebih dewasa. Kita punya batasan, jangan mau jadi kayak orang barat yang menuhankan falsafah kebebasan dalam berekspresi. Untuk Indosat, perusahaan besar yang ternyata belom paham ama SP3SPS, besok-besok kalo mau bikin iklan, tolong disaring lagi deh otaknya yah.

Dibilang curhat, bitching, atau sekalian lebay ya bodo amatlah. Malah harusnya pemerintah kota Bekasi terima kasih ama gue karena udah ngedefend dan promosiin Bekasi secara gak langsung. Ya itu aja deh.

Sisi Positif

Di satu sisi, kasus kayak gini bisa memberikan dampak positif bagi pemerintah kota sebagai bentuk evaluasi dalam membangun kota Bekasi. Untuk yang satu ini gue emang setuju, bahwa orang-orang korup masih berkeliaran di bawah langit Bekasi (tapi bukannya jaman sekarang emang gak gampang yah nyari para pemegang kepentingan yang jujur di Indonesia?). Kemudian gue pikir hal-hal semacem ini juga bisa meningkatkan patriotisme kita sebagai warga lokal. Like seriously, orang Bekasi mana yang gak marah ketika kotanya di-bully?

P.S: Sori kalo tulisannya berantakan. Sebenernya lagi males nulis, cuman kayaknya dada rada sesak kalo pemikiran ini gak dituangkan dalam tulisan.

2 comments:

  1. Indosat iklan apaan emang? *keluar dr goa*

    ReplyDelete
  2. hahah udah lama nih gak bersua...

    iklan yang ber-catchphrase "liburan ke aussie lebih mudah daripada ke bekasi", intinya gitu, tapi sekarang sih udah dicabut huehue

    ReplyDelete