Friday, February 13, 2015

Wisuda Bagian 2


Kilatan foto dalam momen perayaan seperti ini menjadi hal yang sangat lumrah. Selain adanya tukang poto resmi, ada banyak juga mahasiswa yang dengan inisiatif membawa kamera; dari mulai yang sederhana kayak kamera HP, DSLR, ampe ada yang niat bawa Polaroid. Lantas kegiatan foto-foto tersebut menjadi pengisi waktu sebelum kita memasuki acara resmi yang berjalan ngaret. Acara dijadwalin mulai sekitar jam 7, tapi apa daya jadwal mundur satu jam. Gak tau, stigma udah menjadi fakta, jam karet emang dah jadi budaya Indonesia. Dulu setiap ngikutin seminar atau kuliah umum di kampus juga gitu, bilangnya mulai jam 1 siang, gak taunya acara mulai sejam setelahnya. Orang Indonesia kayak emang punya kebiasaan menunda pekerjaan dan menoleransi keterlambatan. Pokoknya kalo kisarannya lewat 5-10 menit itu dibilangnya masih tepat waktu. Selain itu, orang Indonesia juga suka rancu dalam mengidentifikasi waktu. Misalkan ada orang punya janji buat ketemuan. Nah, si orang tersebut janjiannya jam 10 lewat. Ya orang mana tau 10 lewat tuh pasnya jam berapa. Jam 10 lewat 5 menit ama 10 lewat 3 jam ujung-ujungnya jam 10 lewat juga. Ya orang sekalian aja kalo ada janji buat pacaran jam 10 lewat, datengnya malah pas jam 10 lewat 2 tahun. 

Yah, begitulah budaya kita. Gue ngomong kayak gini bukannya gue gak pernah telat juga. Kemaren aja gue baru telat dateng bulan. Gue pernah telat ikut UAS agama gara-gara ketiduran. Jadi ceritanya semaleman gue gak bisa tidur, tau-tau pas sekitar jam 7 gue teler ketiduran, padahal jam setengah 9 gue ada UAS. Sebenernya pas jam 8 gue kebangun ama suara alarm hp, cuman entah kenapa tangan gue refleks matiin alarm tersebut. Lantas gue bangun-bangun jam setengah 10. Gue ke kampus dengan pikiran kala itu masih jam setengah 9. Pas gue sampe sana, gue liat kanan-kiri, tau-tau koridor kampus udah sepi dan anak-anak udah pada di dalem kelas. Saat itulah gue baru sadar kalo gue udah telat 1 jam. Gue udah ngais-ngais ke pengawas, ke sekretariat kampus, ampe ke kaprodi langsung; hasilnya tetep gue gak bisa ikut susulan. Ini mengakibatkan gue musti ngulang mata kuliah tersebut setahun kemudian. Tentunya ini adalah kasus yang hanya terjadi pada diri gue, karena di lain kesempatan temen gue yang dateng ujian setengah jam sebelom kelar pada akhirnya boleh mengikuti ujian tersebut setelah doi memohon ke pangawas sambil nangis-nangis. Bicara soal contoh ketelatan di kampus, sebenernya seseorang yang telat hanya akan dikenakan sanksi kalo dia statusnya adalah mahasiswa. Iya soalnya kalo dosen telat dateng atau telat input nilai ampe 4 semester, mereka gak akan disuruh ngulang mata kuliah setahun kemudian.

Tapi lucu sih, kita sering diingatkan soal ketepatan waktu oleh orang tua, guru, dosen, bahkan oleh motivator seminar yang acaranya ngaret sejam, tapi di satu sisi mereka sendiri adalah bagian dari budaya jam karet kita. Balik ke wisuda, kenapa gue konsen banget ama jadwal acara yang ngaret? Hal ini dikarenakan acara wisuda yang jatuh pada hari Jumat. Gak ada yang lebih enak dari mengadakan acara yang agendanya kepotong urusan solat Jumat. Dan itu merupakan dampak yang akan didapet kalo jadwal acara ngaret. Dari yang seharusnya kita bisa tepat waktu, tapi karena ngaret, agenda acara jadi berantakan. Sebenernya penentuan acara wisuda yang jatuh pada hari Jumat sempet mengundang protes dari temen-temen seangkatan. Bahkan ada yang sempet pengen bikin petisi untuk mindahin hari wisuda. Gue bukan termasuk orang yang setuju wisuda Jumat, tapi ya kayaknya kalo bikin petisi rada berlebihan juga sih. Maksudnya anak kampus lain protes buat hal yang lebih krusial kayak nuntut harga bbm murah atau substitusi bbm dengan whatsapp, kita malah protes buat ngegeser hari wisuda. Rata-rata mereka memperkarakan soal solat Jumat di samping masalah orang tua yang susah ngambil cuti. Gue bukan takutin bahwa kita jadi gak sempet solat Jumat (Karena pastinya masalah kayak begini diatur waktu dan tempatnya oleh organisator acara). Sebaliknya prediksi gue acara yang jadwalnya kepotong-potong solat Jumat gini pasti akan berakhir hambar. Gue bilang kepotong bukan dalam arti di tengah-tengah acara kita jadi berenti sejenak saat kumandang adzan bergaung, terus kita jadi balik lagi melanjutkan acara saat semua udah beres solat Jumat.

Acaranya sendiri selese jam 11, sejam sebelom waktu solat Jumat. Maksudnya gue rasa panitia acaranya gak mikir agenda wisudawan di luar jadwal resmi acara. Tentu kita sebagai wisudawan ingin melepaskan kebahagiaan bersama dengan orang-orang terdekat. Ya sekedar kumpul-kumpul dengan teman satu jurusan, membuat memorabilia dengan kolega, serta waktu-waktu berkualitas lainnya yang dihabiskan bersama. Tapi karena gue aja baru sempet keluar gedung jam setengah 12 akibat sesaknya undangan acara yang memenuhi pintu masuk (yang entah kenapa gedung serbaguna kayak gini cuman punya 1 pintu akses) ditambah dengan komunitas kampus yang menambah macet jalanan karena ingin melakukan arak-arakan mahasiswa, so, gue cuman sempet bertegur sapa dengan temen dan ketemu sebentar ama keluarga, karena setelahnya gue langsung cabut solat Jumat.

Sebenernya dalam agenda yang dijadwalkan, acara berlangsung dari jam 7 sampe jam 11. Emang sih, walaupun acaranya ngaret sejam, kita masih sempet selese sesuai jadwal, yaitu jam 11. Tapi kan seenggaknya kita bisa ngehemat waktu sejam lebih awal dari yang seharusnya kalo gak ngaret. Dan sebenernya isi acaranya juga kebanyakan adalah sesuatu yang bisa dipotong secara efisien kayak pidato yang mempromosikan kampus atau tentang prospek para lulusan. Gue gak tau, apakah emang masing-masing pembicara gak di-briefing masalah durasi atau gimana, gue bener-bener gak tau. Lagian kalo gak mau dipotong, kita kan bisa balik ke rencana awal dengan catatan acara bener-bener sesuai jadwal tanpa adanya keterlambatan.

Ada banyak kejanggalan dalam pemilihan hari Jumat sebagai hari wisuda. Kebanyakan excuse yang dilontarkan adalah karena masalah perbandingan kapasitas maksimal gedung serbaguna dengan jumlah wisudawan yang ada. Karena alasan inilah maka hari wisuda dibagi menjadi 2, yaitu Jumat dan Sabtu. Khusus untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi, ini merupakan buah dari sistem rolling atau selang-seling jadwal wisuda dari periode-periode sebelumnya. Jadi misalnya untuk periode Agustus mahasiswa Ikom kebagian yang hari Sabtu, sedangkan untuk November, kita harus berpuas diri kebagian yang hari Jumat. Kita juga gak bisa seeaknya minta digeser ke hari Sabtu karena masalah kapasitas gedung yang ada. Selain itu kalau pun itu terjadi, apa kabarnya mahasiswa jurusan lain? Pastinya mereka gak mau menjadi korban pilih kasih atas perlakuan istimewa pihak kampus yang memindahkan jadwal wisuda anak Ikom.

Jujur, sebenernya gue gak masalah dengan wisuda hari Jumat. Ada beberapa poin yang harusnya bisa ngebuat wisuda Jumat menjadi lebih terkontrol. Pertama kenapa wisudanya harus pagi? Kenapa gak siang setelah solat Jumat? Kayak ambil contoh waktu wisuda kakak gue di UI. Acara wisuda mereka dimulai sekitar jam 1 siang, sejam setelah solat Jumat, di mana menurut agenda, acara berakhir sekitar ba’da Ashar. Terhitung durasi acara hanya sekitar 2-3 jam. Isi acara bener-bener dikoordinasikan secara efisien yang mengikuti esensi sebenernya dari acara wisuda, yaitu pengesahan gelar kepada mahasiswa itu sendiri. Katakanlah paling telat wisuda selesai sekitar jam setengah 5, netralisasi lokasi untuk persiapan wisuda yang esok harinya bisa dilakukan sekitar jam 6 atau setengah 7 sesuai dengan waktu maghrib. Petugas keamanan dan kebersihan gak perlu takut kekurangan waktu jika ada penyesuaian jadwal untuk wisuda yang hari Sabtu dengan mengikuti jadwal acara wisuda yang hari sebelumnya, yaitu sekitar ba’da Dzuhur. Tentunya penjadwalan seperti itu gak akan membentur hari perkuliahan, karena kita masih punya space yang jatuh pada hari Minggu. Lagian kan technically acaranya juga diadakan di gedung serbaguna yang notabenenya beda dengan gedung yang dipake untuk kegiatan perkuliahan, jadi seharusnya dari awal emang gak akan mengganggu mahasiswa yang kuliah di hari Senennya dong untuk netralisasi tempat.

Poin yang kedua adalah kalo kita mengasumsikan acara akan tetap diadakan di pagi hari. Seharusnya sejak awal gak ada masalah kalo kita tepat waktu memulai acara pada jam 7. Seperti yang gue bilang sebelumnya, durasi acara bisa dipangkas menjadisekitar 1 sampe 2 jam agar kita bisa mengakhiri acara sekitar jam 10. Otomatis space yang terbuka sampe masuk waktu solat Jumat adalah sekitar 2 jam, yang artinya kita gak perlu gasrak-gusruk buru-buru untuk mengejar waktu solat. Itulah yang selama ini gue asumsikan ketika diberitahu bahwa acara wisuda jatuh pada hari Jumat. Gue pikir kampus juga gak mungkin ngatur acara yang mepet-mepetin jadwal dengan jam solat Jumat di mana kita cuman punya jeda waktu sekitar sejam. Yah, meskipun begitu, gue tetep berusaha menikmati hambarnya wisuda ini.

0 comments:

Post a Comment