Wednesday, February 18, 2015

Wisuda Bagian 3

Yah pada kenyataannya hal-hal tersebut hanyalah sebuah filler dari perkara utama cerita ini, karena cerita utamanya ada di ujung prosesi wisuda ini. Sebelumnya, gue pengen bilang dulu bahwa gue adalah tipe orang yang grogian kalo udah berada dalam situasi yang prosedural di tempat umum. membutuhkan langkah-langkah terintegrasi sesuai dengan tata cara yang berlaku untuk mencapai suatu tujuan entah itu formal atau nonformal. Kalo kayak gitu gue suka salah-salah dalam malakukan hal-hal tersebut. Misalnya gue lagi pengen menggunakan fasilitas umum, kadang di tengah jalan gue suka bingungan sendiri gitu mau ngapain. Entah kikuk, entah norak, kayaknya saat itu gue merasa segala langkah yang gue ambil selalu salah. Nah, hal ini juga berlaku di event-event resmi dengan segala tata cara keikutsertaan yang formal. Biasanya untuk dapat mengontrol situasi ini, gue suka meratiin orang terlebih dahulu. Gue amatin dari jauh, gue lihat lebih dalam, terus gue santet di belakang. Eh, enggak, maksudnya setelah gue amatin, gue ikutin segala tindak-tanduk orang tersebut. Kalo orang tersebut berdiri, gue ikut berdiri, kalo orang tersebut maju, gue ikut maju, kalo orang tersebut tiba-tiba boker di lantai, maka gue akan stop sampe di situ dan cari orang lain selanjutnya yang bisa dijadiin contoh. Sebarbar apapun kelakuan gue, gue gak bakalan pernah boker di lantai. Minimal gue boker di pot bunga.

Lantas apa hubungannya dengan wisuda? Ini akan dijelaskan pada beberapa alinea selanjutnya. Kembali ke wisuda, saat itu pikiran gue bener-bener ngambang. Gue ngikut wisuda tanpa paham sepenuhnya mengenai jalannya proses acara tersebut. Emang sih sebelomnya ada gladi resik. Namun saat gue menghadiri gladi tersebut, mata gue memilih untuk gak meratiin dengan seksama arahan dari panitia. Ketika panitia ngebacot masalah prosedur acara wisuda, gue malah mikirin pot bunga mana yang bisa gue jadiin tempat buang aer alternatif. Pikiran gue gak pada tempatnya. Namun sebenernya hal tersebut gak memberikan impact yang berarti sih, kecuali dalam memengaruhi insting gue dalam mengikuti acara. Maksudnya Gue ikut acara wisuda ya fine-fine aja, namun stimulan yang muncul secara gak biasa membuat gue langsung mengikuti insting sembarangan gue. Jadi sebenernya prosedurnya gak selebay apa yang gue utarakan sebelomnya. Palingan cuman jalan masuk gedung secara berbarus, duduk di tempat yang udah di sediakan, salaman dengan rektor, dan selese. Dari situ semua lancar, sampe akhirnya ada sebuah sesi di mana seorang pengisi acara bernyanyi dalam nuansa yang emosional nan penuh haru. Kebetulan penyanyinya merupakan salah satu wisudawati Telkom. Ketika bernyanyi, dia menghampiri orang tuanya dan memberikan sepucuk bunga yang sebelumnya dikasih ama panita acara selepas acara berjabat tangan dengan rektor. Gue ngeliatinnya sih biasa aja. Mungkin itu semacam bentuk improvisasi dia dalam menggambarkan rasa terima kasih kepada orang tuanya. Tiba-tiba temen-temen yang duduk berdekatan dengan gue; Dista, Ratri, Madarina, dan Novi beranjak dari tempat duduknya. Gue nanya ke Dista,

“Emang disuruh diri ya, Dis?”

“Iyee gue mau nyamperin orang tua gue dulu,” jawab dia.

Kemudian satu-satu mereka pada ikut ngasih bunga ke orang tua mereka. Saat itulah pikiran gue langsung abu-abu. Kekikukan gue tiba-tiba muncul. Kebingungan gue yang didasarkan pada pengalaman yang minim dan rasa grogi yangberlebih ketika menjalani suatu acara formal memnuhi pikiran gue. Gue mikir, emang yang kayak begini termasuk bagian dari acara ya? Jujur gue belom pernah ikut acara wisuda sebelomnya, ini wisuda S1 pertama gue, dan gue juga gak pernah tanya-tanya soal wisuda ke orang-orang. Pengaruh psikologis mengenai fakta di mana gue gak meratiin arahan panitia saat gladi resik semakin menambah rasa kegamangan gue. Gue pikir emang ada sesi kayak gitu. Di ujung acara disediakan waktu bagi mahasiswa untuk memberikan bunga kepada orang tua mereka masing-masing. Saat itu gue masih belom yakin. Terus gue peratiin sekeliling, satu demi satu wisudawan pada beranjak dari tempat duduk buat ngasih bunga ke masing-masing orang tua mereka. Suasana haru menyelimuti proses tersebut. Ada yang saliman, meluk orang tuanya dengan erat, bahkan ada yang sampe nangis-nangis. Saat itulah insting liar gue muncul. Kebiasaan gue mengikuti orang lain dalam menanggulangi kebingungan ini menjadi kunci pada aksi gue selanjutnya. Gue pun beranjak dari tempat duduk, mengikuti wisudawan-wisudawan lain yang pada memberikan bunga kepada orang tuanya. Kemudia gue ke barisan belakang, karena sebelomnya si babeh bilang kalo doi duduk di belakang deket pintu sebelah kiri. Di mana ada Babeh pasti di situ ada Emak, udah satu paket. Jadi gue cuman musti cari di mana tempat duduk Babeh gue. Terus gue samperin dah tuh daerah situ. Dengan pedenya gue jalan ke belakang tanpa tau pastinya posisi orang tua gue. Gue udah sampe di barisan belakang. Gue celangak-celinguk, nyari sesosok bapak-bapak bermata tajam yanng lebih mirip orang Batak daripada orang Sunda. Gue ngeliat kanan-kiri kok gak ada. Terus gue mikir, jangan-jangan gue salah denger sebelomnya. Jangan Bapak malah menunjukan posisi sebaliknya. Terus gue inget-inget lagi, gue flashback kata-kata Babeh. Gue mencoba mengingat kata-kata persis Babeh dalam bayang-bayang yang samar muncul pada benak. Seolah mencoba menyatukan serpihan ingatan tersebut, gue mengingat kata-kata Babeh yang ngomong dengan slowmotion, menerjemahkan gerak bibirnya dalam gerakan lambat dan suara yang berat. Dalam bayangan gue, si Babeh ngomong,

“Dhaam... Baapaak... duuduuk... dii... beelaakaangg yuaa... seebeelaahh......”

Gue mencoba menangkap kata-kata selanjutnya.

“Kk......”

Yak? Yak??

“Kkk.....”

Hum? KKK? Apakah dalam ingatan gue si Babeh mencoba menjelaskan kalo dia adalah anggota Ku Klux Klan?

“Kkkaaa......”

Oh, ini dia.

“Kkkaaa... naaaaaannn.........”

Kanan? Sebelah kanan? Oke! Ternyata gue salah menangkep sebelomnya. Si babeh ternyata duduk di barisan belakang sebelah kanan. Gue pun langsing menggeser pandangan gue ke arah yang berseberangan. Gue jalan menuju tempat duduk di sebelah kanan. Kemudian sesampe di sana, gue kembali celingak-celinguk, gue cari sesosok bapak-bapak berambut hitam belah pinggir. Selang beberapa detik gue cari, kemudian gue terdiam sambil memasang ekspresi muka kosong yang mengatakan, “Kok gak ada ya...” Gue kemudian berjalan ke depan sambil nyari kemungkinan bahwa sebenernya semua ingatan gue tentang Babeh yang mengatakan bahwa dia duduk di barisan belakang adalah salah. Gue cari-cari lagi, mungkin di di barisan tengah, atau rada ke depan dekat dengan tempat duduk mahasiswa. Gue nyari lagi. Lantunan lagu masih berdendang, gue masih punya waktu buat nemuin Babeh untuk ngasih bunga, masalahnya kalo sampe lagunya abis gue masih berkeliaran nyari-nyari babeh, itu situasi bakal canggung abis. Sekarang aja pemandangan udah keliatan awkward di mana gue yang lagi nyari-nyari babeh terlihat seperti anak balita yang lagi keilangan orang tuanya di mall. Setelah dicari-cari gak ketemu juga, akhirnya gue keluarin cara terakhir, gue telpon orangnya. Hape udah di telinga, dengan canggung gue nunggu dering telpon sambil megang bunga.

“Halo.”

“Halo, Pak, Bapak di mana?”

“Bapak yang deket pintu.”

“Pintu? Di belakang?”

“Iya ini Bapak di deket pintu keluar.”

“Oh, gitu, oke-oke, ni Idham ke arah pintu keluar ya.” Seketika gue kembali yakin bahwa si Babeh emang duduk di barisan belakang deket pintu keluar. Telpon masih bersambung, gue kembali jalan menuju barisan belakang, tentu tetap sambil bawa-bawa bunga. Di lain sisi, lagu masih berdendang, gue masih punya waktu. Setelah kembali sampe di barisan belakang, celingak-celinguk lagi, gue masih gak bisa menemukan sesosok bapak-bapak berhidung a la Akbar Tandjung.

“Pak, Bapak tuh sebenernya di mana, sih?"

“Kan dibilang Bapak deket pintu keluar.”

“Pintu keluar yang mana? Coba Bapak diri, deh”, sahut gue panik, karena sayup-sayup terdengar lagu udah hampir menyentuh ujung.

“Ni Bapak nelpon juga lagi diri, kamu di mana?”

“Berdiri?” Sambil menempelkan hp di telinga, gue liat kanan-kiri. Sejauh mata memandang, gue gak liat sesosok bapak-bapak berwajah sangar yang lagi nelpon. Seharusnya di situasi di mana banyak wisudawan yang berkeliaran nyamperin orang tuanya buat ngasih bunga, Babeh gue sadar bahwa anaknya yang lagi masang muka dongo lagi nyariin dia

“Kok Idham gak liat, sih? Bapak tuh di pintu keluar yang mana?”

“Itu pintu keluar yang deket bunga-bunga.”

"Bunga-bunga?”  Seketika gue tertegun mikir. Bunga-bunga? Bunga-bunga yang biasanya dikasih ke wsudawan begitu mereka keluar gedung? Itu bukannya ada di... Oh, shit... shit kuadrat... Ternyata si Babeh berada di dekat pintu keluar... BAGIAN LUAR.  ARTINYA SI BABEH DARITADI UDAH KELUAR GEDUNG NINGGALIN GUE YANG MONDAR-MANDIR DI DALEM BUAT NGASIIN BUNGA KE DIA. 

Sesaat setelah gue tau kenyataan yang mengenaskan, lagu yang dibawakan oleh pengisi acara pun telah selesai. Telpon gue tutup, gue langsung bergegas balik ke tempat duduk wisudawan, tentunya dengan masih membawa bunga. Anak-anak Ikom pada ngeliat gue keheranan sambil ketawa-ketawa. Si Yodia nyeletuk,

“Lo ngapain, Dham? Hahah,”

“Au dah...”

Gue pun menjalani sisa acara dengan muka manyun. Terus buat apa gue capek-capek cum laude kalo orang tua gue gak menyaksikan anaknya di seremoni wisuda? Hari yang seharusnya menjadi hari terbaik dalam hidup gue berubah 18 derajat menjadi momen terburuk yang pernah gue alamin sebagai mahasiswa dan sebagai anak. 

0 comments:

Post a Comment