Saturday, December 17, 2011

Acara Bag. 1 : Panitia

Minggu ini gue lagi sedih. Biasalah masalah kuliah. Mungkin lebih tepat kalo gue sebut masalah kampus, karena sebagai mahasiswa, rata-rata masalah muncul dari lingkungan tempat dia bernaung. Misalnya pegawai kantoran, mereka rata-rata punya masalah di kantornya. Jarang banget gue menemukan pegawai kantoran punya masalah di penangkaran belatung.

Kalo kata temen gue, Bude, hidup itu kayak hubungan suami istri, kadang di atas, kadang di bawah. Yang gue bisa tangkep adalah tu suami istri lagi panjat pinang. Tapi emang bener, hidup itu kadang di atas, kadang di bawah. Seperti gue, gue kadang di atas, keseringan di bawah. Gue emang pecundang.

Ngebahas minggu ini, gue pengen ngereview hidup gue di minggu ini. Kemaren kampus gue abis ngadain acara. Ada yang ganjil dari acara ini. Gue dateng bukan sebagai tamu undangan atau peserta acara, tapi gue dateng sebagai panitia divisi logistik. Kaget? Gue juga kaget. Apalagi pas gas elpiji meledak, gue jadi tambah kaget. Gue yang notabenenya ini adalah mahasiswa pinggiran pojok bawah paling ujung yang sukanya cuman males-malesan, bisa ikut ambil bagian dalam kepanitiaan ini. Sebenernya alesan gue ikut dalam kepantiaan ini adalah gue ngerasa kalo setahunan kemaren gue udah banyak buang waktu. Gue gak aktif di kampus dan kerjaan gue cuman bangun tidur-ke kampus-pulang-tidur lagi. Tiap hari kayak begitu mulu. Gue sempet mikir kalo hidup gue yang sebenernya mungkin ada di alam mimpi. Di dalem mimpi, gue adalah personel boyband yang terlibat cinta lokasi dengan supir angkot. Mengerikan.

Masih tentang “alasan”. Pada suatu hari gue pernah diwawancarain sama maba di kantin. Yang wawancarain cewek. Gue seneng, akhirnya di kehidupan gue gak melulu hanya ada cowok. Dia nanyain pendapat gue tentang pentingnya organisasi bagi mahasiswa. Gue ngejelasin panjang lebar dengan sok bijak. Gue ngejelasin kalo organisasi itu berfungsi sebagai saluran informasi kita mengenai dunia kerja dan dari situ, kita juga bisa dapet pengalaman dan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Dia nanya, “emang abang ikut organisasi apaan?” (pada detik saat dia manggil gue “abang”, gue berasa kayak supir metromini). Gue jawab, “gak ada”. Dia bengong, pensilnya jatoh, muka gue juga jatoh. Bingung? Iya. Malu? Sedikit. Syok? Gue udah epilepsi. Pada saat itulah gue menjadi tersadar oleh kata-kata gue sendiri. Kantor mana yang mau nerima mahasiswa pengangguran kayak gue? masa gue harus kerja di aer. Berenang aja paling jauh 5 cm (itu bukan berenang, itu tenggelem). Sejak saat itu gue menjadi ambisius dalam mencari kegiatan di kampus. Nyapu kek, ngepel kek, apa kek.

Gue curhat kayak gitu ke Doni. Doni paham. Akhirnya dia bersedia memperkerjakan gue di rumahnya (lho kok gue jadi pembokat?!). Gue diajakin jadi anggota dia di bagian logistik. Gue pun langsung terima ajakan dia. Gue masuk ke dalam bagian panitia emang rada mepet ama acara. Gue jadi masuk kepanitiaan tanpa tau apa-apa. Gue bahkan gak tau logistik itu apa (lo abis tersesat di sistem galaxy mane??). Setelah tau secara garis besar tugas logistik itu ngangkutin barang dan mencari vendor untuk acara, gue jadi makin pede. Tugas ini cocok buat gue. Gue biasa ngangkutin tv orang ke rumah gue. Pengalaman gue jadi maling bisa berguna. Karena gue masuk tanpa tau apa-apa, tiap diajak rapat gue selalu bengong. Gue kayak ikan sapu-sapu keabisan napas. Pas mereka sibuk mikir tentang acara, gue malah sibuk ngukur luas idung gue.

Kepanitiaan ini membuat gue sibuk setiap harinya, apalagi pas h-6 acara, gue jadi sibuk jualin tiket. Tiap panitia kebagian 12 tiket. Berarti kita cuma dapet waktu efektif 4 hari buat ngejual tiket di kampus (Sabtu dan Senin malam gak diitung, soalnya kita dibagiin tiket pas Senin malem). Orang-orang gak ada yang mau beli tiket gue. Gue emang gak ngarti metode personal selling kayak gini. Gue biasa jualan di kaki lima. Saat itu black berry imitasi gue laku keras. Bb-nya murah, soalnya cuman bisa dipake buat nelpon (atau mungkin yang waktu itu gue jual adalah telpon umum?!). Waktu yang mepet buat jualan tiket membuat gue terpaksa nombokin 8 tiket seharga 15 ribu. Oke ini komitmen gue sebagai panitia yang gak mampu ngejual seluruh tiket, tapi yang gue pertanyakan adalah “Kenapa distribusi tiket terlalu mepet dengan acara?? Kenapa gak dari minggu lalu?? Kenapa kita gak buat stand penjualan tiket? Dan kenapa kita terlalu optimis sama penjualan tiket???”. Masalah kita emang dana, jadi kenapa kita terlalu menggantungkan beban anggaran ke penjualan tiket? Bukankah itu terlalu naif jika kita berasumsi kalau 300 tiket akan laku terjual dalam waktu 4 hari?? Kenapa kita gak jualan sesuatu untuk menambah dana?? J.co kek, apa kek. Gue rela ngejual anak orang demi acara (guenya rela, emaknya kalap).

*kelanjutan cerita sampe ke acara akan gue terusin di postingan berikutnya
*ngemeng-ngemeng pas di pembukaan tadi, gue tulis kalo gue lagi sedih. Tapi yang bikin gue sedih bukan masalah kepanitiaan ini. Bagi gue ini masalah biasa, bukan hal yang patut untuk dibikin galau. Jadi yang bikin gue sedih gak bisa gue publikasiin di sini...he

0 comments:

Post a Comment