Wednesday, December 14, 2011

TEGAS ITU GAK DOSA!

Berbeda dari postingan gue sebelom-sebelomnya, kali ini gue akan mencoba untuk sedikit serius. Di sini gue pengen introspeksi diri, membeberkan semua kelemahan gue (gak semua deng...beberapa aja...capek ngetik...).

Terkadang gue suka bingung memposisikan diri gue. Gue bingung antara gue harus menjadi tegas atau menerima semua keadaan. Si emak bilang kalo gue terlalu jaga perasaan. Emang sih, kalo ngomong gue selalu berusaha untuk jaga perasaan orang lain, padahal orang lain belom tentu bisa menjaga perasaan gue. Contohnya pas gue pengen ngomentarin penampilan dosen gue. Gue pengen bilang, “Pak, muka bapak geradakan kayak jalanan kabupaten.” Sebelum gue pengen ngomong kayak gitu, gue pikirin juga perasaan dia. Gimana kalo gue jadi dia terus dikomentarin ama orang lain, “Dham, muka lo clemotan kayak becekan pasar inpres”. Sakit kan? Makanya gue urungkan niat gue.

Gue emang orangnya kurang tegas. Misal, temen gue suka maen ke kost gue. Gue dengan seneng hati menerima mereka, karena gue sendiri emang jarang kedatangan tamu. Sekalinya ada yang dateng, malah ibu-ibu yang ngomelin gue gara-gara anaknya gue jorokin dari lantai 3. Tapi yang jadi masalah, mereka kalo maen suka lebay, seharian gitu, bahkan ada yang sampe nginep. Padahal kesibukan gue juga banyak. Gue musti ngerjain tugas, gue musti nyicil materi ujian, gue musti ini, gue musti itu. Tapi karena gue gak enak buat ‘ngusir’ mereka, otomatis gue biarin aja mereka. Gue belajar tetep belajar, anteng aja. Tapi gak enaknya belajar di depan temen, mereka suka bikin gue jadi gak serius, selalu ngajakin ngobrol gue. Apa aja selalu dikomentarin ampe bikin gue gak konsen belajar. Ada iklan tv, dikomentarin; ada nyamuk terbang, dikomentarin; ada bau angus, dikomentarin. Ternyata sempak gue kebakar diatas penggorengan. Gue cuekin, mereka ngambek, tapi giliran gue ladenin, mereka malah bilang, “udeh sono kerjain tugas lo...”
...
...
...
Abis itu gue diceramahin tentang jangan nya-nyian waktu yang gue punya. Padahal dari tadi yang buang waktu gue kan dia. Hmmm...

Di sini gue belajar bahwa kita musti tegas demi kepentingan kita sendiri. Semua orang hidup atas dasar kepentingan mereka. Nyawa ini milik kita (dan Allah swt). Yang jalanin hidup kita, ya kita, bukan orang lain. Kalo kita terus mentingin orang lain, kepentingan diri kita sendiri gimana? Jadi pemerintah harusnya turunkan harga sembako! (lho?).

TEGAS, kata itu cuman 5 huruf, tapi sangat berarti. Bayangkan bila temen-temen berada di situasi hidup mati seperti UAS. Lagi asik ngerjain soal, tiba-tiba temennya pengen minjem pulpen. Temennya maksa minjem, padahal kita lagi lagi butuh pulpennya buat ngorek upil. Apa yang temen-temen katakan? TIDAK, tentu saja TIDAK. Katakan TIDAK kalo emang gak suka. Jelasin semua kepentingan temen-temen. Keluarkan kata-kata yang terkesan urgent, kayak, “Ah elah gue lagi butuh banget ni...kalo gue kanker upil gimana?”.

Sekarang beranikanlah diri untuk katakan TIDAK. Temen-temen disuruh korupsi, katakan TIDAK! Temen-temen dipaksa minum baygon, katakan TIDAK! temen-temen diajakin kawin ama Sandra Dewi, katakan TIDAK! (buset ni goblok banget yang nolak). Sekarang gue juga lagi belajar untuk menjadi tegas. Gue tau kalo gue tegas demi diri gue juga. Buang jauh-jauh perasaan gak enak kita terhadap orang lain. Jantung kita emang langsung berdegup kencang sepersekian detik saat kita mencoba untuk berkata tegas. Bedakan dengan gejala ayan. Saat merasa gak enak untuk berkata tegas, coba untuk bayangkan perasaan enak setelah kita berkata tegas. Kita menjadi lega, semua menjadi plong, nggak ada beban lagi. Toh kita juga bukan menghina mereka. Perasaan gak enak yang ditimbulkan karena berkata tegas itu berbeda dengan perasaan gak enak karena kita menghina orang lain. Saat kita menghina orang lain, kita akan merasa bersalah dan berdosa, walaupun dalam konteks bercanda. Tapi saat kita berkata tegas? Secara teknis, gak ada yang merasa tersakiti kok. Anggep aja berkata tegas adalah suatu bagian dari upaya kita dalam menjelaskan situasi dan kondisi kita.

Gue sadar kalo tegas itu merupakan salah satu atribut penting bagi COWOK. Kalo gak tegas, gimana anak-istri kita mau menggantungkan hidupnya di pundak kita? Pada hakikatnya dalam islam, cowok itu adalah imam. Cowok itu adalah pemimpin. Sebagai pemimpin kalo gak tegas, gimana kita bisa membuat keputusan? Pikirin deh sekali lagi. Gue juga masih belajar kok dalam mengendalikan diri gue. Manusia itu dinamis, selalu melalui proses belajar dalam hidupnya. Manusia itu berkembang, gak stuck di satu tempat. Jadi mari sekarang kita bertegas ria!!!!!

*(niatnya pengen ngebeberin banyak sifat buruk gue, tapi setelah dipikir-pikir...kayaknya gue lanjut di postingan berikutnya aja deh...capek...).
*Kemaren-kemaren gue abis nonton film “Breaking Dawn”. Dari situ gue pengen memberikan sedikit review mengenai film tersebut (telat banget...). Jadi review gue tentang “Breaking Dawn” adalah : 50% cipokan, 40% make up, 10% cerita. (ini penilaian objektif dari seorang awam film...bagi fans film ini, jangan dipikirin review gue...)

0 comments:

Post a Comment